Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran

Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran – Apa yang dimaksud dengan pameran atau exhibition? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Pameran dan hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran


Tujuan utama pameran adalah menyajikan suatu produk atau karya seni kepada khalayak ramai serta untuk mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan. Selain itu, adapun beberapa tujuan pameran adalah sebagai berikut:

  • Tujuan Komersial, Yaitu suatu aktivitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga para seniman dan  penyelenggara pameran memperoleh keuntungan.
  • Tujuan Kemanusiaan, Yaitu suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan pelestarian, pembinaan, nilai-nilai, serta pengembangan hasil karya seni budaya yang ada di masyarakat. Hasil penjualan karya dalam pameran disumbangkan untuk tujuan kemanusiaan, seperti korban bencana, panti asuhan, dan lainnya.
  • Tujuan Sosial, Kegiatan pameran untuk tujuan sosial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, hasil penjualan tiket maupun produk dalam pameran akan disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial.

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian pameran adalah suatu pertunjukan karya seni atau produk menarik lainnya yang diadakan di galeri seni, museum, atau di pameran perdagangan.

Pendapat lain mengatakan pengertian pameran adalah suatu kegiatan yang menyajikan karya seni atau produk tertentu untuk dikomunikasikan pada khalayak sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat secara luas.

Berikut adalah pengertian pameran menurut para ahli ,diantaranya adalah :

Wikipedia

Pameran adalah kegiatan untuk menyajikan karya visual sehingga dapat dihargai oleh masyarakat luas. Misalnya pertunjukan, pameran, seni dan pasar ekonomi, dll.

Adi Irwanto

Pameran adalah cara memajang karya seni dua dimensi atau tiga dimensi secara visual dan publik.

B. Myers

Pameran adalah kegiatan di mana karya seni seperti lukisan, cetakan, ukiran, foto atau karya seniman lainnya dipamerkan di sebuah ruangan.

M.Suharto

Pameran adalah media pemasaran kedua yang paling efektif dan menarik untuk dekorasi produk, yaitu masuk ke dalam peserta pameran yang menemukan berbagai jenis iklan kreatif yang menarik.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pameran adalah istilah yang berasal dari kata show dan berarti “show”. Atau secara etimologis dapat ditafsirkan untuk menunjukkan (menunjukkan) sesuatu yang mungkin dimiliki orang lain dengan maksud menunjukkan kekuatan atau keuntungan untuk dimegahkan.

Misalnya, dilakukan dalam pengembangan industri teknologi tinggi agar tidak diabaikan. Sedangkan untuk makna pameran, menurut KBBI itu adalah pameran (karya seni, produk manufaktur, dll).

Jefkins

Pameran merupakan satu-satunya media iklan yang dapat menyentuh kelima indera, termasuk mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit.

Galeri Nasional

Pameran adalah kegiatan yang dapat menghadirkan karya seni yang perlu dikomunikasikan sehingga dapat dihargai oleh masyarakat luas.

Timur Leorensi

Pameran ini mencakup semua kegiatan yang dapat dimaksudkan untuk mentransmisikan atau mengkomunikasikan suatu produk ke pasar sasaran, untuk memberikan informasi tentang properti, manfaat dan di atas semua tentang keberadaannya, untuk mengubah sikap atau mendorong orang untuk membelinya.

Evelina Lidia

Pameran yaitu sebuah event masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

Pameran merupakan salah satu sarana pemasaran yang efektif untuk suatu tujuan kampanye baik itu produk atau sosialisasi program suatu perusahaan serta suatu informasi akan keunggulan produk ke masyarakat, sekaligus sebagai upaya meningkatkan pada penetrasi pasar.


Fungsi Pameran

  • Meningkatkan suatu Apresiasi Seni.
  • Berkarya visual lewat sebuah karya seni.
  • Membangkitkan suatu motivasi bekarya seni.
  • Belajar untuk berorganisasi.
  • Penyegaran suatu kejenuhan belajar di kelas.

Manfaat Pameran

  • Membuka sebuah wawasan masyarakat menjadi lebih luas terhadap suatu kualitas sebuah karya seni dan produk-produk lain sehingga dapat mengulas lebih obyektif.
  • Menjadi tempat bagi masyarakat untuk dapat refreshing terutama dengan berbagai display karya seni hingga produk-produk lain yang terbaru.
  • Untuk para panitia penyelenggara, pameran yang dapat memberikan manfat melatih kekompakan dalam merencanakan, mewujudkan hingga menyelenggarakan suatu acara dengan baik.
  • Pameran juga bisa menjadi ajang untuk dapat memperkenalkan suatu karya seni hingga produk untuk dapat dinikmati hingga dibeli masyarakat.
  • Melatih suatu kerja sama antar panitia penyelenggara dalam melaksanakan suatu kegiatan yang sifatnya cukup besar dan membutuhkan kerja keras dalam menyukseskannya.

Jenis-Jenis Pameran

Berdasarkan Penyelenggaraannya

  • Pameran Periodik yaitu salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya sebulan sekali atau setahun sekali.
  • Pameran Insidental yaitu salah satu jenis daripameran yang diselenggarakan jika diperlukan, sehingga waktunya tidak bisa ditentukan.
  • Pameran Permanen yaitu salah satu jenis daripameran yang diadakan dengan tempat yang tetap dan dibuka dengan waktu yang telah ditentukan. Contohnya yaitu sebuah pameran di museum.
  • Pameran Rutin ialah sebuah pameran seni rupa yang dapat dilaksanakan pada tahap tertentu menurut konsisten dan berkepanjangan.

