√ Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya

Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi bisnis. Yang meliputi pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, tujuan komunikasi bisnis, fungsi komukasi bisnis, bentuk komunikasi bisnsi dan unsur komunikasi bisnis dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya

Untuk lebih detailnya silakan simak uraian lengkap dibawah ini.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari komunikasi bisnis menurut ahlinya.

1. Philip Kotler

Pengertian komunikasi bisnis menurut Philip Kotler adalh suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

2. Persing

Pengertian komunikasi bisnis menurut Persing adalah proses penyampaian arti melalui lambang yang meliputi keseluruhan unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan atau non-verbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi untuk membayar orang guna memproduksi jasa dan barang dengan tujuan agar mendapatkan keutungan.

3. Rosenbalt

Pengertian komunikasi bisnis menurut Rosenbalt adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/opini, instruksi dan sebagainya, yang dikemukakna baik secara personal maupun non-personal melalui simbol dan tanda guna mencapai tujuan perusahaan.

4. Hunghess Dan Kapoor

Pengertian komunikasi bisnis menurut Hunghess dan Kapoor adalah suatu kegiatan atau usaha individu yang terorganisis untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dan memahami kebutuhan masyarakat.

5. Wikipedia

Pengertian komunikasi bisnis menurut Wikipedia adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau interpersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

6. Katz

Pengertian komunikasi bisnis menurut Katz adalah adanya pertukaran ide, pesan dan kosep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

7. Cutris

Pengertian komunikasi bisnis menurut Cutris adalah komunikasi yang terdapat dalam organisasi bisnis dalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.

8. William C. Himstreet Dan Wyne Murlin Baty

Pengertian komunikasi bisnis menurut William C. Himstreet Dan Wyne Murlin Baty adalah pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu dengan simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.

9. William Albig

Pengertian komunikasi bisnis menurut William Albig adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang memilki tujuan tertentu yang disajikan secara personal maupun impersional melalui simbol atau sinyal.

10. Djoko Purwanto

Pengertian komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu.

Tujuan Komunikasi Bisnis

James J.Floyd, Jerry L.Winsor dan B Curtis menyatakan tujuan bisnis adalah sebagai berikut:

  • Menyelesaikan Masalah Dan Membuat Keputusan
    Ini sangat tepat karena semakin tinggi seseorang pada sebuah bisnis maka orang tersebut akan tergantung kepada keahlian orang lain dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah dalam pencapaian keberhasilan.
  • Mengevaluasi Perilaku
    Penilaian atau evaluasi harus dilakukan anggota organisasi agar mengetahun dan mengoreksi apa saja yang ingin dan sudah dilakukan pada prestasi mereka. Penilaian ini memerlukan kepekan dan keahlian komunnikasi.

Soeganda Priyatna menyatakan tujuan komunikasi bisnis adlaha untuk memenuhi barang yang diperlukan masyarakat. Tujuan aktivitas bisnis adalah untuk mendapatkan laba. Penentuan tujuan bisnis masing-masing organisasi berhubungan dengan sistem nilai masyarakat tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut berjalan.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Terdapat komunikasi bisnis, yakni:

1. Memberi Informasi

Informasi sangat penting dan diperlukan pimpinan dan anggota organisasi untuk penyelesaikan setiap tugas mereka. Informasi itu juga dimanfaatkan sebagai usaha organisasi untuk mencapai tujuan.

2. Pengendalian (Regulatory)

Komunikasi bisnis mempunyai fungsi untuk mengatur dan mengendalikan organisasi. Komunikasi bisnis ini bisa dalam bentuk prosedur, perintah peraturan dan laporan.

3. Memberi Persuasif

Dengan komunikasi, maka menjadikan mudah untuk mengajak, mengikuti atau melaksanakan ide/gagasan atau tugas. Persuasi yang diberikan pada pihak lain supaya apa yang diberikan bisa dipahami dengan baik. Hal ini biasa dijalankan terutama ketika berhubungan dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan.

4. Integratif

Integratif mempunyai fungsi menjadikan organisasi atau perusahana berjalan dengan utuh dan terpadu, yang juga didalamnya fungsi koordinasi dan penjadwalan kegiatan, menetapkan saluran informasi dan otoritas, dan juga menarik dan melatih setiap karyawan.

Bentuk Komunikasi Bisnis

Djoko Purwanto menyakan, bentuk atau pola komunikasi bisa dikategorikan menjadi saluran komunikasi formal (formal communications channel) dan saluran komunikasi nonformal (informasl communications channel)

1. Saluran Komunikasi Formal

Pada struktur organisasi garis, fungsional atau matriks, ini berhubungan dengan proses disampaikannya informasi dari manajer pada bawahan atau sebaliknya, pola transformasi informasinya dapat berupa dari atas ke bawah atau bawah ke atas (top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas (bottom-up atau upward communications), komunikasi horizontal (horizontal communications), dan komunikasi diagonal (diagonal communications).

2. Saluran Komunikasi Informasi

Orang yang ada di suatu jaringan komunikasi informasi tidak melihat jenjang hirarkki, pangkat atau kedudukan, komunikasi ini bisa dijalankan secara luas. Meskipun pembicaraan dalam komunikasi ini sifatnya umum. Seperti mengobrol humor dengan anak-anak, teman, keluarga atau juga membahas mengenai situasi kerja pada organisasinya.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Bentuk, Unsur

Unsur Komunikasi Bisnis

Pada sebuah komunikasi bisnis adala enam unsur utama, antara lain sebagai berikut:

  • Mempunyai Tujuan. Ini berarti komunikasi bisnis wajib mempunyai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Pertukaran. Dalam hal ini mengikutsertakan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
  • Gagasan, opini, informasi, instruksi adalah isi dari pesan yang berupa beragam bergantung dari tujuan, situasi dan kondisinya.
  • Memakai saluran personal atau impersonal yang bisa saja sifatnya tatap muka, memakai media tertentu atau melalui media yang jangkauannya jutaan orang secara bersamaan.
  • Memakai simboil atau sinyal yang merupakan alat atau cara yang bisa dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk memberikan pesan
  • Pencapaian tujuan organisasi. Salah satu karakteristik yang membuat beda organisasi atau lembaga formal dari informasi yaitu terdapat tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya oleh manajemen.

Demikianlah telah dijelaskah tentang Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi