√ Pengertian Manajemen Kas, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif dan Faktornya

Pengertian Manajemen Kas, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif dan Faktornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen kas. Yang meliputi pengertian manajemen kas, tujuan manajemen kas, sumber kas, aspek manajemen kas, motif manajemen kas, faktor yang mempengaruhi manajemen kas dan contoh manajemen kas dengan pembahasan lengkap dan mundah dipahami.

Pengertian Manajemen Kas, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif dan Faktornya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Manajemen Kas

Kas yaitu nominal uang kontang atau seluruh bentuk aset yang cepat untuk dicairkan yang ada pada perusahaan. Pengertian lain dari kas adalah salah satu bentuk aktiva lancar yang dapat dimanfaatkan dengan segera mungking untk pembayaran kewajiban jangka pendek perusahaan.

Bentuk kas yang seringkali dipakai adalah uang tunai, deposit, money order atau kasbon dan lainnya. Manfaat kas untuk perusahaan adalah dalam pendanaan berhubungan dengan operasional perusahaan, pembiayaan aktiva tetap, berkelanjutan perusahaan (seperti bahan baku, gaji karyawan, sarana operasional) untuk hasil saham, pajak, hutang, dan lain sebagainya.

Manajemen Kas adalah sekupulan aktivitas perkiraan, merencanakan, mengumpulkan, mengeluarkan dan menginvestasikan dari suatu perusahaan supaya dapat beroperasi dengan lancar. Tanpa terdapat manajemen kas yang baik maka suatu perusahaan akan mengalami kebangkrutan karena kurangnya kas, walaupun perusahaan tersebut mendapatkan profit.

Tujuan Manajemen Kas

Pada umumnya manajemen kas bertujuan untuk mempertimbangkan risiko dana imbal hasil supaya terjadi keseimbangan antara memiliki terlalu banyak maupun sedikit. Jika yang kas yang diinvestasikan terlalu sedikit, maka mengurangi kesempatan untuk memperoleh bagi hasl yang lebih tinggi dimasa yang akan datang.

Namun jika kas yang diinvestasikan terlalu banyak maka akan terjadi cash insolvency. Apabila kas perusahaan cukup maka kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua pengeluaran yang dibutuhkan perusahaan akan naik. Tujuan manajemen kas selain hal diatas juga meliputi dua hal yakni:

  • Likuiditas
    Manajemen harus sadar menjaga likuiditas dan jumlah kas yang harus ada dalam perusahaan
  • Earning
    Setiap pengeluaran perusahaan memiliki tujuan untuk memperoleh kemungkinanhasil yang lebih besar daripada kas yang dikeluarkan. Dan juga manajemen harus menjamin pembayaran yang dilakukan secara ekonomis.

Sumber Kas

Didalam aturan kas, ada beberapa sumber arus kas yang ada pada perusahaan, antara lain:

  • Hasil transaksi perdagangan yang didalamnya juga piutang.
  • Penjualan aktiva
  • Tanda bukti pada hutang seperti wesel, obligasi maupun hutang bank
  • Terdapat tambahan modal dari pemilik perusahaan
  • Pendapatan kas dari pembagian saham, pembayaran sewa, hadian maupun pajak periode sebelumnya.
  • Pendapatan dari luar usaha, seperti bunga.

Aspek Manajemen Kas

Ada tiga aspek manajemen yang penting dalam menjalankan manajemen kas, antara lain:

Administrasi Kas Harian

Administrasi kas harian merupakan suatu tata tertib administrasi penerimaan dan pengeluaran kas dan juga saldo kas akhir sehingga dapat dibuat laporan kas yang up to date, yang dapat memberikan informasi mengenai struktur penerimaan, pengeluaran, dan salod akhir kas pada saat dibutuhkan.

Informasi arus kas tersebut memiliki fungsi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan memungkinkan pengguna mengembangkan model untuk penilainan dan perbandingan nilai sekarang dari arus masa depan dari seluruh perusahaan.

Dengan dikelolanya administrasi kas harian yang baik maka akan didapat manfaat dan dampak yang baik untuk perusahaan.

Budget Kas

Budget kas sangat penting dalam penganalisaan aktivitas perekonomian supaya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Persediaan Besi Kas

Setiap manajer keuangna sebuah perusahaan selalu berupaya supaya dalam perusahaan ada aliran kas yang teratur. Untuk itu, aliran kas masuk harus diupayakan seimbang dengan aliran kas keluar. Atau lebih tepatnya, tidak ada kelebihan atau kekurangan saldo kas.

Saldo kas yang berlebihan dapat mengorbankan rentabilitas karena sejumlah uang kas yang tertanam tidak produktif. Sebaliknya, apabila terjadi kekurangan kas bisa membuat perusahaan tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan baik dan tidak dapat memenuhi kewajiban yang harus dibayar.

Motif Manajemen Kas

Terdapat empat motif dalam manajemen kas, yaitu berikut ini:

  • Motif Transaksi
    Perusahaan memerlukan uang tunai untuk membiayai aktivitas sehari-hari perusahaan seperti menggaji karyawan, membayar tagihan, membeli barang dan membayar hutan.
  • Motif Berjaga-Jaga
    Motif ini mempunyai tujuan untuk berjaga-jaga apabila terdapat kebutuhan yang tidak terduga atau mendesak.
  • Motif Spekulasi
    Motif ini dipakai untuk mengambil keuntungan apabila ada kesempatan. Seperti misalnya perusahana mengivestasikan kas yang ada pada sekuritas yang berharap setelah membeli sekuritas harganya akan naik.
  • Motif Compensating Balance
    Pada dasarnya, motif ini berhubungan dengan keterpaksaan perusahaan dalam meminjam uang di sebuah bank.

Pengertian Manajemen Kas, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif, Faktor Yang Mempengaruhi

Faktor yang Mempengaruhi Kas

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kas bisa bertambah atau berkurang dalam perusahaan, antara lain:

Faktor Penyebab Bertambahnya Kas

Berikut ini adalah sebagian faktor yang menjadi pengaruh bertambah nya suatu kas perusahaan, antara lain adalah:

  • Investasi yang dikeluarkan pemilik saham
  • Hutang yang berasal dari perusahaan
  • Piutang
  • Penyusutan
  • Penjualan kas
  • Penjualan aktiva tetap

Faktor Penyebab Berkurangnya Kas

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab berkurangnya suatu kas dalam perusahaan antara lain:

  • Buy back saham
  • Pemenuhan kewajiban seperti hutang dan bunga
  • Pembiayaan deviden
  • Kegiatan operasional
  • Pembelian aktiva tetap
  • Pembayaran hutang perdagangan

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Manajemen Kas, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif dan Faktornya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artike lainnya.

Daftar Isi