Pengertian Pasar Oligopoli : Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Pengertian Pasar Oligopoli : Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya – Apakah itu yang di maksud dengan pasar oligopoli?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Pengertian Pasar Oligopoli : Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya


Pasar oligopoli ialah pasar yang di dalamnya terdapat beberapa penjual atau produsen saja yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau pembeli. Pasar oligopoli ini merupakan pasar persaingan tidak sempurna dimana barang yang dijual tersebut bersifat sama (homogen) sulit dibedakan meskipun produsen atau si penjualnya ada beberapa yakni dua hingga sepuluh.

Meski demikian, ada dikalangan produsen tersebut yang berkuasa atas produsen lainnya. Dan tindakan dari produsen yang berkuasa ini akan dapat mempengaruhi tindakan dari produsen lainnya yang berada di lingkup pasar tersebut.

Pembeli yang berada di pasar oligopoli jumlahnya adalah banyak. Pasar oligopoli memang sedikit sulit untuk dibedakan dengan jenis pasar lainnya. Oleh karena itulah kita membedakan pasar oligopoli bisa dengan melalui ciri- ciri yang dimiliki oleh pasar tersebut.

Biasanya pasar oligopoli ini persaingannya sangat aktif, yakni sering melakukan promosi dan iklan, sebab pada produknya sama dan saling menggantikan. Adapun beberapa contoh dari industri pasar oligopoli diantaranya adalah industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan, jasa ibadah haji, dan lain sebagainya.


Jenis Jenis Pasar Oligopoli

Secara umum dan berdasarkan produknya, pasar oligopoli terdiri dari dua jenis, diantaranya:

  • Pasar Oligopoli Murni (Pure Oligopoli)

Pasar oligopoli murni atau biasa disebut dengan Pure oligopoli merupakan salah satu jenis pasar yang di dalamnya terdapat produsen atau penjual yang memiliki produk yang sangat mirip atau identik sama sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Baca Juga:  √ Pengertian Solvabilitas, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya (Lengkap)

Adapun cara untuk mengenali produknya adalah dengan melihat merk atau brend pada produk tersebut. Contohnya air mineral yang dapat dilihat dari merk atau brend nya, industri semen, dan sebagainya.

  • Pasar Oligopoli Terdiferensiasi (Differentiated Oligopoly)

Pasar oligopoli terdiferensiasi merupakan pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen dimana produk yang dijual bersifat homogen. Untuk produk pasar ini memang sulit dibedakan, akan tetapi dapat dilihat dari coraknya. Adapun contohnya adalah industri rokok, sabun, mobil dan lain sebagainya.


Ciri Ciri Pasar Oligopoli

Ada beberapa ciri yang dapat membedakan pasar oligopoli dengan pasar lainnya, diantaranya adalah

  •  Terdapat lebih dari dua produsen atau penjual (biasanya kurang dari 10 produsen) yang menguasai pasar namun memiliki banyak pembeli di pasar.
  • Jenis barang atau produk yang diperjual belikan bersifat homogen dan dapat saling menggantikan atau terdiferensiasi. Contohnya sabun mandi dengan berbagai macam bentuk dan aroma.
  • Kebijakan dari produsen atau penjual utama yang menguasai pasar biasanya akan dapat berpengaruh terhadap kebijakan produsen lainnya.
  • Memiliki harga barang yang cenderung sama atau tidak memiliki perbedaan yang jauh.
  • Produsen atau penjual baru lumayan sulit untuk memasuki pasar dikarenakan biasanya produsen atau penjual lama memiliki strategi dengan harga untuk lebih menarik konsumen.
  • Membutuhkan strategi promosi atau iklan dan adanya inovasi secara terus menerus agar dapat bertahan di pasar.

Kelebihan Pasar Oligopoli

Berikut ini merupakan kelebihan dari pasar oligopoli, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Konsumen dapat memilih produk sesuai dengan keinginannya karena pasar ini menyediakan banyak sekali pilihan.
  • Dengan ketatnya persaingan antar produsen memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen yakni kesadaran produsen atau penjual mengenai pentingnya produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.
  • Biasanya produsen atau penjual di pasar oligopoli selalu melakukan inovasi terhadap produk serta pelayanannya sehingga dengan sendirinya produk tersebut akan terus berkembang.
Baca Juga:  √ Pengertian Arsip Elektronik, Manfaat dan Komponennya (Lengkap)

Kekurangan Pasar Oligopoli

Berikut ini merupakan kekurangan dari pasar oligopoli, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Produsen atau penjual baru akan kesulitan untuk masuk ke pasar hal ini dikarenakan persaingan yang sangat ketat.
  • Pada umumnya akan sering terjadi perang harga antar produsen untuk dapat memikat lebih banyak konsumen.
  • Memerlukan modal yang besar agar dapat melakukan promosi atau iklan secara terus menerus dan kontinue, sehingga akan lebih dikenal atau diingat oleh konsumen atau paling tidak produknya dapat dibedakan dengan produk dari produsen lainnya.

Pengertian Pasar Oligopoli : Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya


Contoh Pasar Oligopoli

Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui beberapa contoh produk yang termasuk dalam pasar oligopoli diantaranya adalah produk semen, produk air mineral, produk sepeda motor dan lain sebagainya yang sesuai dengan ciri- ciri pasar oligopoli di atas.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Pengertian Pasar Oligopoli : Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.