√ Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya

Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Loyalitas. Yang meliputi pengertian, karakteristik, pembentukan dan faktor yang mempengaruhi loyalitas dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Loyalitas

Loyalitas menurut Kartajaya (2007:126) adalah manifestasi dari kebutuhan fundamental manusia untuk memiliki, mensupport, mendapatkan rasa aman dan membangun keterikatan serta menciptakan emotional attachment.

Karateristik Loyalitas

Loyalitas pelanggan menurut Griffin (2005) adalah ukuran yang bisa dijadikan kehandalan dalam memprediksi pertumbuhan penjualan dan perilaku pembelian yang konsisten. Lalu karakteristik dari loyalitas, yaitu:

  • Melakukan pembelian secara teratur atau pembelian ulang. Pelanggan yang sudah membeli sebuah produk atau jasa sebanyak dua kali atau lebih.
  • Membeli diluar Lini Produk atau Jasa (Pembelian Antar Lini Produk). Adalah membeli seluruh barang atau jasa yang disajikan dan mereka butuhkan, mereka membeli dengan teratur, berkaitan dengan jenis pelanggan ini telah kuat dan berlangsung lama dan juga membuat mereka tidak terpengaruh oleh produk pesaing.
  • Merekomendasikan Produk atau Jasa Kepada Orang Lain
    Adalah membeli barang atau jasa yang ditawarkan dan yang mereka butuhkan dan juga melakukan pembelian dengan teratur. Selain itu, mereka mendorong orang lain supaya membeli barang atau jasa perusahaan tersebut. Secara tidak langsung mereka sudah melakukan pemasaran untuk perusahaan dan membawa konsumen kepada perusahaan.
  • Menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk atau jasa sejenis
    Atau dengan bahasa lain tidak mudah dipengaruhi oleh daya tarik produk pesaing.

Pembentukan Loyalitas

Masing-masing pembelian produk, konsumen bergerak melalui siklus pembelian yang mana di siklus tersebut bisa membentuk loyalitas pelanggan. Dibawah ini adalah tahapan siklus pembelian yang membentuk loyalitas pelanggan (Griffin, 2005)

Menyadari Produk
Pembentukan pangsa pikiran untuk memposisikan keunggulan produk dimata calon pelanggan yang dijalankan melalui advertisin dan promosi lainnya, menjadikan calom pelanggan menyadari keberadaan produk.

Melakukan Pembelian Awal
Hal penting dalam memelihara loyalita pelanggan karena dari pembelian awal timbul kesan positif atau negatid kepada produk sehingga ada kesempatan untu menumbuhkan pelanggan.

Valuasi Pasca Pembelian
Terdapat kepuasan atau ketidakpuasan yang menjadi dasar pertimbangan untuk pindah ke produk lain atau tidak, keputusan membeli lagi adalah sikap yang sangat penting untuk loyalitas.

Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas

Loyalitas pelangan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor menurut Vanessa Gaffar (2007), ada lima faktor yaitu:

Kepuasan (Satifaction)

Kepuasan pelanggan adalah ukuran gap antara harapan pelanggan dengan keadaan nyata yang mereka terima atau yang dirasakan.

Ikatan Emosi (Emotional Bonding)

Konsumen bisa terpengaruh oleh suatu merek yang mempunyai daya tarik tersendiri menjadikan konsumen bisa melakukan identifikasi dalam suatu merek, karena suatu merek dapat menggambarkan karakteristik konsumen tersebut. Ikatan yang tercipta dari suatu merek adalah pada saat konsumen merasakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang memakai produk atau jasa yang sama.a

Kepercayaan (Trust)

Kemauan seseorang untuk mempercayakan perusahaan atau suatu merek untuk melakukan atau menjalankan suatu fungsi.

Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan, Faktor

Kemudahan (Choice Reduction and Habit)

Konsumen akan merasa nyaman dengan suatu kualitas produk dan merek pada saat situasi mereka melakukan transaksi memberikan kemudahan. Bagian dari loyalitas konsumen seperti pembelian produk dengan teratur bisa didasari oleh akumulasi pengalaman setiap saat.

Pengalaman Dengan Perusahaan (History with Company)

Suatu pengalaman seseorang pada perusahaan bisa membentuk perilaku, pada saat memperoleh pelayanan yang baik dari perusahaan maka akan mengulangi perilaku pada perusahaan tersebut.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi