√ Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya

Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Etika Bisnis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian etika bisnis, tujuan, manfaat, prinsip, pendekatannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak Artikel berikuti ini.

Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya

Banyak perusahaan yang percaya bahwa prinsip bisnis yang baik itu ialah bisnis yang beretika. Maksudnya bisnis dengan kinerja unggul serta berkesinambungan yang dijalankan dengan menaati kaidah/peraturan etika yang sejalan dengan hukum dan juga peraturan yang berlaku.

Etika Bisnis bisa menjadi standar atau juga menjadi pedoman bagi semua karyawan. Termasuk juga manajemen serta dapat menjadikannya sebagai pedoman di dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari itu dengan dilandasi dengan moral yang jujur, transparan, luhur dan sikap yang profesional.

Pengertian Etika Bisnis

Pengertian etika bisnis adalah sebuah cara untuk melakukan kegiatan bisnis, mencakup seluruh aspek yang berhubungan dengan individu, perusahaan serta masyarakat. Etika Bisnis di dalam sebuah perusahaan bisa membentuk nilai, norma dan juga perilaku karyawan serta pimpinan di dalam membangun hubungan yang adil, sehat dan baik dengan pelanggan (mitra kerja), pemegang saham juga masyarakat.

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Agar dapat lebih mengerti jauh lagi mengenai pengertian Etika bisnis, maka dapat merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, antara lain sebagai berikut :

Menurut Sumarni (1998:21)

Menurut Sumarni, pengertian Etika bisnis terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan serta perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau juga kejujuran berusaha.

Menurut Bertens (2000)

Menurut Bertens, bahwa Etika bisnis ini lebih luas dari adanya suatu ketentuan yang diatur oleh hukum. Bahkan etika bisnis merupakan standar yang lebih tinggi apabila dibandingkan standar minimal ketentuan hukum. Karena di dalamnya kegiatan atau aktivitas bisnis sering kali kita temukan wilayah abu-abu yang mana hal tersebut tidak diatur oleh ketentuan hukum.

Menurut Muslich (2004:9)

Menurut Muslich, Pengertian Etika bisnis merupakan suatu pengetahuan mengenai/tentang tata cara ideal pengaturan serta pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma serta juga moralitas yang berlaku dengan secara universal.

Menurut Hill dan Jones

Menurut Hill dan Jones, Pengertian Etika Bisnis merupakan suatu ajaran dalam membedakan antara salah dan benar dalam memberikan pembekalan kepada tiap-tiap pemimpin dari sebuah perusahaan pada saat mempertimbangkan dalam mengambil keputusan strategis yang terkait dengan adanya masalah moral yang kompleks.

Menurut Sim

Menurut Sim, Pengertian Etika Bisnis adalah karakter dalam menyampaikan integritas moral serta nilai-nilai yang konsisten dalam pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut berkaitan dengan kepemimpinan yang efektif di dalam sebuah organisasi.

Menurut Velasques

Menurut Velasques, Pengertian Etika Bisnis yaitu studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar serta salah. Studi tersebut berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi dan perilaku bisnis.

Menurut Bussiness & Society-Ethics and Stakeholders Management

Menurut Bussiness & Society-Ethics and Stakeholders Management, Pengertian Etika Bisnis adalah  kedisiplinan yang berhubungan dengan baik serta buruknya suatu tugas dan kewajiban moral dalam konteks bisnis.

Menurut Steade et al

Menurut Steade et al, Pengertian Etika Bisnis adalah standar etika yang berhubungan dengan tujuan serta cara membuat keputusan bisnis.

Tujuan Etika Bisnis

Salah satu dari tujuan etika bisnis yaitu memberikan kesadaran akan moral serta memberikan batasan kepada para pelaku bisnis di dalam menjalankan bisnisnya dengan bersikap baik. Sehingga tidak berperilaku yang dapat merugikan banyak pihak yang terdapat berkaitan dengan bisnis tersebut.

Manfaat Etika Bisnis

Berikut ini adalah manfaat etika bisnis bagi sebuah perusahaan diantaranya yaitu:

Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Etika bisnis sangatlah penting bagi sebuah perusahaan, paling utama perusahaan besar yang memiliki/mempunyai banyak sekali karyawan yang tidak saling mengenal. Tiap-tiap karyawan sebuah perusahaan akan terikat dengan peraturan standar etis yang sama. Maka apabila terdapat kasus yang timbul maka akan mengambil keputusan yang sama.

Menjelaskan Bagaimana Menilai Tanggung Jawab Sosialnya

Menjelaskan tanggung jawab sosial atau mengunakan pendekatan sosial sebuah perusahaan tidak hanya memperoleh keuntungan dari segi ekonomi namun bisa dari segi sosial. Apabila sebuah perusahaan telah bertanggung jawab dari segi sosial, maka usaha akan berjalan dengan baik. Sehingga dengan secara tidak langsung perusahaan tersebut akan terhindar dari konflik sosial yang merugikan.

Membantu Menghilangkan Grey Area Pada Bidang Etika

Seperti contoh kesetaraan penerimaan gaji, penggunaan tenaga kerja di bawah umur dan kewajiban perusahaan di dalam menjaga lingkungan hidup. Sehingga perusahaan mempunyai ketentuan batasan-batasan dalam menjalankan bisnisnya.

Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Mempunyai daya saing saat ini sudah menjadi keharusan bagi setiap perusahaan. Sebab apabila perusahaan tidak mempunyai daya saing, maka usaha yang dikerjakan tidak akan bertahan lama. Apabila sebuah perusahaan memiliki etika yang baik, maka usahanya akan mengalami perkembangan serta semakin meningkatkan daya saing atau bisa juga kemampuannya untuk bersaing di pasaran dengan perusahaan atau pembisnis lain.

Meningkatkan Kepercayaan Investor Pada Perusahaan

Bagi perusahaan yang sudah mencapai go publik maka akan memperoleh manfaat seperti meningkatnya kepercayaan investor untuk berinvestasi. Apabila terjadi kenaikan harga saham, biasanya akan menarik minat investor untuk berinvestasi atau membeli saham perusahaan.

Membangun Citra Positif Perusahaan

Dengan etika bisnis juga bisa membangun citra yang baik mengenai sebuah perusahaan di mata mitra bisnis atau juga konsumen. Dengan citra yang baik akan menjaga kelangsungan hidup dalam sebuah perusahaan tersebut.

 

Prinsip Etika Bisnis

Berikut ini adalah beberapa prinsip etika bisnis, diantaranya sebagai berikut :

Memiliki Kejujuran Saat Berkomunikasi dan Bersikap

Disaat membangun sebuah bisnis itu dibutuhkan kejujuran saat berkomunikasi danbersikap dengan mitra kerja dan konsumen, sehingga usaha yang dibangun tersebut akan mendapatkan kepercayaan.

Selalu Memenuhi Janji Dan Komitmen

Sebagai seorang pembisnis yang baik itu harus selalu memenuhi tiap-tiap janjinya serta selalu berkomitmen di dalam menjalankan bisnisnya.

Memiliki Integritas

Dengan memiliki integritas dalam berbisnis atau menjalankan usaha dapat memiliki konsistensi pada pemikiran, ucapan serta perbuatan.

Memiliki Loyalitas

Mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap suatu bisnis yang di geluti adalah hal yang penting. Loyalitas tersebut dapat dilihat dari kerja keras serta juga keseriusan di dalam menjalani bisnis, bekerja sesuai dengan visi serta misi dan tidak mencampurkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi.

Menurut Coux Round Table, dalam prinsip etika bisnis diantaranya:

  • Tanggung jawab dalam hal yang dikerjakan.
  • Dalam aspek berbisnis harus menuju inovasi, keadilan, serta komunitas dunia.
  • Saling percaya dalam perilaku.

Etika Bisnis Pengertian Tujuan Manfaat dan Prinsipnya

Pendekatan Etika Bisnis

Terdapat 3 (tiga) pendekatan dasar di dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, diantaranya sebagai berikut:

Utilitarian Approach

Tiap-tiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Untuk itu, di dalam melakukan tindakan seseorang tersebut seharusnya mengikuti cara yang dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Dengan cara yang tidak membahayakan serta dengan biaya serendah-rendahnya.

Individual Rights Approach

Setiap orang dalam tindakan serta kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari, apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak orang lain.

Justice Approach

Para pengambil keputusan tersebut mempunyai kedudukan yang sama dan bertindak adil di dalam memberikan suatu pelayanan kepada pelanggan baik itu dengan secara perseorangan ataupun secara kelompok.

Berikut ini beberapa etika bisnis yang harus dipahami serta dilakukan para profesional, diantaranya yaitu:

  • Sebutkan nama lengkap
  • Berdirilah saat memperkenalkan diri
  • Ucapkan terima kasih secukupnya
  • Kirim ucapan terima kasih dengan email setelah pertemuan bisnis
  • Jangan duduk sambil menyilang kaki
  • Tuan rumah yang harus membayar

Demikian penjelasan tentang Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Prinsipnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi