√ Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek dan Langkahnya

Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek dan Langkahnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Riset Pemasaran. Yang meliputi pengertian riset pemasaran, tujuan riset pemasaran, jenis-jenis riset pemasaran, metode riset pemasaran, fungsi riset pemasaran, objek riset pemasaran, langkah-langkah riset pemasaran dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek dan Langkahnya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Riset Pemasaran

Riset Pemasaran (research marketing) merupakan suatu penelitian sistematis diawali dengan perumusan sebuah masalah, kemudian tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data serta interpretasi hasil penelitian.

Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Philip Kotler

Pengertian riset pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu perencanaan, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.

2. American Marketing Association

Pengertian riset pemasaran menurut American Marketing adalah fugnsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan dan menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

3. Robby Susatyo

Pengertian Riset pemasaran menurut Robby Susatyo adalah suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjut dengan pengumpulan, analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.

Tujuan Riset Pemasaran

Tujuan dijalankannya riset pemasaran yaitu untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.

Dengan dilakukan riset pemasaran maka akan bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa itu diperlukan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen. Selain itu juga untuk dapat tahu seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.

Riset pemasaran bisa menjamin perusahaan akan tidak sulit ketika merencanakan strategi bisnis supaya dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.

Jenis Riset Pemasaran

Jenis-jenis riset pemasaran antara la‌in:

  • Riset Primer
    Riset primer merupakan riset yang dijalankan dengan cara menampung informasi atau daya yang asalnya dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dilakukan sekarang.
  • Riset Sekunder
    Riset sekunder merupakan riset yang fungsinya mengalanisa data yang telah diterbitkan. Dengan seperti itu, kita bisa menemukan pesaing dan dapat membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.

Metode Riset Pemasaran

Ada tiga metode dan cara pelaku bisnis dalam merencanakan riset pemasaran, yakni:

Kuisioner

Metode ini dijalankan dengan cara memberikan daftar pertanyaan mengenai data yang diperlukan untuk jenis usaha yang dipilih. Syaratnya siapkan calon responden yang asalnya dari pelanggan potensial yang akan menjawab kuisioner. Meyakinkan responden supaya dapat diajak kerjasama untuk mengisi jawabannya dengan jujur dan benar. Apabila sangat butuh maka diberikan bingkisan yang menarik.

Riset Grup

Metode ini dijalankan dengan cara membentuk kelompok orang dari populasi utama pasar potensial. Tugas yang meraka lakukan adalah menyampaikan semua yang mereka butuhkan, merasakan produk atau jasa yang disajikan dan mereka diperkenannkan memberikan opini mengenai kekurangan produk.

Survey

Metode ini dijalankan dengan cara memberikan pertanyaan yang sederhana tentang produk atau jasa yang hendak diriset. Pada umumnya metode ini sifatnya acak dan biasanya dengan sukarela, sehingga upayakan pertanyaan yang diajukan tidak mengganggu.

Fungsi Riset Pemasaran

Fungsi dari riset pemasaran antara lain sebagai berikut:

  • Fungsi deskriptif
    Adalah fungsi dikumpulan dan disajikan pernyataan mengenai fakta.
  • Fungsi diagnostik
    Adalah pembahasan mengenai data atau tindakan.
  • Fungsi prediktif
    Adalah spesifikasi mengenai bagaimana memakai riset deskriptif dan diagnostik untuk memprediksi hasil keputusan pemasaran yang terencana.

Objek Riset Pemasaran

Objek dari riset pemasaran antara lain:

  • Produk
    Produk masuk dalam hal yang paling penting dalam pemasaran, apabila tidak ada produk atau jasa, maka tidak ada yang dipasarkan.
  • Harga
    Tujuan riset harga sudah pasti untuk melihat kesesuaian antara harga dan produk yang dihasilkan.
  • Promosi
    Riset promosi dijalankan untuk mengukur tingkat berhasilnya suatu promosi terhadap pemasaran produk.
  • Distribusi
    Riset distribusi dijalankan untuk melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak.

Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek, Langkah-Langkah

Langkah-Langkah Riset Pemasaran

Langkah-langkah atau tahapan dalam riset pemasaran adalah:

  • Identifikasi Masalah
  • Perumusan kerangka teori
  • Formulasi desain riset
  • Aktivitas lapangan dan dikumpulkannya data
  • Persiapan dan analisis data
  • Dibuatnya laporan dan presentasi hasil penelitian.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek dan Langkahnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi