√ Pengertian Perpustakaan, Fungsi, Tujuan, Jenis & Perannya Lengkap

Pengertian Perpustakaan, Fungsi, Tujuan, Jenis & Perannya Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perpustakaan. Penjelasan yang meliputi pengertian perpustakaan, fungsi perpustakaan, tujuan perpustakaan, jenis perpustakaan dan peranan perpustakaan yang akan dibahas dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Perpustakaan, Fungsi, Tujuan, Jenis & Perannya Lengkap

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Perpustakaan

Perpustakaan merupakan suatu tempat untuk belajar, mencari dan mengembangkan informasi ataupun lembaga pendidikan, dan juga sebagai saranan edukatif dalam pendidikan yang dikelola sedemikian rupa. Pada perpustakaan berisi kumpulan buku baik yang dalam bentuk cetak ataupun buku digital yang dapat diakses dengan jaringan komputer.

Perpustakaan terdiri dari orang-orang yang berhubungan dengan dunia kepustakawaan yaitu pustakawan, kepustakaan, ilmu perpustakaan. Pustakawanan yaitu orang yang bekerja pada lembaga perpustakaan dan mempunyai pendidikan perpustakaan secara resmi. Kepustakaan yaitu suatu bahan acuan dalam menghasilkan/menyusun tulisan baik berupa artikel, karangan, buku, laporan, dan sejenisnya.

Ilmu Perpustakaan yaitu bidang ilmu yang mempelajari dan mengkaji hal yang berhubungan dengan perpustakaan dari segi organisasi koleksi, penyebaran dan pelestarian ilmu pengetahuan teknologi dan budaya serta jasa-jasa lainnya kepada masyarakat. Kepustakawanan yaitu hal yang berhubungan dengan usaha penerapan ilmu perpustakaan dan profesi kepustakawanan.

Secara tradisional perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi modern, perpustakaan dapat diartikan sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun, baik informasi yang disimpan dalam gedung perpustakaan atau tidak.

Fungsi Perpustakaan

Fungsi suatu perpustakaan adalah sebagai berikut:

Fungsi Penyimpanan

Dalam fungsi penyimpanan, perpustakaan menyimpan koleksi tetapi tidak semua koleksi bisa dijangkau oleh perpustakaan.

Fungsi Informasi

Dalam fungsi informasi, perpustakaan menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui buku, majalah dan sebagainya.

Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan artinya perpustakaan adalah tempat yang menyediakan sarana untuk belajar baik dilingkungan formal ataupun non formal.

Fungsi Rekreasi

Fungsi rekreasi artinya perpustakaan berisikan berbagai sumber informasi hiburan seperti cerita rakyat, puisi, dan lain sebagainya sehingga masyarakat bisa meningkati rekreasi kultural dengan membacanya.

Fungsi Kultural

Perpustakaan berfungsi untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat dengan berbagai aktivitas, contohnya pameran, bedah buku, seminar, pertunjukan dan lain sebagainya.

Dalam Ketentuan peraturan tahun 1980. Tugas pokok Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah menyelenggarakan pengumpulan, penyimpanan, serta pelestarian terbitan Indonesia sebagai khasanah kebudayaan serta menjamin pemeliharaan terbitan Indonesia. Maka fungsi Perpustakaan Nasional adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan, mengatur dan menyediakan karya tulisan yang diterbitkan di Indonesia
  • Menjadi pusat terbitan Indonesia, baik pemerintah ataupun swasta
  • Menentukan standar dari sistem, organisasi, pelayanan, dan mutu koleksi perpustakaan di Indonesia.
  • Menyelenggarakan kursus tingkat nasional untuk pegawai perpustakaan.
  • Memprakarsai kerjasama dengan lembaga di luar negeri, dalam pertukaran publikasi, peminjaman antar perpustakaan, penyusuan bibliografi dan pembuatan microfilm.
  • Menyusun dan menerbitkan bibliografi nasional
  • Menyusun katalog induk.

Tujuan Perpustakaan

Tujuan dari perpustakaan adalah dapat membantu masyarakat untuk semua umur. Maka tujuannya adalah agar:

  • Bisa mendidik dirinya sendiri secara berkesinambungan
  • Bisa tanggap dalam kemajian pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik
  • Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang membangun supaya menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik.
  • Bisa mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan bisa memakai kemampuannya supaya dapat menghargai seni dan budaya manusia.
  • Untuk peningkatan taraf hidup sehari-hari dan lapangan pekerjaan.
  • Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina rasa saling pengertian antar bangsa
  • Bisa memanfaatkan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat untuk kehidupan pribadi dan sosial

Jenis-Jenis Perpustakaan

Jenis-jenis perpustakaan menurut Sutarno NS (2006: 37) antara lain sebagai berikut:

  • Perpustakaan Nasional RI

    Perpustakaan Nasional yang bertempat di Jakarta mempunyai jangkauan dan ruang lingkup secara Nasional dan merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen yang bertanggung jawab kepada Presiden.

  • Badan Perpustakaan Daerah

    Badan perpustakaan daerah atau lembaga sejenis berkedudukan disetiap provinsi di Indonesia yang mengelola perpustakaan.

  • Perpustakaan Umum

    Adalah perpustakaan sebagai lembaga pendidikan untuk masyarakat umum.

  • Perpustakaan Perguruan Tinggi

    Adalah perpustakaan yang ada di Perguruan Tinggi, baik yang berbentuk Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, atau Institut. Fungsinya adalah untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Perpustakaan Sekolah

    Adalah perpustakaan yang ada di sekolah, yang dikelola sekolah dan fungsinya sebagai sarana untuk belajar mengajar, penelitian sederhana, menyediakan bahan bacaan dan tempat rekreasi.

  • Perpustakaan Khusus

    Adalah perpustakaan yang ada di lembaga pemerintahan dan swasta. Perpustakaan ini disediakan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan instansi induknya.

  • Perpustakaan Lembaga Keagamaan

    Adalah perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oleh lembaga agama.

  • Perpustakaan Internasional

    Adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi yang menyangkut negara anggota atau negara yang berafiliatsi dengan lembaga dunia tersebut. Dikelola dan diselenggarakan oleh lembaga internasional

  • Perpustakaan Kantor Perwakilan Negara Asing

    Adalah perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oleh lembaga perwakilan Negara masing-masing

  • Perpustakaan Pribadi/Keluarga

    Adalah perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oleh perseorangan atau orang tertentu dengan anggota keluarganya.

  • Perpustakaan Digital

    Adalah perpustakaan yang dikembankgn dalam sistem pengelolaan dan layanan perpustakaan.

Pengertian Perpustakaan, Fungsi, Tujuan, Jenis, Peran Perpustakaan

Peran Perpustakaan

Peranan perpustakaan adalah untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar. Suatu perpustakaan yang dikelola dengan baik dan sistematis, secara langsung atau tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar pada tempat perustakaan tersebut berada.
Perpustakaana dalah jantungnya dunia pendidikan karena berbagai macam informasi dapat kita peroleh lewat perpustakaan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Perpustakaan, Fungsi, Tujuan, Jenis & Perannya Lengkap, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi