√ Pengertian Manajer, Tugas, Fungsi, Etika dan Perannya

Pengertian Manajer, Tugas, Fungsi, Etika dan Perannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Manager. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manager, tugas, fungsi, etika, tingkatan dan perannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Manajer, Tugas, Fungsi, Etika dan Perannya

Di dalam sebuah perusahaan atau organisasi terkait tentu diperlukan orang yang bertanggungjawab memimpin dan mengelola hal tersebut. Oleh karena itu penting bagi perusahaan memiliki orang yang berperan sebagai manager.

Pengertian manajer

Pengertian manajer adalah orang yang mempunyai pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang baik yang diakui oleh organisasi untuk bisa memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur dan juga mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai suatu tujuannya. Definisi lain dari manajer yaitu seseorang yang dapat atau bisa mengarahkan orang lain Serta mampu untuk bertanggung jawab atas kegiatan atau aktivitas dalam pekerjaan tersebut.

Fungsi dan Tugas atau Kegiatan seorang manajer

Dibawah ini adalah beberapa tugas atau fungsi yang dilakukan oleh seorang manajer diantaranya sebagai berikut :

  • Memimpin organisasi.
  • Mengatur dan mengendalikan organisasi.
  • Mengembangkan organisasi.
  • Mengatasi berbagai masalah yang dihadapi organisasi.
  • Mengawasi dan mengendalikan organisasi.
  • Menumbuhkan kepercayaan.
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab.
  • Mengevaluasi kegiatan-aktivitas organisasi.
  • Menggali serta juga mengembangkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
Baca Juga:  √ Pengertian Asuransi, Fungsi dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap)

Tingkatan Manajer

Manajer sering kali dikelompokan ke dalam beberapa macam atau kategori, diantaranya yaitu:

Manajemen lini pertama (first line management)

Manajer lini pertama atau First line management adalah suatu tingkatan paling rendah, sering juga dikenal dengan manajer operasional. Tugasnya itu seperti memimpin serta mengawasi pegawai non-manajerial yang terlibat didalam proses produksi. Biasanya manajer lini sering disebut dengan supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department, manajer kantor atau mandor.

Manajer tingkat menengah (Middle Management)

Manajer tingkat menengah atau middle management berada diantara manajer lini pertama (first line management) serta manajer puncak (top management), tugasnya yaitu sebagai penghubung antar keduanya.

Dibawah ini adalah jabatan yang termasuk kedalam manajer tingkat menengah diantaranya seperti sebagai berikut :

  • Manajer proyek,
  • Manajer pabrik,
  • Manajer divisi atau kepala bagian.

Manajer puncak (Top Management)

Tugar daripada Manajer puncak yaitu untuk dapat merencanakan kegiatan atau aktivitas maupun strategi organisasi atau perusahaan dengan secara umum juga mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan.

Manajer puncak ini dikenal dengan sebutan Executive Officer, contoh dari manajer puncak ini seperti :

  • Chief Executive Officer (CEO),
  • Chief Financial Officer (CFO)
  • Chief Information Officer (CIO).

Etika Manajer

Seorang manajer harus mempunyai etika di dalam proses manajerial. Etika manajerial adalah suatu dasar perilaku yang memandu manajer dalam aktivitas atau pekerjaan mereka.

Terdapat 3 (tiga) kategori atau kelompok yang dinyatakan oleh Ricky W. Griffin, yaitu:

  1. Tingkah laku kepada karyawan
  2. Tingkah laku kepada organisasi
  3. Tingkah laku kepada agen ekonomi lainnya

Pengertian Manajer Tugas Fungsi Etika dan Perannya

Peran Manajer

Henry Mintzberg menggemukakan bahwa terdapat sepuluh peran yang dijalankan oleh manajer pada suatu organisasi tempatnya bekerja. Dari 10 peran tersebut dikelompokkan menjadi tiga kelompok, penjelasannya sebagai berikut:

Baca Juga:  √ 43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Peran antara pribadi

Peran yang berhubungan dengan orang dan kewajiban lain yang memiliki sifat seremonial dan simbolis. Peran ini mencakup juga peran sebagai figur untuk bawahannya, pemimpin serta juga penghubung.

Peran informasional

Peran ini mencakup peran manajer untuk dapat memantau serta menyebar informasi, juga tentu berperan sebagai juru bicara.

Peran dalam pengambilan keputusan

Peran yang mencakup peran untuk dapat seorang wirausahawan, menyelesaikan masalah, membagi sumber daya serta berunding. Yang dengan secara garis besar kegiatan atau aktivitas yang dijalankan oleh manajer adalah melakukan interaksi dengan orang lain.

Dapat disimpulkan bahwa manajer adalah seseorang yang mampu untuk dapat mengendalikan serta memimpin organisasi atau perusahaan dalam mencapai suatu tujuan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Manajer, Tugas, Fungsi, Etika dan Perannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.