√ Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan Kelebihannya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan Kelebihannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pasar Persaingan Sempurna. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian pasar persaingan sempurna, ciri-ciri, kekurangan dan kelebihannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan Kelebihannya

Definisi dari pasar persaingan sempurna yaitu suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempegaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Meski Pada dasarnya tidak ada satupun pasar yang ada didunia mutlak sempurna. Akan tetapi salah satu dari contoh pasar yang mendekati yakni pasar beras. Hal ini disebabkan karena bentuk, warna dan juga tampilan lainnya itu relatif sama, dan juga penjual maupun pembelinya itu sangat banyak.

Baca Juga:  √ Pengertian Persediaan Barang Menurut Para Ahli (Lengkap)

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakan dari pasar persaingan sempurna dengan pasar tidak sempurna. Nah berikut ini merupakan beberapa ciri-cirinya, yaitu sebagai berikut:

Barang yang diperjualbelikan memiliki sifat homogen

Karena bersifat homogen, hal ini menyebabkan masing-masing dari barang tersebut saling menggantikan antara (substitusi) satu dengan yang lainnya. Dengan demikian pembeli bebas untuk membeli kepada penjual manapun. Sementara untuk penjual tidak dapat menentukan harga yang berbeda dengan penjual yang lain disebabkan barang yang dijual itu tidak bersifat unik.

Terdapat banyak penjual serta pembeli

Tidak terdapat batasan mengenai jumlah penjual yang dapat berada di pasar, serta jumlah pembeli yang membeli di pasar tersebut.

Pembeli serta penjual berlaku sebagai penerima harga (price taker)

Banyaknya jumlah penjual serta  pembeli ini menyebabkan penjual dan juga pembeli memiliki sifat sebagai penerima harga (price taker). Hal ini disebabkan karena tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar (price maker).

Pembeli serta penjual bebas masuk dan juga keluar pasar

Tidak ada sanksi ataupun larangan bagi tiap-tiap pembeli untuk membeli di pasar persaingan sempurna. Penjual juga dapat masuk serta menutup usahanya sesuka hati. Contohnya apabila penjual merasa mengalami kerugian dalam berjualan di pasar tersebut. Maka penjual tersebut bisa dengan mudah untuk menghentikan usahanya.

Informasi sempurna

Baik pembeli ataupun penjual memiliki informasi yang sempurna tentang harga, kualitas dan juga jumlah barang yang terdapat di pasar. Adanya informasi yang sempurna tersebut menyebabkan penjual tidak akan mengenakan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjual lainnya pada barang yang sama.

Baca Juga:  √ Pengertian Anggaran dan 11 Jenis Anggaran (Lengkap)

Apabila penjual melakukan hal tersebut maka pembeli akan meninggalkan penjual tersebut. Serta membeli barang yang sama pada penjual lainnya yang menjualnya sesuai dengan harga pasar yang berlaku

Faktor produksi dapat bergerak secara bebas

Karena tidak ada hambatan dalam memasuki pasar. Maka penjual tersebut juga mempunyai kebebasan untuk memindahkan faktor produksinya kemanapun.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Ciri dan Kelebihannya

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan sempurna, yaitu sebagai berikut :

Kelebihan pasar persaingan sempurna

Kelebihan dari pasar  persaingan sempurna ini diantaranya sebagai berikut :

  • Tidak dapat persaingan harga antar penjual disebakna harga yang tercipta di pasar akan diikuti oleh seluruh penjual.
  • Informasi yang sempurna dipunyai oleh penjual maupun pembeli.
  • Penjual juga dapat memindahkan faktor produksinya kamanapun disebabkan karena tidak ada hambatan dalam memasuki pasar.
  • Efisiensi maksimum dalam produksi.

Kekurangan pasar persaingan sempurna

Adapun Kekurangan dari pasar persaingan sempurna, antara lain sebagai berikut :

  • Produk yang memiliki sifat homogen tersebut membuat pembeli tidak mempunyai pilihan. Bisa kita katakan bahwa jenis pasar tersebut membatasi pilihan konsumen sehingga tidak dapat mencapai sebuah kepuasan yang maksimal.
  • Tidak mendorong inovasi disebabkan karena teknologi atau inovasi yang dilakukan dapat dicontoh oleh perusahaan lain.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri dan Kelebihannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.