√ Pengertian Juru Bicara, Fungsi, Syarat dan Peranannya (Lengkap)

Pengertian Juru Bicara, Fungsi, Syarat dan Peranannya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang juru bicara. Penjelasan yang meliputi pengertian juru bicara, fungsi juru bicara, syarat juru bicara dan peranan juru bicara yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan lengkap.

Pengertian Juru Bicara, Fungsi, Syarat dan Peranannya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Juru Bicara

Berikut adalah definisi dari juru bicara.

  • Wikipedia
    Menurut Wikipedia, Juru bicara atau disingkat dengan jubir adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk menerangkan kondisi atau situasi orang lain yang mengutusnya.
  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
    Menurut KBBI Juru bicara adalah orang yang kerjanya memberi keterangan resmi dan sebagainya kepada umum; pembicara yang mewakili suara kelompok atau lembaga; penyambung lidah.

Peranan seorang juru bicara dalam negara adalah sangat penting untuk mewakili lembaga yang dipegangnya dalam konferensi pers atau dalam melakukan wawancara dengan wartawan ataupun media.

Fungsi Juru Bicara

Fungsi Juru bicara adalah menyampaikan informasi tentang kebijakan kebijakan dan kegiatan organisasinya kepada umum atau publik, baik masyarakat ataupun media massa. Yang bermaksud supaya pihak yang bersangkutan mendapat pengetahuan, pengertian, dan pemahaman tentang organisasi tersebut dengan harapan memberi dukungan.

Peranan Juru Bicara

Peranan seorang juru bicara dalam setiap organisasi sangat penting. Juru bicara adalah orang yang dipercayakan untuk mewakili manajemen dan organisasi. Apa yang dibicarakan oleh seorang jubir akan mempengaruhi persepsi umum tentang suatu organisasi.

Banyak sebuah organisasi mengangkat seorang juru bicara berdasarkan pada kedudukan atau jabatan dalam organisasi. Yang menjadi pertimbangan adalah karena otoritas. Tetapi ada pula organisasi yang mengangkat juru bicara tidak berdasarkan pada posisi struktural. Bisa jadi seorang juru bicara dipercayakan kepada orang yang khusus menangani satu bagian atau unit khusus dalam organisasi tersebut.

Contohnya adalah Komisi Pemberantasan Korupsi. KPK mempunyai Juru Bicara yang sering tampil di depan publik mewakili organisasi itu. Meskipun dalam beberapa kesempatan para pejabat atau petinggi KPK juga memberikan keterangan, tetapi dalam aktivitas komunikasi secara rutin, Juru bicara KPK yang senantiasa tampil di depan umum. Memberikan keterangan terhadap wartawan, memperikan iformasi terhadap suatu kasus kepada publik terkait kasus yang sedang ditangani. Juru bicara selalu tampil memberikan keterangan kepada umum.

Berikut ini juga beberapa peranan dari seorang juru bicara adalah:

  • Orang yang menguasai masalah yang didukung oleh data dan fakta sebagai bukti pendudung.
  • Sebelum tampil dan menyampaikan suatu informasi kepada umum ia harus tahu secara detaill konteks permasalahan yang terjadi berkatian dengan organisasi atau informasinya.
  • Dapat meyakinkan mana informasi yang pantas atau yang benar untuk disajikan menjadi informasi publik/umum dan mana yang tidak pantas atau tidak boleh disampaikan.
  • Dan apa yang disampaikan mengenai informasi publik harus berkaitan dengan undang-undang yang berlaku.

Pengertian Juru Bicara, Fungsi, Syarat, Peranan Juru Bicara

Syarat Juru Bicara

Menjadi seorang juru bicara harus mempunyai kemampuan dan pengalaman dalam memberikan informasi dan mengkomunikasikan program. Sikap yang harus dimiliki seorang juru bicara adalah berwibawa dalam memberikan keterangan atau informasi. Selain itu, seorang juru bicara juga dituntut mempunyai sikap yang tegas agar pernyataan yang disampaikan tidak simpang siur.

Seorang juru bicara harus mempunyai wawasan yang luas dan pengetahuan yang cukup dalam bidang komunikasi publik/politik

Dalam memberikan informasi kepada publik baik melalui pemberitaan media atau tertulis harus jujur dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Seorang juru bicara tidak boleh berbohong atau menutup-nutupi informasi yang harusnya diketahui dengan jelas. Dan juga jangan menghindari atau mengeluarkan kata-kata yang tidak patut diucapkan. da kepercayaan dan amanat yang harus dimiliki seorang juru bicara dalam mengemban tugasnya.

Dan ketika menjelaskan informasi atau keterangan publik akan menilai penampilan atau bahasa tubuh seorang juru bicara dari cara dia mengucapkan informasi tersebut. Misalnya ketika menyampaikan informasi tentang bencana atau suatu musibah, maka publik akan menilai terhadap bahasa tubuh dan mimik wajah seorang juru bicara apakah dia ikut sedih atau malah tersentum.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Juru Bicara, Fungsi, Syarat dan Peranannya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi