Fungsi Komunikasi dan Penjelasannya (Bahas Lengkap)

Fungsi Komunikasi dan Penjelasannya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang pengertian komunikasi dan fungsinya secara umum. Fungsi komunikasi lebih lengkap akan dibahas pada pembahasan kali ini. Berdasarkan pengertiannya, komunikasi memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Komunikasi dan Penjelasannya (Bahas Lengkap)

Berikut ini akan dibahas tuntas mengenai fungsi komunikasi seperti yang dikemukakan oleh beberapa ahli dibidangnya.

Fungsi Komunikasi

Adapun fungsi komunikasi menurut para ahli diantaranya yaitu:

Thomas M. Scheidel

Menurutnya manusia itu pada umumnya berkomunikasi untuk saling menyatakan dan mendukung identitas diri mereka dan untuk membangun interaksi sosial dengan orang-orang yang disekelilingnya serta untuk mempengaruhi orang lain agar berpikir, merasa, ataupun bertingkah seperti apa yang kita harapkan.

Rudolf F. Verderber

Menurutnya, komunikasi memiliki 2 fungsi yakni fungsi sosial dan fungsi pengambilan keputusan. Fungsi sosial bertujuan untuk kesenangan, menunjukan ikatan, membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain. Sedangkan fungsi pengambilan keputusan ialah memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan terhadap sesuatu pada saat-saat tertentu.

Judy C. Pearson & Paul E. Nelson

Mengungkapkan bahwa komunikasi memiliki fungsi untuk kelangsungan hidup diri sendiri dan kelangsungan hidup bermasyarakat. Untuk kelangsungan hidup diri sendiri misalnya: dalam meningkatkan kesadaran pribadi, keselamatan jiwa, menampilkan diri sendiri kepada orang lain juga menggapai ambisi diri. Fungsi untuk kelangsungan hidup bermasyarakat yakni untuk memperbaiki hubungan sosial masyarakat dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat.

Gordon I. Zimmerman

Beliau menjelaskan bahwa komunikasi itu berguna dalam menyelesaikan setiap tugas penting bagi kebutuhan kita, juga untuk memberi sandang pangan kepada diri sendiri dan memuaskan kepenasaran kita kepada lingkungan, serta untuk menikmati hidup. Selain itu, hal terpenting dari komunikasi ialah untuk menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain disekitar kita.

Effendi

Menurutnya, ada empat fungsi utama komunikasi yaitu:

  • to inform (menginformasikan). Yakni memberikan informasi kepada orang lain tentang suau peristiwa, masalah, pendapat, pikiran, segala tingkah laku orang lain dan apa yang disampaikan orang lain.
  • to aducate (mendidik). Yakni sebagai sarana pendidikan. Karena melalui komunikasi, manusia dalam suatu lingkungan masayarakat dapat menyampaikan segala bentuk pengetahuan, ide, gagasan kepada orang lain sehingga orang lain dapat menerima segala bentuk informasi yang kita berikan.
  • to entertain (menghibur). Komunikasi juga berfungsi untuk menghibur orang lain dan menyenangkan hati orang lain.
  • to influence (mempengaruhi). Selain sebagai sarana untuk menyampaikan pendidikan, informasi dan sebagai sarana dalam menghibur orang lain, komunikasi juga berfungsi untuk memberikan pengaruh kepada orang lain. Saling mempengaruhi segala bentuk sikap dan perilaku orang lain agar mengikuti apa yang diharapkan.

Fungsi Komunikasi Dan Penjelasannya Lengkap

Fungsi lainnya dari komunikasi ialah sebagai berikut:

  • Untuk menambah wawasan dan pengetahuan;
  • Untuk mengungkapkan keadaan dan beban yang dirasakan agar kita mendapatkan keseimbangan hidup dan kelapangan hati;
  • Sebagai modal dalam berinteraksi dengan lingkungan disekitar;
  • Untuk meminta pertolongan dan bantuan kepada orang lain;
  • Untuk membujuk orang lain agar mengikuti apa yang diharapkan dan memberikan pengarahan atau mengarahkan orang lain kepada perilaku dan sikap yang harus diikuti.

Nah itulah beberapa fungsi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan mengenai Fungsi Komunikasi dan Penjelasannya (Bahas Lengkap) dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih.

Daftar Isi