Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi dan Tingkatannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang segmentasi pasar. Yang meliputi pengertian, tujuan, syarat, manfaat, dasar, strategi dan tingkatan segmentasi pasar dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi dan Tingkatannya
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar atau Marketing Segmentation merupakan aktivitas membagi suatu pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku yang berbeda yang memungkinkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga didefinisikan dengan suatu proses pengidentifikasian dan penganalisaan para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli
Kotler
Pengertian segmentasi pasar menurut Kotler adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.
Kasali
Pengertian segmentasi pasar menurut Kasali adalah proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok (potential costumer) yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.
Tujuan Segmentasi Pasar
Tujuan dari segmentasi pasar adalah:
Memudahkan membedakan pasar
Melayani pada konsumen dengan lebih baik.
Strateti pemasaran lebih terarah
Syarat Segmentasi Pasar
Syarat dalam segmentasi pasar yang efektif adalah:
Bisa diukur (measurable), yang berarti segmen pasa yang dituju bisa diukur baik jumlah, ciri dan sifatnya.
Bisa dicapai (Accesable), berarti segmen pasar bisa diakses menjadikan perusahaan dengan mudah mengarahkan pemasarannya.
Cukup besar (Substantial) berarti segmentasi pasar yang dituju harus besar
Bisa dibedakan (Differentiable), berarti segmen pasar dengan jelas bisa dibedakan dengan segmen lainnya
Bisa dijalankan (Actionable) berarti program pemasaran dan pelayanan perusahaan bisa dijalankan pada segmen pasar yang dituju.
Dapat memberikan laba/keuntungan yang profitable
Manfaat Segmentasi Pasar
Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
Penjual atau produsen terletak pada posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan pemasaran
Penjual atau produsen bisa memanfaatkan pengetahuannya pada respon pemasaran yang berbeda, menjadikan mereka bisa mengalokasikan anggaran dengan lebih tepat pada berbagai segmen
Penjualan atau produsen bisa mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
Dasar Segmentasi Pasar
Dasar-dasar segmentasi pasar dibagi menjadi dua yakni konsumen dan industri:
Dasar Segmentasi Pasar Konsumen
Variabel Geografis
Variabel segmen geografis merupakan lingkungan sekitar, wilayah, ukuran daerah dan kepadatan, dan juga iklim.
Variabel Demografis
Variabel segmen demografi yakni umur, keluarga, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, kelas sosial, ras, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain sebagainya.
Variabel Psikologis
Variabel segmentasi psikologis mencakup kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial. Variabel tersebut antara lain adalah manfaat yang dicari, tingkat pemakaian, status pemakaian, status kesetiaan dan sikap terhadap produk.
Dasar Segmentasi Pasar Industri
Tahap 1 adalah menentukan segmentasi makro, seperti lokasi geografis, pasar pemakaian akhir, dan banyaknya langganan
Tahap 2 adalah sikap pada penjual, ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Strategi Segmentasi Pasar
Strategi segmentasi pasar adalah strategi pemasaran yang dijalankan dengan cara membagi pasar menjadi segmen tertentu untuk dijadikan sebagai target pemasaran.
Ini bertujuan menjalankan segmentasi untuk perusahaan yakni pengelompokan individu yang mempunyai keinginan, keperluan dan respon yang sama terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Melalui segmentasi pasar maka perusahaan bisa merangsang konsumen potensial menjadi konsumen loyal produk yang ditawarkan.
Dengan mengetahui pelanggan loyal dan spesifik secara pasti, perusahaan akan dapat mengoptimalkan aktivitas pemasaran dan pelayanan.
Tingkatan Segmentasi Pasar
Tingkatan dari segmentasi pasar, antara lain yakni:
Pemasaran Massal
Pemasaran massal adalah segmentasi pasar yang fokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama kesemua konsumen.
Pemasaran Segmen
Pemasaran segmen adalah segmentasi pasar yang sadar akan pembeli berbeda dalam keperluan, persepsi dan tingkah laku pembelian.
Pemasaran Ceruk
Pemasaran ceruk/relung (marketing niche) merupakan segmentasi pasar yang fokus pada sub-group dalam segmen-segmen.
Pemasaran Mikro
Segmentasi ini menyesuaikan produk dan program pemasaran supaya cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Yang termasuk dalam pemasaran mikro ialah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya - Apakah yang di maksud Badan Usaha? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Badan Usaha dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama…
Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online 2023 seputarpengetahuan.co.id - Cara Memulai Bisnis Online - Memulai bisnis online memang tidak mudah. Ada begitu banyak keputusan penting yang harus diambil. Apa yang harus dijual? Kepada siapa harus menjual? Bagaimana…
41 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli 41 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Korupsi. Pembahasan yang meliputi tentang pengertian korupsi menurut para ahli, bentuk-bentuk korupsi, faktor yang menjadi…
Khiyar Adalah : Pengertian, Hukum Dasar, Jenis Dan Dampak… Khiyar Adalah : Pengertian, Hukum Dasar, Jenis Dan Dampak Penerapannya - Apakah itu yang di maksud dengan hukum khiyar?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia – Seperti apa Contoh dari Cerita Sejarah?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Contoh Cerita sejarah beserta strukturnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di…
Interseksi Adalah : Bentuk, Penghubung, Dampak, Ciri, Contoh… Interseksi Adalah : Bentuk, Penghubung, Dampak, Ciri, Contoh Dan Hubungannya Dengan Konsolidasi - Apakah yang di maksud dengan interseksi ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya rumus lain…
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…
√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
√ Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri,… Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri, Jenis dan Produknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bank Syariah. Yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, ciri-ciri, jenis dan produk dari…
√ Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis,… Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik & Bentuknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Media Komunikasi. Yang meliputi pengertian media komunikasi, teori media komunikasi, fungsi media komunikasi,…
Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ekonomi Kreatif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan sektor ekonomi kreatif dengan pembahasan lengkap…
Motif Ekonomi : Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Macamnya Motif Ekonomi : Pengertian, Contoh, Tujuan, Prinsip, dan Macamnya – Setiap keinginan atau tindakan yang dilakukan manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selalu didorong oleh sebab-sebab atau alasan tertentu.…
Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat… Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat dan Macam-Macam Kelompok Sosial - Apa yang dimaksud Kelompok Sosial ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu kelompok sosial menurut apara…
43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata kepemimpinan, didalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa segala sesuatu ada hubungannya…
Panduan Utama untuk Strategi Merek 2023 seputarpengetahuan.co.id - Merek yang paling dicintai dan sukses di dunia tidak terjadi dalam semalam. Yang benar adalah: Membangun merek yang benar-benar hebat membutuhkan strategi yang terfokus dan banyak usaha. Tapi apa…
Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri,… Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks prosedur kompleks. Yang meliputi dari pengertian teks prosedur…
24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) - Di bidang manajeman dan bisnis tentu kita sering mengenal istilah pemasaran dan biasanya pemasaran identik dengan sales. Pemasaran merupakan salah satu…
√ Pengertian Apresiasi, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Proses,… Pengertian Apresiasi, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Proses, Tingkatan dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Apresiasi. Yang meliputi pengertian apresiasi, tujuan dan manfaat apresiasi, fungsi apresiasi, proses apresiasi,…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
√ 15 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Jenis, Manfaat… 15 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Jenis, Manfaat Lengkap - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Komptensi. Pembahasan yang meliputi pengertian, jenis, manfaat yang akan dijelaskan dengan lengkap.…
SMS Marketing: Pengertian, Contoh & Praktik Terbaik 2023 seputarpengetahuan.co.id - Sebagai pemilik bisnis, pernahkah Anda mempertimbangkan SMS marketing untuk menjangkau audiens Anda? Jika tidak, Anda kehilangan saluran komunikasi yang kuat dan berkembang pesat. Tahun lalu, 55% bisnis mengirim SMS…
Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting… Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting Manajemen - Apa sajakah tugas manajemen pemasaran itu? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa saja itu tugas manajeman pemasaran dan faktor-faktor lain…
Personal Selling Adalah: Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis… Personal Selling Adalah : Pengertian, Tujuan, Sifat,Jenis dan Tahapannya - Personal selling terjadi ketika perusahaan mengirimkan salesman mereka untuk menjual atau menawarkan produk dan layanan dengan langsung bertatap muka.Pada kali…
√ Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli, Tingkatan dan… Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli, Tingkatan dan Macamnya – Pada Kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Kebijakan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kebijakan, menurut para ahli,…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pengertian komunikasi di ekstrak dari bahasa latin yaitu "communicatio" yang ber istilah "communis" yang berarti menciptakan kebersamaan antara dua orang atau lebih.…
Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan - Bagaimana contoh bentuk penulisan karya ilmiah yang baik dan benar? Sebelumnya Seputarpengetahuan.co.id telah membahas Karya Ilmiah : Pengertian , Ciri, Manfaat,…