√ Pengertian Stratifikasi Sosial, Jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Stratifikasi Sosial, Jenis dan Fungsinya (Lengkap) – Untuk pembahasan yang selanjutnya yaitu mengenai stratifikasi sosial, jenis dan juga faktornya. Apakah kita sudah mengetahui arti yang sebenarnya dari stratifikasi sosial?

Untuk itulah kami disini membahas artikel ini agar bisa membantu yang sedang mencari sebuah informasi dan juga para pembaca yang ingin menambah ilmu serta wawasannya. Oleh karena itu kita harus dengan seksama membaca dan memahami isi dari penjelasan yang akan diberikan berikut ini.

Pengertian Stratifikasi Sosial, Jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial ialah pengelompokan anggota masyarakat kedalam sebuah lapisan-lapisan sosial secara bertingkat. Atau ada juga pengertian yang lainnya mengenai stratifikasi sosial yakni sebuah pengelompokan anggota masyarakat berdasarkan status yang dia miliki.

Stratifikasi sosial atau juga disebut dengan pelapisan sosial sudah dikenal saat manusia menjalankan sebuah kehidupan. Terbentuknya stratifikasi sosial yakni dari hasil kebiasaan manusia seperti berkomunikasi, berhubungan atau juga bersosialisasi dengan satu sama lainnya secara teratur atau juga tersusun, baik itu secara individual atau juga kelompok. Tetapi apapun wujudnya di dalam kehidupan bersama sangat memerlukan penataan dan juga organisasi, di dalam rangka penataan kepada kehidupan yang pada akhirnya akan terbentuk dengan sedikit-demi sedikit stratifikasi sosial.

Jenis-Jenis Stratifikasi Sosial

Selain dari penjelasan mengenai pengertian stratifikasi sosial ada pula jenis-jenis dari stratifikasi sosial yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Stratifikasi sosial tertutup atau pelapisan sosial tertutup
Stratifikasi tertutup ialah sebuah stratifikasi yang mana pada setiap anggota masyarakat tidak dapat pindah ke tingkat sosial yang lebih tinggi atau juga ke tingkat sosial yang lebih rendah.

2. Stratifikasi sosial terbuka atau pelapisan sosial terbuka
Stratifikasi sosial terbuka ialah sebuah sistem stratifikasi yang mana pada setiap anggota masyarakat dapat berpindah-pindah dari satu tingkatan ke satu tingkatan yang lainnya.

Fungsi Stratifikasi Sosial

Sudah dijelaskan mengenai pengertian dan juga jenisnya, dan untuk penjelasan yang berikutnya ialah sebuah penjelasan mengenai fungsi dari stratifikasi sosial yang akan di jelaskan berikut ini.

  1. Sebagai sebuah alat agar pendistribusian hak dan juga kewajiban misalkan seperti, menentukan kedudukan, jabatan, penghasilan seseorang dan yang lainnya.
  2. Supaya mempersatukan dengan pola mengkoordinasikan kepada bagian-bagian yang terdapat pada sebuah struktur sosial yang gunanya agar mencapai tujuan yang sudah di tentukan sebelumnya.
  3. Sebagai penempatan individu atau juga seseorang pada strata (lapisan) tertentu di dalam struktur sosial.
  4. Sebagai penentu tingkatan mudah ataupun tidak bertukar status serta kedudukan di dalam struktur sosial.
  5. Supaya memecahkan berbagai macam permasalahan yang ada di dalam masyarakat.
  6. Serta untuk mendorong masyarakat agar bergerak sesuai fungsinya.

Pengertian Stratifikasi Sosial, Jenis-Jenis Dan Fungsi Stratifikasi

Demikianlah penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Stratifikasi Sosial, Jenis dan Fungsinya (Lengkap), semoga penjelasan kali ini bisa membantu para pembaca mendapatkan informasi dan juga wawasan, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi