Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi dan Tingkatannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang segmentasi pasar. Yang meliputi pengertian, tujuan, syarat, manfaat, dasar, strategi dan tingkatan segmentasi pasar dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi dan Tingkatannya
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar atau Marketing Segmentation merupakan aktivitas membagi suatu pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku yang berbeda yang memungkinkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga didefinisikan dengan suatu proses pengidentifikasian dan penganalisaan para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli
Kotler
Pengertian segmentasi pasar menurut Kotler adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.
Kasali
Pengertian segmentasi pasar menurut Kasali adalah proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok (potential costumer) yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.
Tujuan Segmentasi Pasar
Tujuan dari segmentasi pasar adalah:
Memudahkan membedakan pasar
Melayani pada konsumen dengan lebih baik.
Strateti pemasaran lebih terarah
Syarat Segmentasi Pasar
Syarat dalam segmentasi pasar yang efektif adalah:
Bisa diukur (measurable), yang berarti segmen pasa yang dituju bisa diukur baik jumlah, ciri dan sifatnya.
Bisa dicapai (Accesable), berarti segmen pasar bisa diakses menjadikan perusahaan dengan mudah mengarahkan pemasarannya.
Cukup besar (Substantial) berarti segmentasi pasar yang dituju harus besar
Bisa dibedakan (Differentiable), berarti segmen pasar dengan jelas bisa dibedakan dengan segmen lainnya
Bisa dijalankan (Actionable) berarti program pemasaran dan pelayanan perusahaan bisa dijalankan pada segmen pasar yang dituju.
Dapat memberikan laba/keuntungan yang profitable
Manfaat Segmentasi Pasar
Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
Penjual atau produsen terletak pada posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan pemasaran
Penjual atau produsen bisa memanfaatkan pengetahuannya pada respon pemasaran yang berbeda, menjadikan mereka bisa mengalokasikan anggaran dengan lebih tepat pada berbagai segmen
Penjualan atau produsen bisa mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
Dasar Segmentasi Pasar
Dasar-dasar segmentasi pasar dibagi menjadi dua yakni konsumen dan industri:
Dasar Segmentasi Pasar Konsumen
Variabel Geografis
Variabel segmen geografis merupakan lingkungan sekitar, wilayah, ukuran daerah dan kepadatan, dan juga iklim.
Variabel Demografis
Variabel segmen demografi yakni umur, keluarga, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, kelas sosial, ras, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain sebagainya.
Variabel Psikologis
Variabel segmentasi psikologis mencakup kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial. Variabel tersebut antara lain adalah manfaat yang dicari, tingkat pemakaian, status pemakaian, status kesetiaan dan sikap terhadap produk.
Dasar Segmentasi Pasar Industri
Tahap 1 adalah menentukan segmentasi makro, seperti lokasi geografis, pasar pemakaian akhir, dan banyaknya langganan
Tahap 2 adalah sikap pada penjual, ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Strategi Segmentasi Pasar
Strategi segmentasi pasar adalah strategi pemasaran yang dijalankan dengan cara membagi pasar menjadi segmen tertentu untuk dijadikan sebagai target pemasaran.
Ini bertujuan menjalankan segmentasi untuk perusahaan yakni pengelompokan individu yang mempunyai keinginan, keperluan dan respon yang sama terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Melalui segmentasi pasar maka perusahaan bisa merangsang konsumen potensial menjadi konsumen loyal produk yang ditawarkan.
Dengan mengetahui pelanggan loyal dan spesifik secara pasti, perusahaan akan dapat mengoptimalkan aktivitas pemasaran dan pelayanan.
Tingkatan Segmentasi Pasar
Tingkatan dari segmentasi pasar, antara lain yakni:
Pemasaran Massal
Pemasaran massal adalah segmentasi pasar yang fokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama kesemua konsumen.
Pemasaran Segmen
Pemasaran segmen adalah segmentasi pasar yang sadar akan pembeli berbeda dalam keperluan, persepsi dan tingkah laku pembelian.
Pemasaran Ceruk
Pemasaran ceruk/relung (marketing niche) merupakan segmentasi pasar yang fokus pada sub-group dalam segmen-segmen.
Pemasaran Mikro
Segmentasi ini menyesuaikan produk dan program pemasaran supaya cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Yang termasuk dalam pemasaran mikro ialah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
41 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli 41 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Korupsi. Pembahasan yang meliputi tentang pengertian korupsi menurut para ahli, bentuk-bentuk korupsi, faktor yang menjadi…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
√ Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi,… Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek dan Langkahnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Riset Pemasaran. Yang meliputi pengertian riset pemasaran, tujuan riset pemasaran, jenis-jenis riset…
Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur… Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran - Apa yang dimaksud dengan pameran atau exhibition? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Pameran dan hal yang…
Doa dan Dzikir Setelah Sholat Doa dan Dzikir Setelah Sholat - Bagaimana bacaan Doa dan Dzikir sesudah sholat ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe - Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah,… Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks eksplanasi. Yang meliputi pengertian teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi, struktur teks…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
Teks LHO : Pengertian, Ciri, Sifat, Tujuan, Fungsi,… Teks LHO : Pengertian, Ciri, Sifat, Tujuan, Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Teks LHO atau Teks Laporan Hasil Observasi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id…
√ Pengertian Penjualan dan Pemasaran (Pembahasan Lengkap) Pengertian Penjualan dan Pemasaran (Pembahasan Lengkap) – Manusia hidup di dunia ini pastinya menginginkan apa yang ada di dunia ini seluruhnya atau setidaknya apa yang mereka suai dan mereka anggap memerlukannya.…
√ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Penjelasan yang meliputi pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, contoh promosi yang akan…
Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan… Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text - Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas…
Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ekonomi Kreatif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan sektor ekonomi kreatif dengan pembahasan lengkap…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan - Bagaimana contoh bentuk penulisan karya ilmiah yang baik dan benar? Sebelumnya Seputarpengetahuan.co.id telah membahas Karya Ilmiah : Pengertian , Ciri, Manfaat,…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
✓ Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan… Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Literasi Keuangan. Yang meliputi pengertian, tingkat, aspek dan indikator literasi keuangan dengan pembahasan lengkap dan…
Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara… Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Perawatan Mikroskop - Seberapa dekatkah dirimu mengenali bentuk dan fungsi dari Mikroskop ?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Mikroskop…
Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik,… Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik, Tahapan Cara Membuat dan Contohnya - Apa itu kerajinan dari bahan keras ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal…
√ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen &… Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Internet Marketing. Yang meliputi pengertian internet marketing, tujuan internet marketing, manfaat internet marketing ,…
√ Pengertian Autisme, Gejala, Penyebab, Jenis & Tingkatannya… Pengertian Autisme, Gejala, Penyebab, Jenis & Tingkatannya Lengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Autisme. Yang meliputi pengertian autisme, gejala autisme, penyebab autisme, jenis-jenis autisme dan tingkatan autisme…
Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk,… Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk, Keunggulan dan Kelemahannya - Apakah itu pasar monopsoni ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
√ Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan… Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang green marketing. Yang meliputi pengertian green marketing menurut para ahli, tujuan green marketing, manfaat dan…
Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri,… Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks prosedur kompleks. Yang meliputi dari pengertian teks prosedur…
√ Pengertian Akuntabilitas, Jenis, Dimensi dan Tingkatannya… Pengertian Akuntabilitas, Jenis, Dimensi dan Tingkatannya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Akuntabilitas. Yang meliputi pengertian akuntabilitas, jenis-jenis, dimensi, tingkatan yang dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami.…
Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat… Materi Pramuka Siaga : Tingkatan, Kode Kehormatan dan Syarat Kecakapan Umum - Apa saja materi untuk pramuka tingkat siaga ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi tingkatan pramuka siaga,…
√ Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB),… Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB), Dimensi, Motif, Manfaat dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB). Yang meliputi tentang pengertian OCB, Dimensi OCB, Motif…
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…