√ Kebaikan dan Keburukan Pasar Modal (Bahas Lengkap)

Kebaikan dan Keburukan Pasar Modal (Bahas Lengkap) – Pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai pasar modal. Dimana sebelumnya sudah pernah dijelaskan mengenai pengertian dan juga fungsinya. Tetapi saat ini yang akan kita bahas adalah kebaikan dan juga keburukan pasar modal.

Kebaikan dan Keburukan Pasar Modal (Bahas Lengkap)

Disetiap hal tentu terdapat kebaikan dan juga keburukannya untuk itu kita akan membahasnya dia artikel kali ini. Untuk itu mari sama-sama kita mulai pembahasannya agar dapat mendapatkan penjelasan yang sebenarnya tentang kebaikan dan keburukan dari pasar modal yang akan dibahas dibawah ini.

Kebaikan Pasar Modal

Kebaikan pasar modal yang berkaitan erat dengan sebuah manfaat yang akan didapatkan dari adanya pasar modal. Kebaikan pasar modal dibagi menjadi tiga, apa saja kebaikan tersebut mari kita lanjutkan pembahasannya.

A. Kebaikan Bagi Pemodal atau Investor

  1. memberikan wahana untuk berinvestasi.
  2. bisa mendapatkan deviden ataupun bunga.
  3. bisa secara mudah untuk beralih alat investasi.

B. Kebaikan Bagi Emiten Pasar Modal

  1. yang menyediakan sebuah sumber pembiayaan dalam jangka panjang. Contohnya untuk membangun sebuah jalan tol yang membutuhkan modal besar dengan penegmbalian peminjaman yang relatif cukup lama yaitu lebih dari 1 tahun.
  2. Dapat lebih bebas dan juga fleksibel didalam mengelola dana. Dan tidak membebani perusahaan dikarenakan emiten hanya dapat memberikan dividen yang besarnya tergantung dari besar kecilnya dari laba perusahaan. Hal ini juga berlaku bagi emiten yang menjual efek yang berbentuk saham.

C. Kebaikan Bagi Pemerintah

  1. Pasar modal merupaka sebuah leading indikator (petunjuk penting) sebuah tren ekonomi ataupun kemajuan ekonomi negara.
  2. Ikut serta mendorong laju dari pertumbuhan ekonomi dikarenakan kegiatan ekonomi berjalan secara lancar (tidak kekurangan modal).
  3. Ikut memperluas dari pertumbuhan lapangan kerja dengan seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

Kebaikan Dan Keburukan Pasar Modal Lengkap

Keburukan Pasar Modal

Didalam setiap hal dimana ada kebaikan tentu ada pula keburukannya, begitupun dengan pasar modal. Untuk dapat mengetahui apa saja keburukan pasar modal mari kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

  1. Bila sebuah surat berharga (efek) yang dibeli oleh pemodal dikeluarkan (di delisting) dari pasar modal dikarenakan oleh berbagai sebab, dimana di antaranya karena emiten yang menjual efek tersebut mengalami sebuah kerugian ataupun pailit, yang disebut juga dengan resiko delisting.
  2. Bila terjadi sebuah inflasi yang menyebabkan turunnya nilai mata uang sehingga menyebabkan akan ikut menurunnya daya beli dari deviden dan juga bunga yang diperoleh pemodal, dan ini sering disebut dengan resiko inflasi.
  3. Bila suatu surat berharga yang ingin dijual tetapi tidak cepat laku seperti yang sudah diharapkan dan ini disebut dengan sebuah resiko likuiditas.
  4. Bila terjadinya sebuah kenaikan tingkat bunga bank yang akhirnya akan bisa menurunkan harga dari surat-surat berharga. Naiknya tingkat bunga bank yang dapat membuat para pemodal atau investor yang lebih tertarik berinvestasi di bank.
  5. Akibat adanya permintaan dari surat berharga mengalami penurunan sehingga menyebabkan harga dari surat berharga juga menjadi menurun dan ini sering disebut dengan resiko tingkat bunga.
  6. Bila surat berharga dengan terpaksa dijual dengan harga yang lebih rendah dari harga belinya, dan sehingga pemodal atau investor mengalami sebuah kerugian dan ini disebut dengan resiko capital loss.
  7. Bila kemampuan emiten didalam menghasilkan sebuah laba menurun karena diakibatkan deviden yang dibayarkan ke pemodal atau investor juga ikut menurun dan ini disebut dengan resiko bisnis.

Sekian penjelasan yang sudah diberikan seputarpengetahuan mengenai Kebaikan dan Keburukan Pasar Modal (Bahas Lengkap), di dalam pasar modal sudah tentu ada kebaikan dan juga keburukan dari pasar modal. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi