Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan Manfaat

Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan Manfaat – Pernah dengar kata Ambassador ? Pasti pernah bukan?Menurut KBBI,ambassador artinya adalah duta besar ,Tapi yang di maksud adalah duta besar untuk sebuah produk tertentu.Ingin lebih memahaminya?Mari kita simak artikel di bawah ini.

Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan Manfaat


Ambassador atau duta merek adalah individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, sehingga konsumen dapat tertarik dan diundang untuk membeli atau menggunakan produk dengan keahlian dan daya tarik,atau kadang disebut juga sebagai Brand Ambassador

Penunjukkan brand ambassador umumnya diwakili oleh wujud selebriti ataupun atlet yang jadi panutan idola dari warga luas. Duta merk merupakan bukti diri di mana mereka berperan bagaikan perlengkapan pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme, kemenangan manusia serta komersialisasi serta komersialisasi sesuatu produk.

Pemakaian brand ambassador dicoba oleh industri untuk mempengaruhi ataupun mengajak konsumen. Ini bertujuan buat menarik atensi konsumen dalam memakai produk, paling utama sebab pemilihan duta merk umumnya didasarkan pada citra seorang.

Brand Ambassador merupakan sebutan pemasaran buat seorang ataupun kelompok yang ditugaskan oleh sesuatu organisasi ataupun industri buat mempromosikan merk dalam wujud produk ataupun jasa.

Pengertian brand ambassador merupakan orang ataupun kelompok yang ditunjuk bagaikan ikon ataupun bukti diri buat mewakili produk tertentu bagaikan representasi citra terbaik dari sesuatu produk sehingga konsumen bisa tertarik serta didorong buat membeli ataupun memakai produk dengan kemampuan, kemampuan, serta energi tarik.

Dengan kata lain, pengertian brand ambassador merupakan orang ataupun kelompok yang memliki kepopuleran, kemampuan, energi tarik, serta kekuatan buat menyebarkan pesan ataupun mewakili produk ataupun layanan buat mengaitkan konsumen.

Brand ambassador wajib menyadari bukti diri industri dalam penampilan, perilaku, nilai- nilai serta etika. Elemen kunci dari Brand ambassador merupakan keahlian mereka untuk memakai strategi periklanan yang memberdayakan pelanggan serta merayu khalayak untuk membeli lebih banyak produk.


Pengertian Ambassador Menurut Para Ahli


Menurut Gita dan Setyorini (2016)

Brand ambassador adalah ikon budaya atau identitas di mana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme, ketenaran manusia, dan pemasaran dan pemasaran suatu produk.

Menurut Doucett (2008)

Brand ambassador adalah seseorang yang memiliki hasrat untuk merek tersebut ingin memperkenalkannya, dan bahkan secara sukarela memberikan informasi tentang merek tersebut.

Menurut Lea Greenwood (2012)

Brand ambassador adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasi dan terlibat dengan publik dengan harapan dapat meningkatkan penjualan.

Menurut Royan (2004)

Brand ambassador adalah seseorang yang dipercaya untuk mewakili produk tertentu. Duta merek digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen atau mengundang mereka untuk menggunakan suatu produk. Pemilihan duta merek biasanya adalah selebriti terkenal.

Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik Peranan dan Manfaat

Karakteristik Ambassador

Menurut Lea Greenwood (2012), terdapat beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan dalam menentukan brand ambassador, yaitu sebagai berikut:

  • Transparansi adalah ketika seorang selebriti mendukung merek yang terkait dengan profesi mereka.
  • Kesesuaian, adalah konsep kunci pada Brand ambassador memastikan bahwa merek dan selebriti cocok.
  • Kredibilitas, adalah tingkatan dimana konsumen melihat bahwa sumber (ambassador) memiliki keahlian atau pengalaman yang relevan dan sumber dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak biasa.
  • Daya tarik, adalah tampilan non fisik yang menarik yang dapat mendukung produk atau iklan.
  • Power, adalah kharisma yang dipancarkan oleh narasumber untuk mempengaruhi konsumen, menyebabkan konsumen membeli atau menggunakan produk.

Sedangakan menurut Royan (2004), terdapat tiga karakteristik yang harus dimiliki oleh brand ambassador, yaitu:

  • Attractiveness (daya tarik), bukan hanya berarti daya tarik fisik, tetapi meliputi sejumlah karakteristik yang dapat dilihat khalayak dalam diri pendukung: kecerdasan, sifat-sifat kepribadian, gaya hidup, keatletisan tubuh, dan sebagainya.
  • Trustworthiness (kepercayaan), dimana tingkat kepercayaan, ketergantungan, seperti seseorang yang dapat di percaya.
  • Expertise (keahlian), keahlian yang mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki seseorang pendukung yang berhubungan dengan topik yang diwakilinya

Peranan Ambassador

Menurut Royan (2004), brand ambassador dalam fungsinya untuk mempromosikan suatu produk mempunyai peranan sebagai berikut:

  • Memberikan kesaksian (testimonial). Jika selebriti secara pribadi menggunakan produk, ia dapat memberikan kesaksian tentang kualitas dan manfaat dari produk atau merek yang diiklankan.
  • Memberikan dorongan dan penguatan (endorsement). Ada saat-saat ketika selebriti diminta membintangi iklan produk di mana mereka secara pribadi bukan ahli di bidangnya.
  • Bertindak sebagai aktor dalam topik (iklan) yang diwakilinya. Selebriti diminta untuk mempromosikan produk atau merek tertentu yang terkait dengan peran dalam program tertentu.
  • Bertindak sebagai juru bicara perusahaan. Selebriti yang mempromosikan produk, merek, atau bisnis dalam periode tertentu termasuk dalam kelompok peran pembicara. Penampilanmereka dikaitkan dengan merek atau produk yang mewakili mereka.

Manfaat Ambassador

Penunjukan brand ambassador biasanya dilatarbelakangi oleh citra positif brand ambassador sehingga dapat mewakili citra produk secara keseluruhan. Menurut Lea Greenwood (2012), manfaat brand ambassador adalah sebagai berikut:

  • Press coverage. Brand ambassador berperan dalam membentuk citra merek di mata konsumen.
  • Changing perceptions of the brand. Brand ambassador dapat mengubah persepsi merek. Dengan menggunakan duta merek yang efektif, citra dan persepsi suatu merek dapat didukung.
  • Attracting new customers. Bagi perusahaan, seorang brand ambassador sangat penting untuk menarik konsumen untuk menggunakan produk mereka. Ini membutuhkan kepatuhan dengan pemilihan duta merek untuk menarik konsumen.
  • Freshening up an existing campaign. Terkadang konsumen kurang memperhatikan atau melupakan slogan perusahaan. Memiliki brand ambassador membuat konsumen lebih mudah mengingat kampanye perusahaan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Ambassador, semoga bermanfaat.

Daftar Isi