√ Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Jenis, Contoh , Bentuk, Karakteristik, Sarana

Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Jenis, Contoh , Bentuk, Karakteristik, Sarana – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi. Yang meliputi pengerian investasi jangka pendek, tujuan, jenis, bentuk, karakteristik, sarana dan contoh investasi jangka pendek yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Jenis, Contoh , Bentuk, Karakteristik, Sarana

Mari kita simak pengertian investasi jangka pendek terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Sebelum mengetahui pengertian investasi jangka pendek, alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa itu investasi.
Investasi atau penanaman modal yaitu istilah yang berhubungan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang atau masa depan. Menurut Teori Ekonomi, investasi yaitu pembelian atau produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang atau barang produksi.

Ada dua jenis investasi, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendeh. Pada pembahasan kali ini kami menjelaskan terlebih dahulu tentang investasi jangka pendek.

Investasi jangka pendek adalah investasi yang dapat segera dicairkan atau didanai dari kelebihan dana yang sifatnya sementara yang dimiliki oleh perusahaan yang dimaksudkan untuk dimiliki selama dua belas tahun atau kurang.

Tujuan Investasi Jangka Pendek

Tujuan dari investasi jangka pendek adalah sebagai berikut:

  • Menjadikan bermanfaat kelebihan cash flow sementara waktu
  • Memperoleh tambahan dana

Jenis-Jenis Dan Contoh Investasi Jangka Pendek

Ada beberapa jenis investasi jangka pendek, tetapi yang kami berikan berikut adalah beberapa jenis investasi jangka pendek yang sering kali digunakan, antara lain:

  • Akun Tabungan Bank
    Tabungan bank adalah jenis investasi jangka pendek yang sangat simpel dan mudah mencairkannya, namun kemudahan mencairkan, tabungan menawarkan dengan hasil yang rendah atau kecil. Lebih banyak akun tabungan ini tidak mengikuti inflasi sehingga tabungan tidak dapat digunakan untuk menyimpan uang dalam jangka waktu yang lama.
  • Sertifikat Deposito
    Sertifikat deposito adalah investasi jangka pendek yang sering digunakan. Ketika kalian menginvestasikan uang dalam bentuk sertifikat deposito, kalian menyetujui untuk tidak mengambil/menarik dalam jangka waktu tertentu dengan keuntungan atau imbalan yang lebih tinggi. Rentang waktu sertifikat deposito antara 3 bulan hingag paling lama sekitar 5 tahun. Seringkali sertifikat deposito ini diasuransikan jadi investasi, ini adalah investasi jangka pendek yang aman dan imbalannya wajar.
  • Reksadana Pasar Uang
    Sama dengan investasi akun tabungan, reksadana pasar uang juga mudah cair, tetapi menawarkan keuntungan yang lebih besar. Kekurangan pasar uang adalah tidak berasuransi sehingga investasi reksadana ini mempunyai risiko yang tinggi.
  • Surat Utang Jangka Pendek Dan Obligasi
    Investasi jangka pendek ini memberikan syarat yang fleksibel dari satu bulan sampai dengan satu tahun. Surat utang jangka pendek dirancang untuk jenis tabungan jangka pendek dan memberikan keuntungan yang sangat rendah sedangkan obligasi memberikan fleksibilitas lebih tetapi belum tentu aman.

Bentuk Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek bisa dilaksanaan dalam bentuk deposito, sertifikat bank atau surat-surat berharga misalnya saham (efek ekuitas) dan obligasi (efek utang)

  • Efek Bersifat Hutang
    Efek bersifat hutang atau disebut dengan surat hutang, obligasi atau surat berharga komersial bergantung pada tanggal waktu jatuh tempo pembayarannya ataupun ciri lain. Pemegang efek bersifat hutang ini secara khusus memiliki hak atas pembayaran pokok hutang dan juga bunga dan hak-hak lainnya yang sesuai dengan perjanjian dalam persyaratan penerbitan surat hutang seperti hak untuk memperoleh informasi tertentu.Efek bersifat hutang itu seringkali diterbitkan dengan jangka waktu jatuh tempo yang tetap dan hanya dapat diuangkan ketika pada saat jatuh tempo efek. Efek tersebut dapat disertai dengan jaminan pemegang efek mempunyai peringkat yang lebih tinggi apabila dibandingkan pemberi hutang tanpa jaminan lainnya dalam hal terjadinya kepailitan.
  • Efek Bersifat Ekuitas
    Efek bersifat ekuitas adalah saham perusahaan (dapat berupa saham biasa tetapi termasuk saham preferen). Pemegang efek bersifat ekuitas ini adalah pemegang saham. Tidak seperti pada surat hutang yang memberik syarat adanya pembayaran bunga secara teratur kepada pemegang efek. Pada efek bersifat ekuitas ini, pemegang efek tidak berhak atas pembayaran apapun. Apabila terjadi kepailitan maka nilai sahamnya hanya berbentuk sisa harta perseroan setelah dikurangi dengan pembayaran hutang (jika ada) terhadap semua kreditur perseroan. Pemegeang saham memiliki hak atas keuntungan perusahaan dan kenaikan harga saham dimana pemegang.

Karakteristik Investasi Jangka Pendek

Karakteristik investasi jangka pendek adalah sebagai berikut:

  • Bisa dapat dengan cepat diperjualbelikan atau dicairkan
  • Investasi ini ditujukan dalam rangka manajemen kas, artinya investasi ini bisa dijual apabila timbul kebutuhan kas.
  • Berisiko rendah (pembelian surat-surat berharga yang berisiko tinggi untuk pemerintah karena dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar surat berharga tidak termasuk dalam investasi jangka pendek).

Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Jenis, Contoh , Bentuk, Karakteristik, Sarana

Sarana Investasi Jangka Pendek

Sarana investasi jangka pendek adalah antara lain:

  • Jasa Giro
    Jasa giro merupakan produk perbankan yang menawarkan bunga terendah yakni kisaran antara 3-4%. Umumnya digunakan perusahaan untuk mempermudah transaksi pembayaran.
  • Tabungan
    Tabungan adalah layanan perbankan yang menawarkan bunga diatas jasa giro, dan bisa diambil setiap saat.
  • Deposito
    Deposito mempunyai bunga yang lebih tinggi dari tabungan, tetapi harus disimpan dalam jangka waktu tertentu. Jika dicairkan sebelum jatuh tempo biasanya akan dikenakan denda atau pinalti.
  • Reksadana Pasar Uang
    Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang berinvestasi pada pasar uang seperti Deposito, SBI dan juga obligasi jangka pendek. Seringkali tingkat pengembalian reksadana pasar uang lebih besar dari jasa giro tetapi lebih rendah dari Deposito, akan tetapi bisa dicairkan setiap saat.

Demiikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Investasi Jangka Pendek, Tujuan, Jenis, Contoh , Bentuk, Karakteristik, Sarana, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi