Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial Dan Penjelasannya – Sebelumnya telah dibahas mengenai jenis-jenis pengendalian sosial dan pada kesempatan ini akan dibahas tentang jenis-jenis lembaganya. Berikut pembahasannya.

Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial

Lembaga Kepolisian – Merupakan lembaga utama dalam masyarakat, dimana polisi merupakan aparat yang resmi dari pemerintah untuk menjaga dan mentertibkan keamanan. Adapun tugas-tugasnya antara lain: untuk memelihara ketertiban masyarakat, menahan dan menjaga setiap anggota masyarakat dari kejahatan ataupun hal-hal yang meresahkan warga masyarakat.

Pengadilan – Pengadilan juga merupakan lembaga resmi yang dibentuk oleh pemerintah untuk menangani pelanggaran dan perselisihan dalam suatu masyarakat. Di pengadilan ada unsur-unsur yang saling berkaitan yakni jaksa, hakim dan pengacara.

Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial Dan Penjelasannya

Tokoh Adat – Merupakan pihak yang juga berperan dalam menegakkan aturan-aturan adat. Tokoh adat ini berperan snagat penting dalam pengendalian sosial, yakni mengendalikan dan membina setiap sikap & tingkah laku warga agar sesuai dengan ketentuan & aturan yang berlaku.

Loading...

Tokoh Agama – Ini merupakan salah satu orang yang memiliki pemahaman yang luas tentang agama. Pengendalian sosial yang dilakukan oleh tokoh agama ini ialah ditujukan untuk menentang segala perbuatan yang melenceng aturan agama dan memberikan nasehat-nasehat yang baik.

Tokoh Masyarakat – Ialah setiap orang yang memiliki pengaruh besar, disegani dan dihormati oleh warga masyarakat setempat karena pengetahuannya, kecakapannya, aktivitasnya yang dilakukan untuk masyarakat. Para tokoh dipandang mampu memberikan pengaruh kepada orang lain dan dapat mengendalikan masyarakatnya dari penyimpangan-penyimpangan.

Loading...

Demikian ulasan singkat tentang Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial Dan Penjelasannya, semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂

Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial Dan Penjelasannya
2 (40%) 1 vote