Jenis Lembaga Pengendalian Sosial dan Penjelasannya (Lengkap)

Jenis Lembaga Pengendalian Sosial dan Penjelasannya (Lengkap) – Sebelumnya telah dibahas mengenai jenis-jenis pengendalian sosial dan pada kesempatan ini akan dibahas tentang jenis-jenis lembaganya.

Jenis Lembaga Pengendalian Sosial dan Penjelasannya (Lengkap)

Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

Lembaga Kepolisian

Merupakan lembaga utama dalam masyarakat, dimana polisi merupakan aparat yang resmi dari pemerintah untuk menjaga dan mentertibkan keamanan. Adapun tugas-tugasnya antara lain: untuk memelihara ketertiban masyarakat, menahan dan menjaga setiap anggota masyarakat dari kejahatan ataupun hal-hal yang meresahkan warga masyarakat.

Pengadilan

Pengadilan juga merupakan lembaga resmi yang dibentuk oleh pemerintah untuk menangani pelanggaran dan perselisihan dalam suatu masyarakat. Di pengadilan ada unsur-unsur yang saling berkaitan yakni jaksa, hakim dan pengacara.

Tokoh Adat

Merupakan pihak yang juga berperan dalam menegakkan aturan-aturan adat. Tokoh adat ini berperan snagat penting dalam pengendalian sosial, yakni mengendalikan dan membina setiap sikap & tingkah laku warga agar sesuai dengan ketentuan & aturan yang berlaku.

Tokoh Agama

Ini merupakan salah satu orang yang memiliki pemahaman yang luas tentang agama. Pengendalian sosial yang dilakukan oleh tokoh agama ini ialah ditujukan untuk menentang segala perbuatan yang melenceng aturan agama. Sehingga perlu memberikan nasehat-nasehat yang baik.

Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial Dan Penjelasannya

Tokoh Masyarakat

Ialah setiap orang yang memiliki pengaruh besar, disegani dan dihormati oleh warga masyarakat setempat karena pengetahuannya, kecakapannya, aktivitasnya yang dilakukan untuk masyarakat. Para tokoh dipandang mampu memberikan pengaruh kepada orang lain dan dapat mengendalikan masyarakatnya dari penyimpangan-penyimpangan.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Jenis Lembaga Pengendalian Sosial dan Penjelasannya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan kita dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Sekian dan terimakasih 🙂

Daftar Isi