Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Kali ini mari kita membahas tentang Lembaga sosial. Mungkin dari kalian sudah sering mendengar apa itu lembaga sosial. Namun masih banyak dari kita yang belum memahaminya, disini kita akan membahasnya dengan lengkap.

Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Sebelum masuk ke ciri dan fungsi dari lembaga sosial mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari lembaga sosial.

Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian dari Lembaga sosial yaitu suatu lembaga yang sering disebut dengan lembaga kemasyarakatan yang mana memiliki peran penting dalam menjaga serta mengatur pola serangkaian tata cara maupun prosedur yang ada untuk digunakan dalam melakukan hubungan sosial dengan satu tujuan utama yaitu untuk menjaga keteraturan hidup bermasyarakat.

Tanpa kita sadari, bahwa sering kali kita melihat lembaga – lembaga sosial yang ada di sekitar lingkungan hidup kita. lembaga sosial yang terdapat pada lingkungan sekitar terbentuk atas adanya adat istiadat, norma, nilai-nilai, tata krama, serta masih ada unsur lain yang membangun adanya lembaga sosial.

Ciri-ciri Lembaga Sosial

Menurut Pendapat dari Gillin dalam karyanya yang berjudul General Features of Social Institutions, ciri-ciri umum dari lembaga sosial yaitu:

  • Suatu organisasi dengan pola-pola pemikiran serta pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas daru kemasyarakatan dan juga hasil-hasilnya. Lembaga sosial sendiri terdiri dari adat istiadat, tata kelakuan, serta kebiasaan-kebiasaan dan unsur-unsur dalam kebudayaan lainnya.
  • Suatu tingkat dalam kekekalan tertentu yakni ciri dari semua lembaga masyarakat. Sistem-sistem kepercayaan beserta aneka tindakan, baru yang akan menjadi bagian dari lembaga kemasyarakatan setelah melewati waktu yang cukup lama. Contohnya seperti, dalam suatu sistem pendidikan tertentu akan bisa diterapkan seluruhnya setelah mengalamai masa percobaan.
  • Lembaga sosial memiliki satu maupun beberapa tujuan tertentu. Mungkin tujuannya tidak sesuai atau sejalan dengan fungsi dari lembaga yang bersangkutan jika dipandang dari sudut kebudayaan secara keseluruhan.
  • Memiliki alat-alat serta perlengkapan yang dipergunakan agar dapat mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan, seperti halnya dalam bangunan, peralatan dan mesin. Bentuk dan penggunaan dari alat-alat tersebut umumnya berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lain.
  • Memiliki lambang yang mana bertujuan sebagai ciri khas dari lembaga kemasyarakatan. Lambang itu secara simbolis menggambarkan tujuan serta fungsi dari lembaga yang bersangkutan. Misalnya seperti, setiap angkatan bersenjata memiliki panji-panji, dan pada perguruan tinggi atau sekolah memiliki lambang masing-masing.
  • Terdapat tradisi tertulis serta tidak tertulis yang merumuskan tentang tujuannya, tata tertib yang berlaku dan lain sebgainya. Tradisi ini merupakan dasar bagi lembaga itu.
Baca Juga:  √ Macam-macam Tindakan Ekonomi Beserta Contohnya (Lengkap)

Lembaga sosial sendiri dibentuk oleh masyarakat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok manusia, yang mana pada dasarnya memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  • Memberikan pedoman terhadap anggota masyarakat bagaimana mereka untuk bertingkah laku maupun bersikap dalam menghadapi masalah-masalah yang ada dalam masyarakat yang bersangkutan.
  • Menjaga keutuhan terhadap masyarakat yang bersangkutan.
  • Berfungsi untuk memberi pegangan terhadap masyarakat guna mengadakan sistem pengendalian sosial (social control) yang artinya sistem pengawasan dari masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.

Fungsi Lembaga Sosial

Secara umum fungsi dari lembaga sosial bisa dibedakan menjadi dua bentuk yaitu:

Fungsi Manifes

Fungsi manifes (nyata) yaitu salah satu fungsi dalam lembaga sosial yang disadari serta menjadi harapan banyak orang. Contohnya pada lembaga keluarga yang mempunyai sebagai tempat sosialisasi serta internalisasi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Lembaga ekonomi mempunyai fungsi untuk mengatur sistem produksi, distribusi, serta konsumsi barang yang diperlukan oleh anggota masyarakat.

Fungsi laten

Fungsi laten yakni fungsi dari salah satu lembaga sosial yang tidak disadari serta bukan dari tujuan utama banyak orang. Dengan kata lain, fungsi laten yaitu sebuah fungsi yang tidak terlihat di permukaan serta tidak diharapkan masyarakat, namun ada. Contohnya yaitu dalam lembaga keluarga perkawinan yang mana dijadikan sebagai sarana untuk menutup rasa malu dari anggapan yang mengatakan bahwa orang yang tidak menikah berarti dianggap tidak laku. Dalam lembaga politik pemilu merupakan sarana yang bertujuan agar mendapat kekuasaan semata sebab dengan adanya keuasaan seseorang bisa menumpuk kekakayaan sebanyak-banyaknya.

Ciri-Ciri Dan Fungsi Lembaga Sosial

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Perlu diketahui, bahwa lembaga sosial sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang memiliki peran serta fungsinya masing–masing yang ada dalam kehidupan masyarakat. Beberapa jenis dari lembaga sosial yaitu diantaranya berikut :

1. Lembaga Edukasi / Pendidikan

Lembaga edukasi atau pendidikan yaitu suatu lembaga sosial yang berperan dalam memberikan sebuah pengetahuan serta pengalaman melalui suatu proses pendidikan mulai dari tingkat dasar dengan satu tujuan yaitu untuk meningkatkan kualitas sdm serta merubah perilaku individu kearah yang lebih baik.

2. Lembaga Ekonomi

Lembaga Ekonomi yaitu suatu lembaga sosial yang berperanan dalam aktivitas aktivitas yang ada dalam di bidang perekonomian.

Baca Juga:  Kerjasama Adalah : Pengertian, Bentuk dan Manfaatnya

3. Lembaga Kebudayaan

Lembaga budaya yakni suatu lembaga sosial yang mempunyai peran untuk menjaga serta mengembangkan kebudayaan, seni, lingkungan, dan juga keyakinan yang di miliki oleh masyarakat yang mana sebagai hasil dari cipta, karya, karsa masyarakat itu sendiri.

4. Lembaga Keagamaan

Lembaga keagamaan merupakan suatu lembaga sosial yang mengatur dalam bidabg kehidupan manusia dalam beragama, baik agama islam, hindu, budha, kristen, katolik, dan agama yang lain.

5. Lembaga Politik

Lembaga politik yakni suatu lembaga sosial yang mempunyai peran penting dalam menunjang serta keberlansungan dalam suatu proses pembentukan, pembagian kekuasan yang ada pada masyarakat sebagai proses dari pengambilan keputusan.

Lembaga politik sendiri beberapa fungsi lain seperti mengatur proses kegiatan politik, serta mewujudkna ketertiban yang ada dalam maupun di luar negeri, dan mengupayakan untuk menyejahterakan masyarakat secara umum

6. Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga yakni suatu lembaga sosial terkecil yang ada ditengah -tengah masyarkat. lembaga keluarga sendiri terbentuk dari adanya perkawinan dan hubungan darah.

Ada berbagai macam fungsi yang terdapat pada lembaga keluarga seperti fungsi ekonomi, fungsi proteksi, fungsi produksi, fungsi afeksi, fungsi pengawasan sosial, fungsi sosialisasi, dan fungsi pemberian status. Dari seluruh fungsi tersebut akan membantu keluargaatau/ rumah tangga dalam menjalani sebuah kehidupan yang bermasyarakat.

7. Lembaga Kesehatan

Lembaga kesehatan berorientasi terhadap pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menjadikan seluruh masyarakat agar bisa selalu sehat secara mental maupun fisik. Terkadang terdapat banyak dari aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan yang dilaksanakan oleh lembaga kesehatan ini secara cuma-cuma agar masyarakat menjadi sangat direspons dengan baik oleh masyarakat.

8. Lembaga Hukum

Lembaga hukum yaitu suatu lembaga yang mengatur mengenai tata tertib yang ada dalam masyarakat serta memberikan bantuan dalam bidang hukum untuk masyarakat yang membutuhkan. Sebab, tidak semua anggota masyarakat mengerti mengenai sebuah hukum dan apabila berhubungan dengan hukum yang selanjutnya mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada untuk siap membantu.

Inilah penjelasan mengenai Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang dijelaskan dengan lengkap dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih 🙂