Home ยป 12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)ย –ย Sering kali kita mendengar dan melihat tentang sebuah iklan yang ditayangkan di berbagai media seperti televisi, koran dan majalah-majalah. Banyak juga diantara kita yang termakan oleh iklan-iklan tersebut. Percaya dan ingin mencoba, itulah tujuan dari sebuah pemasaran yang dilakukan melalui pengiklanan oleh berbagai perusahaan dalam menjual produk ataupun jasa. Jadi, apa sebenarnya arti iklan tersebut? Dalam kesempatan ini,ย seputarpengetahuan.co.idย akan merangkum tentangย pengertian iklan tersebut menurutย pendapat beberapa ahli.
12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
Mari kita bahas pengertian iklan terlebih dahulu dari para ahli.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Berikut ini akan dijelaskan beberapa pengertian iklan menurut para ahli, diantaranya:
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
2. Wikipedia
Iklan atau pariwara merupakan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha atau ide yang harus dibayar oleh sponsor. Dalam dunia manajemen pemasaran, iklan merupakan salah satu dari strategi promosi secara global atau keseluruhan.
3. Kriyantono (2008)
Mengemukakan bahwa iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.
4. Durianto (2003)
Mendefinisikan iklan sebagai proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.
5. Suhandang (2005)
Mengemukakan iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.
6. Gilson & Berkman (1980)
Menurut mereka, iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.
7. Russel & Lane (1990)
Mereka berpendapat bahwa iklan ialah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.
8. Wright (1978)
Beliau berpendapat tentang iklan bahwa: iklan merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.
9. Wells (1992)
Mengemukakan bahwa iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (penonton, pendengar atau pembaca).
10. Lee (2004)
Menurutnya, iklan ialah sebuah komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.
11. Rhenald Kasali (1992)
Menjelaskan bahwa iklan secara sederhana ialah sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media.
12. Kotler (2002)
Menjelaskan periklanan sebagai bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Dalam sebuah iklan terdapat unsur-unsur penting yang dapat membedakan iklan dengan bentuk komunikasi lain seperti: gagasan, barang dan jasa, non-personal, sponsor dan pembayaran. Iklan dibuat dengan tujuan untuk mengeksplor dan mengenalkan barang atau jasa kepada khalayak ramai atau masyarakat umum. Dan ikal juga untuk mempengaruhi agar produk yang diiklankan tersebut menarik masyarakat untuk mencoba ataupun membelinya.
Nah, itulah beberapa penjelasan tentang pengertian iklan yang telah kami rangkum menurut pendapat para ahli. Semoga artikel tentangย 12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)ย ini memberikan manfaat bagi para pembaca setia seputarpengetahuan.com dan sekian terimakasih.
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya โ Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
โ Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan,… Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan, Kekurangan, Proses, Contohย - Di penjelasan kali ini kalian akan mempelajari tentang Holding Company. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, tujuan, kelebihan, kekurangan, proses pembentukan dan contoh…
Supplier Adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tugas, Jenis,… Supplier Adalah : Pengertian, Ciri,Fungsi,Tugas,Jenis, Contoh dan Cara kerjaโ Pada ulasan kali ini seputarpengethuan.co.id akan membahas tentang Supplier .Agar lebih menguasai serta paham ,mari ikuti pembahasannya dibawah ini. Supplier Adalah…
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya โ Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
โ 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Agribisnis. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para ahli dirangkum dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk…
Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan… Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya - Apakah yang di maksud dengan Metode Pembelajaran?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) - Di bidang manajeman dan bisnis tentu kita sering mengenal istilah pemasaran dan biasanya pemasaran identik dengan sales. Pemasaran merupakan salah satu…
โ Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Vendor. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian vendor, tugas, fungsi, tanggung jawab…
โ Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri,… Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah & Contohย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Teks Iklan. Yang meliputi pengertian teks iklan, fungsi teks iklan, struktur teks…
Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan - Bagaimana contoh bentuk penulisan karya ilmiah yang baik dan benar? Sebelumnya Seputarpengetahuan.co.id telah membahas Karya Ilmiah : Pengertian , Ciri, Manfaat,…
โ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
โ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang… Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Yang meliputi pengertian perusahaan jasa, karakteristik jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang…
Financial Distress : Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab,… Financial Distress : Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab, Jenis, Kategori Dan Cara Mengatasinya - Apakah yang di maksud dengan Financial Distress dan apa penyebabnya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
โ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
โ PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang PPN. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian PPN, Objek, subjek, rumus…
โ Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan &… Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan & Jenisnyaย - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kemasan. Pembahasan kali ini yaitu meliputi pengertian kemasan menurut para ahli, fungsi dari…
Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting… Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting Manajemen -ย Apa sajakah tugas manajemen pemasaran itu? Pada kali iniย Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa saja itu tugas manajeman pemasaran dan faktor-faktor lain…
Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnya Westernisasi Adalah : Ciri, Dampak, Media dan Contohnyaโ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Westernisasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian westernisasi, ciri, dampak, pola, media…
โ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran (Pembahasan Terlengkap) Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran (Pembahasan Terlengkap)ย -ย Berbicara tentang pemasaran, sejauh ini penulis memahami bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan atau proses jual beli yang dilakukan terhadap barang dan jasa juga sebuah proses…
Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya - Apa saja jenis jenis dari warna dan penjelasannya? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya.…
14 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 14 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)ย - Kita pasti pernah mendengar kata entrepeneur, bukankah begitu? Namun masih banyak yang belum memahami apa arti entrepreneur itu sebenarnya. Nah disini kita…
Iklan Baris : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Iklan Baris : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnyaย - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuanย akan mengulas tentang Iklan Baris. Kalian tentu sering melihat iklan ini di koran, majalah atau tabloid. Iklan…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
โ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya…
โ Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri,… Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri, Jenis dan Produknyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bank Syariah. Yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, ciri-ciri, jenis dan produk dari…
Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan… Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan dan Jenisnyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pers. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, dasar hukum, fungsi, peranan, jenis-jenis pers…
โ 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan… 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang piutang. Penjelasan yang meliputi pengertian piutang yang berdasarkan pendapat para ahli yang lengkap dan…
โ 16 Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli (Pembahasan… 16 Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan. Pembahasan tentang pengertian perusahaan ini berdasarkan para ahli. Untuk lebih jelasnya silakan simak…