12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Sering kali kita mendengar dan melihat tentang sebuah iklan yang ditayangkan di berbagai media seperti televisi, koran dan majalah-majalah. Banyak juga diantara kita yang termakan oleh iklan-iklan tersebut. Percaya dan ingin mencoba, itulah tujuan dari sebuah pemasaran yang dilakukan melalui pengiklanan oleh berbagai perusahaan dalam menjual produk ataupun jasa. Jadi, apa sebenarnya arti iklan tersebut? Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.co.id akan merangkum tentang pengertian iklan tersebut menurut pendapat beberapa ahli.
12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
Mari kita bahas pengertian iklan terlebih dahulu dari para ahli.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Berikut ini akan dijelaskan beberapa pengertian iklan menurut para ahli, diantaranya:
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
2. Wikipedia
Iklan atau pariwara merupakan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha atau ide yang harus dibayar oleh sponsor. Dalam dunia manajemen pemasaran, iklan merupakan salah satu dari strategi promosi secara global atau keseluruhan.
3. Kriyantono (2008)
Mengemukakan bahwa iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.
4. Durianto (2003)
Mendefinisikan iklan sebagai proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.
5. Suhandang (2005)
Mengemukakan iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.
6. Gilson & Berkman (1980)
Menurut mereka, iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.
7. Russel & Lane (1990)
Mereka berpendapat bahwa iklan ialah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.
8. Wright (1978)
Beliau berpendapat tentang iklan bahwa: iklan merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.
9. Wells (1992)
Mengemukakan bahwa iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (penonton, pendengar atau pembaca).
10. Lee (2004)
Menurutnya, iklan ialah sebuah komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.
11. Rhenald Kasali (1992)
Menjelaskan bahwa iklan secara sederhana ialah sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media.
12. Kotler (2002)
Menjelaskan periklanan sebagai bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Dalam sebuah iklan terdapat unsur-unsur penting yang dapat membedakan iklan dengan bentuk komunikasi lain seperti: gagasan, barang dan jasa, non-personal, sponsor dan pembayaran. Iklan dibuat dengan tujuan untuk mengeksplor dan mengenalkan barang atau jasa kepada khalayak ramai atau masyarakat umum. Dan ikal juga untuk mempengaruhi agar produk yang diiklankan tersebut menarik masyarakat untuk mencoba ataupun membelinya.
Nah, itulah beberapa penjelasan tentang pengertian iklan yang telah kami rangkum menurut pendapat para ahli. Semoga artikel tentang 12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) ini memberikan manfaat bagi para pembaca setia seputarpengetahuan.com dan sekian terimakasih.
Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya - Apa saja jenis jenis dari warna dan penjelasannya? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya.…
Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh - Apakah itu Teks Cerpen ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Teks Cerpen dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnya Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnya– Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Westernisasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian westernisasi, ciri, dampak, pola, media…
Gak Perlu Ribet, Berikut Cara Membangun Merek dengan Mudah seputarpengetahuan.co.id - Cara Membangun Merek - Bayangkan Anda harus membeli hadiah untuk teman Anda yang menyukai cokelat. Apakah Anda menggunakan Reese's, atau produk generik dengan harga lebih rendah? Bagi saya,…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
Iklan Baris : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Iklan Baris : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan mengulas tentang Iklan Baris. Kalian tentu sering melihat iklan ini di koran, majalah atau tabloid. Iklan…
Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan… Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pers. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, dasar hukum, fungsi, peranan, jenis-jenis pers…
Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting… Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting Manajemen - Apa sajakah tugas manajemen pemasaran itu? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa saja itu tugas manajeman pemasaran dan faktor-faktor lain…
√ Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi,… Pengertian Riset Pemasaran, Tujuan, Jenis, Metode, Fungsi, Objek dan Langkahnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Riset Pemasaran. Yang meliputi pengertian riset pemasaran, tujuan riset pemasaran, jenis-jenis riset…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
√ Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri,… Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan perseorangan. Yang meliputi pengertian perusahaan perseorangan, syarat mendirikan perusahaan perseorangan, ciri-ciri…
Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya – Dalam menjalankan bisnis diperlukan pembeli yang akan membeli barang atau jasa yang di sediakan oleh perusahaan tersebut. Agar cepat terjual para konsumen yang datang harus…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
Teks Diskusi : Pengertian, Tujuan, Kaidah, Struktur dan… Teks Diskusi : Pengertian, Tujuan, Kaidah, Struktur dan Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks diskusi. Yang meliputi pengeritan teks diskusi, tujuan teks diskusi, kaidah bahasa…
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan…
Pengembangan Produk: Pengertian, Tahapan dan Contoh seputarpengetahuan.co.id - Adakah ide yang terasa seperti "hal besar berikutnya"? Atau mungkin Anda ingin mengembangkan ide yang sudah ada untuk memodifikasi atau menyempurnakannya. Ada banyak kasus penggunaan yang dapat diterapkan…
8 Langkah Mudah Cara Menjual Karya Seni Online seputarpengetahuan.co.id -Â Ingin belajar cara menjual karya seni secara online? Ide bagus! Menjual karya seni adalah cara luar biasa untuk menghasilkan uang dengan melakukan apa yang Anda sukai. Orang-orang di seluruh…
√ Pengertian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Latar… Pengertian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Latar Belakangnya – Di dalam mendirikan suatu usaha apa lagi usaha tersebut merupakan usaha jasa keuangan maka akan mendapat beberapa masalah yang akan datan dan…
Aktiva Tetap Adalah dan Karakteristiknya (Pembahasan… Aktiva Tetap Adalah dan Karakteristiknya (Pembahasan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan mulai membahas mengenai aktiva tetap. Tentu bagi sebagian masyarakat sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata…
√ PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang PPN. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian PPN, Objek, subjek, rumus…
10 Jenis Jasa Dan 4 Karakteristik Jasa (Pembahasan lengkap) 10 Jenis Jasa Dan 4 Karakteristik Jasa (Pembahasan lengkap) - Pada kesempatan yang lalu seputarpengetahuan.co.id sudah membahas tentang apa itu jasa, nah sekarang kita akan sedikit membahas mengenai jenis-jenis jasa berikut karakteristik dari jasa…
Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format… Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format dan Contohnya - Bagaimana bentuk Surat Penawaran Barang ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya -Â Apakah yang di maksud Badan Usaha? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Badan Usaha dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
√ 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan… 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kebangkrutan. Pembahasan yang meliputi pengertian kebangkrutan yang dikemukakan oleh beberapa ahli, faktor penyebab kebangkrutan dan…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe -Â Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…