√ Pengertian Masalah Sosial dan Faktor Penyebabnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Masalah Sosial dan Faktor Penyebabnya (Bahas Lengkap) – Untuk pembahasan kali ini kita akan memulai dengan pembahasan masalah sosial. Masalah sosial sudah tentu terjadi di kehidupan bermasyarakat. Namun apakah kita sudah mengetahui arti dari masalah sosial?

Pengertian Masalah Sosial dan Faktor Penyebabnya (Bahas Lengkap)

Untuk itulah kami akan menjelaskannya pada artikel kali ini, agar bisa memberikan sebuah informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca. Yang bisa mempelajarinya pada artikel ini sehingga dapat mengetahui arti dari pengertian masalah sosial yang sesungguhnya. Untuk itu mari kita bersama-sama mulai membahasnya pada penjelasan berikut ini.

Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial ialah sebuah kondisi yang terlahir dari suatu keadaan masyarakat yang tidak ideal, ataupun pengertian dari masalah sosial ialah ketidak sesuaian unsur-unsur masyarakat yang bisa membahayakan kehidupan dari kelompok sosial.

Masalah sosial adalah sebuah kondisi yang bisa muncul dari keadaan masyarakat yang kurang atau juga tidak ideal, maksudnya ialah selama terdapat sebuah kebutuhan di dalam masyarakat yang tidak terpenuhi dengan secara merata maka masalah sosial tetap akan selalu ada di dalam sebuah kehidupan. Dan contoh dari masalah sosial ialah sebagai berikut.

  • Kemiskinan
  • Pengangguran
  • Permasalahan pendidikan

Faktor Penyebab Masalah sosial

Selain dari penjelasan yang sudah diberikan, ada juga penjelasan yang akan kami berikan mengenai empat faktor dari penyebab masalah sosial, yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

1. Faktor Ekonomi

Masalah sosial dalam masalah ekonomi yang biasanya berupa masalah pengangguran, kemiskinan dan yang lainnya. Di dalam masalah ini pada biasanya yang harus bertanggung jawab ialah pemerintah, dikarenakan pemerintah kurang di dalam menyediakan  sebuah lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

2. Faktor Budaya

Dalam faktor kali ini mempunyai maksud ialah kebudayaan yang semakin berkembang pada sebuah masyarakat yang memiliki sebuah peran yang bisa memicu timbulnya sebuah masalah sosial. Misalkan seperti pernikahan pada usia dini, kawin cerai, dan masih banyak yang lainnya.

3. Faktor Biologis

Faktor ini bisa menyebabkan timbulnya sebuah masalah sosial misalnya seperti kurang gizi, penyakit menular dan lain sebagainya. Hal ini dapat terjadi dikarenakan kurangnya sebuah fasilitas-fasilitas kesehatan yang layak dan juga bisa terjadi juga karena sebuah kondisi ekonomi atau juga pendidikan masyarakat yang tidak mencukupi.

4. Faktor Psikologis

Masalah seperti ini bisa muncul apa bila psikologis sebuah masyarakat sangat lemah. Faktor psikologis juga bisa muncul apa bila beban hidup yang sangat berat yang juga dirasakan oleh masyarakat yang khususnya ada pada daerah perkotaan, pekerjaan yang menumpuk yang menimbulkan stress dan kemudian bisa menimbulkan sebuah luapan emosi yang nantinya mampu memicu sebuah konflik di antara anggota masyarakat.

Pengertian Masalah Sosial Dan Faktor Penyebab Masalah Sosial

Cara Mengatasi Masalah Sosial

Sudah dijelaskan mengenai pengertian masalah sosial dan juga faktor penyebabnya, dan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai cara untuk mengatasi masalah sosial yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Bisa meningkatkan mutu dan juga pemerataan pendidikan
  • Bisa menyediakan sebuah lapangan kerja yang banyak
  • Bisa meningkatkan pemerataan pembangunan atau juga fasilitas publik
  • Bisa mensosialisasikan norma sosial dan juga nilai-nilai sosial
  • Bisa memberikan sanksi sosial yang tegas untuk yang melanggar

Sekian penjelasan yang bisa untuk diberikan mengenai Pengertian Masalah Sosial dan Faktor Penyebabnya (Bahas Lengkap), semoga dengan penjelasan kali ini bisa menambahkan wawasan dan juga pengetahuan para pembaca, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi