√ Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap)– Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang target pasar. Yang meliputi pengertian target pasar, manfaat target pasar, faktor yang harus diperhatikan dalam target pasar dan contoh target pasar dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Target Pasar, Manfaat, Faktor dan Contohnya (Lengkap)
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Target Pasar
Target pasar merupakan suatu kelompok pelanggan yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan supaya mau membeli produk yanag dipasarkannya. Target pasar juga bisa diartikan dengan suatu kelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Untuk menetapakn target pasar perusahaan harus menilai dengan hati segmen mana yang hendak dimasukan dan mengukur berapa segmennya.
Manfaat Target Pasar
Dengan diterapkannya target pasar, perusahaan dapat berkembang pada posisi porduk dan strategi marketing mix untuk setiap target pasar yang berhubungan. Target pasar sangat bermanfaat utamanya dalam:
Mempermudah dalam penyesuaian produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang dilakukan dengan target pasar.
Mengembangkan posisi produk dan stratei marketing mix (bauran pemasaran)
Dengan menjalankan indentifikasi dibagian pasar yang dapat dilayani dengan efektif, perusahaan bisa berada pada posisi yang lebih baik.
Mengantisipasi terdapatnya persaingan
Mengunakan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
Menargetkan peluang pasar yang lebih luas
Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Target Pasar
Dalam penentuan target pasar ada lima faktor yang harus diperhatikan sebelum menetapkan segmen mana yang ingin dituju. Faktor tersebut diantaranya adalah berikut ini:
Ukuran Segmen
Perkiraan besarnya segmen yang ingin dituju adalah faktor yang penting untuk menentukan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk ditindak lanjuti. Perusahaan yang besar akan memilih segmen dengan jumlah penjualan besar dan cerderung membatasi atau menolak segmen yang kecil. Sebaliknya perusahaan kecil menghindari segmen yang besar disebabkan mereke membutuhkan sumber daya yang lebih banyak lagi.
Pertumbuhan Segmen
Faktor pertumbuhan segmen juga adalah salah satu faktor yuang harus menjadi perhatian dalam menetapkan target pasar. Walaupun ukuran suatu segmen sekarang ini relatif kecil, tetapi tidap menutup kemungkinan akan berkembang pada masa yang akan datang apabila terdapat tanda-tanda perkembangan yang positif.
Karena pada umumnya, segmen kecil adalah segmen pasar yang potensial. Seperti ketika dahulu tingkat usia 60 tahun ke atas tidak menjadi fokus pasar bagi perusahaan. Untuk sekarang ini banyak jasa dan produk yang dijual untuk segmen ini (usia 50 tahun keatas)
Analisis Situasi
Faktor selanjutnya yang harus menjadi perhatian adalah analisis situasi, perusahaan lebih dulu harus melakukan analisis situasi dengan teliti dan cermat. Analisis situasi antara lain berkaitan dengan konsumen, para pemasok dan para distributor. Seringkali perusahaan melakukan analisis situasi dengan analisis SWOT.
Sumber Daya Perusahaan
Faktor berikutnya yang harus menjadi perhatian dalam menentukan target pasar adalah sumber daya perusahaan. Perusahaan memperoleh sumber daya dari dalam perusahaan sendiri ataupun dengan bekerja sama dengan pihak luar. Adapun konsekuensi dari sumber daya yang diperoleh dari kerja sama dengan pihak luar adalah penghasilna dan resiko perusahaan ditanggung secara bersama-sama. Bentuk kerja sama dengan pihak luar bisa dijalankan dengan ventura atau dengan production sharing.
Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Mencapai Segmen
Suatu segmen harus disesuaikan dengan aktivitas pemasaran perusahaan, apabila segmen yang dikehendaki ternyata tidak cocok maka sebaikna tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu identifikasi tentang segmen yang akan dituju dilakukan dengan teliti. Banyak contoh segmen yang sempat diperkirakan mempunyai potensi besar tetapi ternyata seperti yang diharapkan, sementara perusahaan telah mengeluarkan biaya yang banyak.
Contoh Target Pasar
Seperti kita memiliki bisnis pada bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target pasarnya:
Produk Yang Dijual
Pakaian anak-anak, penjualan secara online
Target Pasar
Kota-kota bersar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kota lain di pulau Jawa yang dapat terjangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.
Target Demografi Pelanggan
Perempuan yang sudah berkeluarkan dan mempunyai anak kecil, dengan umur antara 25-35 tahun, mempunya pendapatan keluarga diatas 4 juta rupiah perbulan.
Karakteristik Psikologis Pelanggan
Sering memakai komputer, email, internet dan sosial media. Mengikuti trend fashion anaka, hobi membaca majalah kesehatan anak.
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
√ Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan… Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan Kelebihannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pasar Persaingan Sempurna. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian pasar persaingan sempurna,…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
√ Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Etika Bisnis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian etika bisnis, tujuan,…
√ 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi. Yang mana penjelasan ini tentang pengertian investasi menurut para ahli yang sudah dirangkum…
Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik dan… Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik, Tahapan dan Manfaatnya – Apa itu Pengertian Kewirausahaan ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya. Mari kita simak…
√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
√ Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem… Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Pasar Persaingan Monopolistik. Yang meliputi pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-rici, sistem harga,…
Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya - Apa sajakah jenis jenis dari surat dinas itu?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik,… Kerajinan Dari Bahan Keras : Pengertian, Jenis, Teknik, Tahapan Cara Membuat dan Contohnya - Apa itu kerajinan dari bahan keras ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) - Dalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa hampir setiap harinya kita melakukan transaksi jual beli. Apalagi jika kita sedang berada diluar rumah,…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
√ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
Akuntansi Syari’ah : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar… Akuntansi Syari’ah : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum, Ciri, Tujuan, Prinsip, Karakteristik Dan Kelebihannya - Apakah itu akuntansi syariah dan kelebihannya ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
√ Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas… Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Tentunya dapat kita ketahui jika masing-masing perusahaan pasti dapat meninjau kinerja dari sebuah perusahaan. Masing-masing perusahaan tentunya selalu melakukan peninjauan kinerja dari…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe - Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
Personal Selling Adalah: Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis… Personal Selling Adalah : Pengertian, Tujuan, Sifat,Jenis dan Tahapannya - Personal selling terjadi ketika perusahaan mengirimkan salesman mereka untuk menjual atau menawarkan produk dan layanan dengan langsung bertatap muka.Pada kali…
√ 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Pembahasan ini berdasarkan para ahli yang berpendapat. 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan,… Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan, Peraturan, Jenis Pukulan dan Sistem Skor - Apa saja yang kamu ketahui tentang Tenis Meja ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Apakah…
√ Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan… Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Loyalitas. Yang meliputi pengertian, karakteristik, pembentukan dan faktor yang mempengaruhi loyalitas dengan pembahasan lengkap dan mudah…
Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan… Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text - Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas…
√ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya… Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Struktur Modal. Yang meliputi pengertian struktur modal, komponen struktur modal, teori struktur modal, dan…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi - Apa yang di maksud dengan resensi buku non fiksi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Resensi Buku…