√ 22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pasar modal. Yang mana penjelasan ini adalah pengertian pasar modal yang dikemukakan oleh para ahli.

22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari pasar modal menurut ahlinya.

1. Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995

Pengertian pasar modal menurut Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995 adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan hutang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti hutang, unit penyertaan investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek.

2. Martalena dan Malinda (2011:2)

Pengertian pasar modal menurut Martalena dan Malinda adalah pasar modal terdiri dari kata pasar dan modal, jadi pasar modal dapat didefinisikan sebagai tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap modal; baik bentuk ekuitas maupun jangka panjang.

3. Fahmi dan Hadi (2009:41)

Pengertian pasar modal menurut Fahmi dan Hadi adalah tempat berbagai pihak, khususnya perusahaan menjual saham (stock) dan obligasi (bond), dengan tujuan dari hasil penjualan tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai tambahan dana atau memperkuat modal perusahaan.

4. Irham (2011:34)

Pengertian pasar modal menurut Irham adalah sebuah pasar temapt dana-dana modal seperti ekuitas dan utang diperdagangkan.

5. Sunariyah (2006:5)

Pengertian pasar modal menurut Sunariyah adalah tempat pertemuan antara penawaran dengan permintaan surat berharga. Tempat dimana individu-individu atau badan usaha yang mempunyai kelebihan dana (surplus fund) melakukan investasi dalam surat berharga yang ditawarkan oleh emiten.

6. Suad Husnan (2005:3)

Pengertian pasar modal menurut Suad Husnan adalah yang secara formal sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan (atau sekuritas) jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

7. Tjiptono Darmadji dan Hendy M.Fakhruddin (2006:1)

Pengertian pasar modal menurut Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang, ekuitas (saham) instrumen derivatif, maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupaan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun istitusi lain (misalnya pemerintah) dan sarana bagi kegiatan berinvestasi.

8. Widoatmodjo (2012:15)

Pengertian pasar modal menurut Widoatmodjo adalah pasar abstrak, dimana yang diperjualbelikan adalah dana-dana jangka panjang, yaitu dan yang keterikatannya dalam investasi lebih dari satu tahun.

9. Jurnal Ilmiah karya Telaumbanua dan Sumiyana (2008)

Pengertian pasar modal menurut Jurnal Ilmiah adalah pasar yang efisien merupakan suatu pasar bursa dimana efek yang diperdagangkan merefleksikan semua informasi yang terjadi dengan cepat dan akurat.

10. Wikipedia

Pengertian pasar modal menurut Wikipedia adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

11. Sitomorang (2008:3)

Pengertian pasar modal menurut Situmorang adalah perdagangan instrumen keuangan (sekuritas) jangka panjang, baik dalam bentuk modal sendiri (stocks) maupun utang (bonds), baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun oleh perusahaan swasta.

12. Mishkin dan Easkin (2000:16) dalam buku Financial Markets and Instirution

Pengertian pasar modal menurut Mishkin dan Easkin adaah capital market is the market which longer-term debt (original matuyear or greater) and equity instrument are traded

13. Sartono (2001:21)

Pengertian pasar modal menurut Sartono adalah tempat terjadinya transaksi aset keuangan jangka panjang (long-term financial aset) yang memiliki jatuh tempo lebih dari satu tahun

14. Fahmi (2013:55)

Pengertian pasar modal menurut Fahmi adalah tempat dimana berbagai pihak khususnya perusahaan menjual saham dan obligasi dengan tujuan dari hasil penjualan tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai tambahan dan atau memperkuat modal perusahaan.

15. Tandelilin (2010:26)

Pengertian pasar modal menurut Tandelilin adalh pasar untuk memperjualbelikan sekuritas yang umumnya memiliki umur lebih dari satu tahun, seperti saham dan obligasi.

16. Sjahrial (2009:13)

Pengertian pasar modal menurut Sjahrial adalah keseluruhan sistem keuangan yang terorganisasi termasuk bank-bank komersial dan semua perantara dibidang keuangan serta surat-surat berharga jangka panjang dan pendek.

17. UU No.21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan

Pengertian pasar modal menurut UU No.21 Tahun 2011 adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

18. Keputusan Menteri Keuangan RI No.1548/KMK/1990 dalam Sutrisno (2012:300)

Pengertian pasar modal menurut Keputusan Menteri Keuangan RI No.1548/KMK/1990 adalah suatu sistem keuangan yang teroganisasi, termasuk di dalamnya adalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara di bidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar.

19. Azis, Mintarti, dan Nadir (2015:15)

Pengertian pasar modal menurut Azis, Mintarti, dan Nadir adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksadana, instrumen derivatif maupun istrumen lainnya.

20. Eduardus Tandelilin (2010:26)

Pengertian pasar modal menurut Eduardus Tandelilin adalah pertemuan antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana dengan cara memperjualbelikan sekuritas, sedangkan tempat dimana terjadinya jual beli sekuritas disebut dengan bursa efek.

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

21. Rusdin

Pengertian pasar modal atau capital market menurut Rusdin adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

22. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian pasar modal menurut KBBI adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang; pusat keuangan, bank dan firma yang meminjamkan uang secara besar-besaran; pasar atau bursa modal yang memperjualbelikan surat berharga yang berjangka waktu lebih dari satu tahun.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 22 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi