√ 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Pembahasan ini berdasarkan para ahli yang berpendapat.

19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang sudah mendefinisikan promosi menjadi sebuah kesimpulan yang bagus, diantaranya:

1. Rambat Lupiyoadi (2006: 120)

Pengertian promosi menurut Rambat Lupiyoadi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk kita.

2. Kotler (2000: 119)

Pengertian promosi menurut Kotler adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”

3. Gitosudarmo (2000: 237)

Pengertian promosi menurut Gitosudarmo adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudia mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

4. Sistaningrum (2002: 98)

Pengertian promosi menurut Sistaningrum adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.

5. Swastha dan Irawan (2005: 349)

Pengertian promosi menurut Swastha dan Irawan adalah arus informasi atau persuasi satu arah untuk mengarahkan seorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

6. Tjiptono (2002: 219)

Pengertian promosi menurut Tjiptono adalah bentuk komunikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berusahan menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

7. Madura (2001: 157)

Pengertian promosi menurut Madura adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan tentang spesifikasi produk atau merek

8. Kusmono (2001: 374)

Pengertian promosi menurut Kusmono adalah usaha yang dilakukan pasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran.

9. Suryana (2001: 112)

Pengertian promosi menurut Suryana adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli

10. Boone dan Kurtz (2002: 129)

Pengertian promosi menurut Boone dan Kurtz adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

11. Boyd (2000: 65)

Pengertian promosi menurut Boyd adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan

12. Swastha (2000: 22)

Pengertian promosi menurut Swastha adalah promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

13. KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia)

Pengertian promosi menurut KBBI adalah kegiatan komunikasi untuk meningkatkan penjualan dengan pameran, periklanan, demontrasi, dan usaha lain yang bersift persuasif.

14. Stanton (1993)

Pengertian promosi menurut Stanton adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai

15. Saladin (2003)

Pengertian promosi menurut Saladin adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didaya gunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.

16. Zimmerer (2002)

Pengertian promosi menurut Zimmerer adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publistas, penjualan perorangan dan periklanan.

19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap

17. Marwan Asri (1991)

Pengertian promosi menurut Marwan Asri adalah salah satu bagian dari marketing mix yang besar peranannnya. Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan

18. Ratih Hurriyati

Pengertian promosi menurut Ratih Hurriyati adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mengenal ataupun mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.

19. American Marketing Association (AMA)

Pengertian promosi menurut AMA yang dikutip dari bukunya Sustina (2003) adalah Sales promotion is media and non media marketing pressure applied for a predetermined, limited period of time in order to stimulate trial, increase consumer demand, or improve product quality. Promosi adalah upaya pemasaran yang bersifat media dan non media untuk merangsang coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau untuk memperbaiki kualitas produk.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi