SMS Marketing: Pengertian, Contoh & Praktik Terbaik 2023

seputarpengetahuan.co.id – Sebagai pemilik bisnis, pernahkah Anda mempertimbangkan SMS marketing untuk menjangkau audiens Anda? Jika tidak, Anda kehilangan saluran komunikasi yang kuat dan berkembang pesat.

Tahun lalu, 55% bisnis mengirim SMS ke pelanggan dan memiliki rasio buka dan klik-tayang yang tinggi. Dengan telepon di hampir setiap saku dan di setiap meja, tidak mengherankan jika semakin banyak perusahaan yang menggunakan saluran komunikasi yang kuat ini.

Terlepas dari manfaatnya, beberapa bisnis masih ragu untuk menerapkan strategi pemasaran SMS. Kesalahpahaman seperti SMS yang ketinggalan zaman atau mengganggu pelanggan mencegah mereka mengambil tindakan.

Hari ini kami akan menyanggah mitos-mitos ini dan menjelaskan bagaimana SMS Marketing dapat menjadi alat yang berharga untuk pertumbuhan Anda.

Apa itu SMS Marketing?

SMS marketing, juga dikenal sebagai pemasaran pesan teks, adalah tindakan pengiriman pesan transaksional atau promosi melalui teks. Pemasar dapat menggunakannya untuk mengirim diskon, promosi yang dipersonalisasi, dan survei kepada orang-orang yang bisnisnya telah memilih untuk menerima pesan teks.

Cara Kerja SMS Marketing

Email marketing dan SMS berbagi tujuan strategis yang serupa, seperti mengedukasi pelanggan, menjual, atau membangun loyalitas. Pemasaran SMS adalah saluran pemasaran “sendiri” yang memungkinkan bisnis untuk mengontrol daftar distribusi nomor mereka dengan mengirimkan pesan satu-ke-satu atau satu-ke-banyak.

Seperti halnya email marketing, penting untuk mendapatkan persetujuan pelanggan sebelum mengirim pesan pemasaran melalui SMS. Shopify menyederhanakan proses mendapatkan persetujuan SMS untuk pemilik toko. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah kami.

Jika Anda setuju, ada berbagai jenis kampanye SMS yang dapat Anda uji, seperti penawaran khusus pelanggan, program loyalitas, atau pengumuman produk baru. Pemasaran SMS memerlukan kode pendek yang merupakan SMS yang sesuai dengan alamat email bisnis Anda.

Kode pendek adalah nomor telepon pendek 5 atau 6 digit yang mudah diingat oleh pelanggan yang ikut serta. Sebelum meluncurkan kampanye SMS, penting untuk membuat daftar nomor telepon dengan persetujuan ikut serta.

Kampanye pemasaran SMS efektif selama musim belanja puncak ketika spam email tinggi dan iklan berbayar mahal. Itu juga merupakan tambahan yang bagus untuk kampanye otomatisasi pemasaran omnichannel di mana teks otomatis dapat dipicu oleh tindakan tertentu.

Keuntungan SMS Marketing

SMS Marketing memiliki banyak manfaat:

Meningkatkan Keterlibatan

Kabarnya, sekitar 96% pemasar yang menggunakan pemasaran SMS mengalami peningkatan pendapatan. Rata-rata, pemasar e-niaga menghasilkan sekitar Rp. 1 jutaan untuk setiap Rp. 15 ribuan yang dihabiskan untuk SMS Marketing.

Selain itu, karena pelanggan harus ikut serta untuk menerima pesan teks, Anda perlu memastikan bahwa daftar Anda hanya terdiri dari pelanggan yang tertarik dengan bisnis Anda, sehingga masalah keterkiriman hampir tidak ada.

Disukai Pelanggan

SMS Marketing menarik bagi bisnis besar dan kecil serta pelanggan. Faktanya, sekitar 58% konsumen lebih suka menerima informasi melalui teks dan cenderung lebih sering membuka dan mengklik melalui teks daripada saluran pemasaran lainnya.

Kemudahan Menulis

Tidak seperti email massal, yang memerlukan upaya signifikan untuk membuat baris subjek dan salinan yang menarik, pesan SMS hanya memerlukan beberapa baris teks. Dan karena jendela SMS kecil di perangkat seluler, Anda dapat menambahkan daya tarik visual ke pesan Anda dengan emoji atau GIF sederhana.

Membina Memenuhi Hubungan

Pesan SMS mempromosikan hubungan pribadi dan memuaskan dengan pelanggan. Orang-orang mencari teks yang mudah dibalas dan mendorong percakapan pribadi yang sebenarnya. Tidak mengherankan jika rata-rata tingkat respons SMS jauh lebih tinggi daripada email. 45% penerima teks membalas, dibandingkan dengan 6% penerima email.

8 Jenis Pesan SMS Marketing

Sekarang setelah Anda memahami dasar-dasarnya, berikut beberapa contoh kampanye pemasaran SMS yang dapat menginspirasi Anda (foto milik Fantastic Texts).

1. Pesan Selamat Datang

Pertimbangkan untuk mengirimkan serangkaian pesan selamat datang setiap kali pelanggan berlangganan listingan Anda, menawarkan diskon, atau mengundang mereka ke kompetisi.

