Iklan Layanan Masyarakat : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contohnya

Iklan Layanan Masyarakat : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contohnya – Apakah yang dimaksud dengan Iklan Layanan Masyarakat ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi fungsi,contoh dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Iklan Layanan Masyarakat : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contohnya


Iklan layanan masyarakat (ILM) adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.

Iklan layanan masyarakat dapat dikampanyekan oleh organisasi profit atau non profit dengan tujuan sosial ekonomis yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Menurut Para Ahli


  • Kasali 1992:121

Public Service Announcement (iklan layanan masyarakat) merupakan permintaan penyiaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah secara langsung sebagai solidaritas terhadap masalah masyarakat. Contohnya yaitu program pemerintah, ketertiban lalu lintas dan informasi penting lainnya.

  • Liliweri 1992:32

Menurutnya pengertian iklan layanan masyarakat merupakan ikan yang bersifat non-profit, maka iklan seperti ini tidak mencari keuntungan setelah pemasangan informasi kepada masyarakat secara global.

  • Susamto 1976:203

Baginya iklan layanan masyarakat merupakan media informasi mengenai setiap layanan masyarakat, penyebaran informasi tidak melalui pembelian ruang dan waktu, setiap iklan yang disiarkan mengenai pelayanan masyarakat dilaksanakan berdasar kegiatan non-profit (tidak mengejar keuntungan).

Baca Juga:  Nomophobia : Pengertian, Ciri dan Tanda Serta Trik Menjauhinya

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

  • Informing adalah memberi informasi kepada masyarakat mengenai program atau layanan, serta ativitas pemerintah yang berkaitan dengan sosial.
  • Persuading adalah iklan yang baik bisa menimbulkan persuading atau membujuk masyarakat untuk ikut serta dengan program pemerintah seperti BPJS, KTP, KB dan program pemerintah lainnya.
  • Reminding adalah iklan akan terus membuat masyarakat ingat dengan program yang dijalankan oleh pemerintah.
  • Adding Value adalah periklanan bisa memberi nilai tambah kepada program tertentu melalui persepsi dari masyarakat.

Ciri Ciri Iklan Layanan Masyarakat

  • Tidak komersil (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
  • Tidak bersifat keagamaan.
  • Tidak bersifat politis.
  • Berwawasan nasional
  • Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
  • Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
  • Dapat diiklankan.
  • Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

  • Rokok membunuhmu perlahan-lahan!
  • Stop merokok mulai sekarang!
  • Hidup sehat tanpa rokok
  • Jauhi rokok sekarang juga!
  • Merokok sama dengan menggali kuburan Anda sendiri
  • Apakah Anda akan tetap merokok? BERHENTI sekarang!
  • Lawan narkoba dengan prestasi
  • Jauhi narkoba sebelum dunia menjauhimu
  • Nikmati masa mudamu tanpa narkoba
  • Jika kamu ingin sukses dunia akhirat, jauhi narkoba
  • Sekolahku, masa depanku
  • Setitik ilmu jauh lebih berharga dibandingkan dengan setumpuk harta
  • Pendidikan merupakan kunci kesukesan bagi banyak orang
  • Mari membangun masa depan melalui pendidikan
  • Hutan adalah paru-paru dunia, mari selamatkan
  • Satu sampah menimbulkan ribuan masalah
  • Jagalah lingkungan demi kebaikan anak cucu Anda
  • Tangisan alam adalah tangisan kita
  • Menjaga kebersihan demi generasi masa depan yang cerah.
  • Kebersihan adalah sebagian dari iman.
  • Bersih itu indah, bersih itu berkah.
  • Pikiran yang jernih diawali dari lingkungan yang bersih.
  • Air adaah sumber kehidudpan, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya dan jangan engkau sia-siakan.
  • Mari mulai menghemat air dengan menutup kran setelah selesai digunakan.
  • Nggak hanya pulsa yang harus dihemat, air juga
  • Jempolmu adalah harimaumu, bijaklah bersosial media.
  • Stop HOAX dengan melakukan klarifikasi, konfirmasi, dan validasi informasi yang kamu terima sebelum membagikannya.
  • Simpan gadgetmu, mulailah berinteraksi langsung dengan orang terdekatmu.
Baca Juga:  Teks LHO : Pengertian, Ciri, Sifat, Tujuan, Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh

Iklan Layanan Masyarakat : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contohnya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Iklan Layanan Masyarakat : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contohnya,semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.