23 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

23 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang sosial. Yang akan kita bahas disini tepatnya adalah perubahan sosial, apa sih perubahan sosial itu? Mari kita bahas lengkap disini.

23 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

Sudah menjadi hal yang umum jika terjadi perubahan pada sesuatu, tidak lain halnya dengan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial

Suatu keadaan dimana tidak ada terjadinya suatu penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda yang terdpat dalam kehidupan sosial sehingga hal ini menghasilkan pola yang fungsinya tidak serasi bagi masyarakat yang bersangkutan, disebut dengan perubahan sosial.

Berdasarkan definisi di atas perubahan sosial mempunyai tiga unsur:

  1. ATerdapat unsur-unsur yang saling berbeda pada kehidupan sosial.
  2. Tidak ada penyesuaian antara unsur-unsur yang saling berbeda tersebut.
  3. Menghasilkan pola yang fungsinya tidak serasi bagi masyarakat yang bersangkutan.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Para ahli juga mendefinisikan perubahan sosial sebagai berikut:

1. Selo Soemardjan

Beliau menjelaskan bahwa Perubahan sosial yaitu segala perubahan dalam lembaga kemasyarakatan pada suatu masyarakat yang dapat mempengaruhi suatu sistem sosialnya, termasuk pada nilai, sikap serta pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

2. Kingsley Davis

Ia menjelaskan bahwa Perubahan sosial yaitu suatu perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

3. Mac Iver

Mac Iver berpendapat bahwa Perubahan sosial yaitu suaty perubahan yang terdapat dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan kepada keseimbangan hubungan sosial.

4. Samuel Koenig

Bilai menjelaskan bahwa Perubahan sosial sendiri menunjuk terhadap modifikasi-midifikasi yang terjadi pada pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi tersebut dapat terjadi disebabkan oleh faktor-faktor intern maupun ekstern.

5. William F. Ogburn

Ia menjelaskan bahwa Perubahan sosial ini menekankan terhadap kondisi teknologis yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan dalam aspek kehidupan sosial, contohnya seperti kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola berfikir masyarakat.

Baca Juga:  Pengertian Sumber Hukum, Macam dan Contohnya

6. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin

Menreka menjelaskan bahwa Perubahan sosial merupakan sebagai dari suatu variasi terhadap cara-cara hidup yang telah diterima, baik itu disebabkan oleh perubahan kondisi geografis, oleh kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi ataupun sebab terdapat difusi ataupun penemuan-penemuan baru yang ada dalam masyarakat.

7. Emile Durkheim

Ia berpendapat bahwa Perubahan sosial yaitu perubahan yang terjadi yang mana sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang dapat mengubah kehidupan masyarakat oleh kondisi tradisional yang diikat dengan solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat dari solidaritas organistik.

8. Robert M.I Lawang

Ia berpendapat Perubahan sosial yaitu suatu proses pada saat dalam suatu sistem sosial adanya perbedaan-perbedaan yang bisa diukur yang terjadi pada suatu kurun waktu tertentu.

9. Max Weber

Max waber menjelaskan bahwa Perubahan sosial merupakan suatu perubahan situasi yang ada pada masyarakat sebagai akibat karena terdapat ketidaksesuaian unsur-unsur.

10. Robert H. Lauer

Ia menjelaskan bahwa Perubahan sosial sendir yaitu suatu perubahan yand ada dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga dalam tingkat dunia.

11. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Beliau menjelaskan bahwa Perubahan sosial yaitu suatu proses perubahan, serta modifikasi, maupun penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang man hal ini mencakup nilai-nilai budaya, serta pola perilaku dari kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, dan juga kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik itu dalam aspek kehidupan material atau dalam aspek nonmateri.

12. Bruce J. Cohen

Bruce J menjelasn mengenai perubahan sosial yang merupakan suatu perubahan yang sangat struktur sosial dalam suatu organisasi sosial sehingga suatu syarat yang ada perubahan tersebut merupakan sebuah sistem sosial, perubahan hidup yang ada pada suatu nilai sosial serta budaya masyarakat.

13. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Mereka beruda menjelaskan bahwa perubahan sosial yaitu suatu hal yang tetap dan selalu ada di dalam alam semesta.

14. Atkinson dan Brooten

Perubahan sosial yakni suatu proses yang akan membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya serta merupakan suatu proses yang bisa menyebabkan perubahan pola perilaku individu maupun institusi.

15. Pasurdi Suparlan

Baliau menjelaskan Perubahan sosial yaitu bentuk perubahan yang ada dalam struktur sosial serta pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, serta sistem politik dan kekuasaan, ataupun penduduk.

16. Hans Garth dan C. Wright Mills

Mereka berpendapat bahwa Perubahan sosial yaitu salah satu perubahan yang terjadi baik kemunculan, serta perkembangan, maupun bahkan kemunduran, dalam kurun waktu tertentu terhdap tatanan yang meliputi struktur sosial.

Baca Juga:  √ 4 Faktor dan Proses Terjadinya Integrasi Sosial (Bahas Lengkap)

17. Robert Morrison Mac Iver

Disini Robert Morrison Mac Iver menjelaskan bahwa Perubahan sosial yaitu suatu perubahan yang terdapat dalam bidang hubungan sosial maupun perubahan pada keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut.

18. Roucek dan Warren

Roucek dan Warren juga menjelaskan bahwa Perubahan sosial termasuk dalam sebagai perubahan yang ada pada proses sosial maupun dalam struktur masyarakat.

19. Wilbert E. Moore

Disini Wilberts menyatakan bahwa Perubahan sosial sendiri temasuk dalam salah satu hasil dari evolusi rektilinier yang sederhana sebagai mana fungsi dari waktu berbanding lurus dengan suatu perubahan peradaban. Wilbert juga mempercayai bahwa perubahan bisa ditentukan oleh waktu kapan perubahan itu akan terjadi.

20. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia bahwa Perubahan sosial ialah berbagai perubahan-perubahan yang sebelumnya sudah ada serta akan terjadi yang ada di berbagai lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mana juga bisa memengaruhi sistem sosialnya, termasuk dalam nilai, sikap-sikap sosial, dan juga suatu pola perilaku di antara berbagai kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat.

21. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dikutp dari KBBI yang menyatakan bahwa perubahan sosial ialah suatu perubahan yang ada dalam berbagai lembaga kemasyarakatan, yang mana bisa mempengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk juga dalam nilai-nilai, sikap, pola serta perilaku di antara kelompok yang ada dalam masyarakat.

6 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

22. W. Kornblum

Disini ia menjelaskan bahwa perubahan sosial merupakan suatu perubahan yang ada dalam suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu yang lama.

23. Raja

Disini beliau menjelaskan bahwa perngertian dari Perubahan Sosial yaitu segala bentuk perubahan yang ada dalam suatu lembaga masyarakatan yang dapat mampengaruhi sistem sosial.

Berdasarkan definisi yang sudah dijelaskan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa perubahan sosial yaitusuatu  perubahan yang terjadi pada struktur sosial maupun organisasi sosial masyarakat.

Perubahan sosial ini terdiri atas perubahan dalam berbagai hal, misalnya seperti perubahan teknologi, perilaku, perubahan norma, sistem nilai, perubahan pola bahkan perubahan keyakinan. Perubahan ini dikaitkan dengan adanya perubahan yang mempengaruhi sebagian besar dari individu yang ada pada masyarakat tertentu.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 23 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga bisa menambah pengetahuan anda dan bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.