2. Pesan Penjualan Kilat

Semua orang suka banyak! Gunakan SMS untuk mempromosikan promosi besar atau penjualan kilat satu kali yang sedang berjalan di toko Anda.

3. Pesan back-in-stock

Beri tahu pelanggan saat item yang habis tersedia kembali. Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk melibatkan kembali pengunjung lama Anda dan meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda.

4. Pesan Hype-Up

Kirimi kami teks beberapa hari sebelumnya untuk membangkitkan semangat dan antisipasi untuk lini produk baru Anda. Ini membebaskan waktu pelanggan untuk merencanakan pembelian dan memastikan peluncuran produk yang sukses.

5. Pesan Umpan Balik

Mulai percakapan 1:1 dengan pelanggan Anda menggunakan SMS. Misalnya, Anda dapat mengirim SMS yang meminta umpan balik tentang ide produk baru. Melibatkan pelanggan dalam proses membuat mereka lebih tertarik pada merek Anda dan lebih cenderung membeli produk Anda saat diluncurkan.

6. Pesan Hadiah

Hasilkan prospek dan kembangkan basis pelanggan Anda dengan hadiah atau kontes text-to-win. Studi menunjukkan bahwa 46% orang berbagi kontes tanpa insentif tambahan.

Ini berarti Anda bisa mendapatkan lebih banyak prospek tanpa meningkatkan anggaran pemasaran Anda. Promosikan hadiah Anda di semua saluran pemasaran untuk memaksimalkan keterlibatan.

7. Pesan BFCM

Dorong konsumen untuk bertindak cepat dengan mengotomatiskan pesan SMS untuk kampanye sensitif waktu selama Black Friday dan Cyber ​​​​Monday.

8. Pesan cross-sell/up-sell

Merekomendasikan produk kepada pelanggan berdasarkan pembelian sebelumnya untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata dan nilai seumur hidup pelanggan. Ini adalah strategi umum dalam pemasaran email yang dapat dengan mudah ditiru melalui SMS.

SMS Marketing Software

Jika Anda pemilik toko Shopify, memulai kampanye pemasaran SMS sangatlah mudah. Cukup unduh aplikasi dari Shopify App Store, yang memiliki fitur kepatuhan bawaan. Berikut adalah beberapa platform pemasaran SMS untuk pemula.

  • Attentive: Platform SMS ini ideal untuk merek besar dengan ratusan ribu pelanggan. Di antara kliennya yang terkenal adalah Coach dan Williams-Sonoma.
  • Postscript: Perangkat lunak ini mudah digunakan dan mudah diintegrasikan. Setelah diinstal, Anda dapat dengan cepat membuat alur kerja otomatis untuk komunikasi yang dipersonalisasi atau kampanye massal. Harga tergantung pemakaian.
  • SMSBump: Platform pemasaran SMS fantastis lainnya yang banyak digunakan oleh pelanggan Shopify dan Shopify Plus.

5 Praktik Terbaik SMS Marketing

Setelah mengetahui pengertian sms marketing dan contoh marketing di atas, kini saatnya kita mempraktikkan bagaimana cara untuk membuat sms marketing yang tepat.

1. Izin adalah Kuncinya

Untuk memastikan bahwa pesan SMS tetap menjadi alat pemasaran yang berharga, penting untuk mendapatkan izin sebelum mengirim pesan. Mengirim pesan tanpa persetujuan dapat menyebabkan masalah hukum dan membuat perusahaan Anda terlihat seperti spam.

Harap jangan mengunggah nomor telepon atau informasi kontak atau mengirim pesan tanpa persetujuan sebelumnya. Harap perhatikan perjanjian opt-in untuk menghindari kesalahpahaman.

2. Tetap Kontekstual

Jangan kirim pesan acak ke pelanggan Anda. Teks yang relevan secara kontekstual memiliki rasio klik-tayang dan rasio konversi yang lebih tinggi. Kirim pesan tepat waktu, seperti SMS tentang acara promosi pada Jumat sore atau bar spesial di sore hari pada hari kerja.

Menjaga agar tetap sederhana dan sesuai akan mencegah Anda ditandai sebagai spam dan akan memberi Anda hasil yang lebih baik.

3. Permudah untuk Memilih Keluar

SMS marketing sangat bergantung pada kepercayaan pembeli, jadi berhenti berlangganan seharusnya mudah. Permudah pelanggan Anda untuk bergabung dan keluar dari daftar SMS Anda.

Kehilangan beberapa pelanggan lebih baik daripada memiliki pelanggan yang tidak tertarik di daftar Anda. Anda dapat mengontrol pelanggan Anda dengan mengirim SMS ke bisnis Anda terlebih dahulu untuk mendaftar.

4. Jangan Promosikan, Informasikan

Pesan SMS promosi mudah untuk berhenti berlangganan, jadi penting untuk mempertimbangkan preferensi pembeli Anda. Pastikan sebagian besar teks Anda mendidik dan memberikan nilai bagi penerima. Pesan promosi harus dibatasi sekali per minggu.

5. Jadikan Interaktif

SMS bersifat interaktif, jadi pesan pemasaran Anda harus mencerminkan hal itu. Ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan ulasan dan umpan balik dari pelanggan Anda. Meminta pendapat tentang lini produk masa depan, misalnya, dapat membangkitkan keterlibatan dan kegembiraan.

Daftar Isi