Berdasarkan Jumlah Pesertanya

  • Pameran Tunggal ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang hanya dilaksanakan secara personal.
  • Pameran Kelompok ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang dilaksanakan untuk beberapa budayawan.
  • Pemeran Retrospeksi ialah salah satu jenis dari pameran yang dapat menampilkan perjalanan seniman dalam berkarya biasanya dilakukan oleh perorangan.

Berdasarkan Studi

  • Pameran Seniman yaitu salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan oleh para seniman atau sekelompok seniman.
  • Pameran Kelas adalah salah satu jenis dari pameran yang dapat dilaksanakan setelah siswa selesai berkarya yang dihasilkan dari sekolah atau pada suatu mata pelajaran tertentu.
  • Pameran Sekolah yakni sebagai salah satu jenis dari pameran yang dapat diselenggarakan secara periodik yang biasanya digelar di kelas, aula sekolah, atau juga ruang kesenian.
  • Pameran Keliling ialah suatu pameran yang diselenggarakan jika diperlukan (pameran insidental) yang biasanya bertempat di luar sekolah atau juga tempat umum.

Berdasarkan Ragam Jenis Karya yang Digelar

  • Pameran Homogen yaitu salah satu jenis dari pameran seni rupa yang dapat memamerkan satu jenis karya seni rupa yang seragam.
  • Pameran Heterogen yaitu salah satu jenis dari pameran seni rupa yang memamerkan berbagai jenis karya seni rupa.

Berdasarkan Tempat Berlangsungnya

  • Pamaran Terbuka ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang aktif di luar ruangan secara tarbuka.
  • Pameran Tertutup ialah salah satu jenis dari pameran seni rupa yang aktif di dalam ruangan suatu gedung.
  • Pameran Bergerak ialah suatu pameran seni rupa yang dapat dilaksanakan memakai media yang bergerak, misalnya kendaraan.

Berdasarkan Tujuannya

  • Pameran Konvensi yaitu bertujuan untuk dapat memasukan keahlian, memperkenalkan suatu masalah, menambah ilmu pengetahuan dan terkadang secara keseluruhan. Contohnya saja yaitu partai politik, ahli bedah jantung umumnya dalam hal kedokteran dll.
  • Pamerang Dagang yakni tujuan utamanya ialah sebagai bisnis ke bisnis. Maksud dari ini ialah untuk dapat menyatukan mereka yang memiliki minat dalam memamerkan dengan pemerhati yang terdiri dari para pengunjung sebelumnya yang telah diseleksi terlebih dahulu.
  • Pameran Konsumen adalah salah satu jenis dari pameran yang lebih ditujukan bertujuan untuk masyarakat umum.

Berdasarkan Ciri Tampilannya

  • Pameran Umum dalam Ruangan (Public Indoor Exhibition) adalah salah satu jenis dari pameran yang biasa digelar di gedung-gedung khusus dengan tema bersifat umum contohnya saja yaitu pameran fashion, alat-alat reparasi, makanan, lokasi liburan atau wisata, dan perlengkapan berkebun dll.
  • Pameran Dagang atau Bisnis dalam Ruangan (Indoor Trade Exhibition) ialah suatu jenis pameran dalam ruangan yang fokus baik itu dengan sebuah kapasitas pengunjung yang diundang.
  • Gabungan Pameran Dagang dan Umum dalam Ruangan (Join Trade and Public Exhibition) yaitu suatu kegiatan pameran yang gelar untuk para pengunjung dari kalangan dunia usaha seperti pameran mobil.
  • Pameran Tertutup dalam Ruangan (Private Indoor Exhibition) yakni yang terdapat dalam ruangan yang lazimnya dapat diselenggarakan dengan satu sponsol saja yang umumnya diselenggarakan di hotel, perpustakaan, aula setempat, pusat pemukiman dan juga sebuah gedung milik perusahaan.
  • Pameran Bongkar Pasang (Portable Exhibitions) artinya yang mudah untuk dapat dibongkar pasang dan diangkut ke tempat dengan menggunakan suatu kendaraan yang dapat delenggarakan di tempat misalnya lobby hotel, perpustakaan, kompleks pertokoan dengan juga menyertakan sales girl promotion.
  • Pameran di Luar Ruangan (Outdoor Exhibition) adalah salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan di luar ruangan dengan produk atau karya tertentu misalnya saja pada mesin-mesin dan alat penerbangan mulai dari pesawat terbang dan perlengkapannya, alat-alat pertanian, dan agrikultural. Tidak hanya itu, terdapat suatu stand-stand pameran yang disedikana seperti pertunjukan olahraga dan pameran bunga.
  • Pameran Berpindah-Pindah (Travelling Exhibitions) merupakan suatu pameran yang dapat bergerak, berpindah-pindah atau berkeliling sehingga mudah untuk dapat dijumpai yang diangkut dengan mobil, bus, kereta api, kapal laut, karavan dan pesawat udara.
  • Pameran Konferensi yakni salah satu jenis dari pameran yang diselenggarakan pada konferensi tahunan secara bersamaan dan dapat dikunjungi sesudah sebuah konferensi.
  • Pameran Jendela (Window Exhibition) merupakan salah satu jenis pameran portabel, di mana jendela sebuah toko ini juga sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga lebih menarik perhatian dan mengundang orang untuk datang.

Pameran Sebagai Sarana Komunikasi

  • Pameran umum (public exhibition)
  • Pameran dagang (trade exhibition)
  • Pameran luar ruangan (outdoor exhibition)
  • Pameran terbatas (private exhibition)
  • Pameran keliling (mobile show)
  • Pameran kecil (small exhibition)
  • Pameran dagang luar negeri (overseas trade fairs)
  • Acara pekan belanja atau pekan promosi (shopping weeks)
  • Pameran jinjing (portable exhibition)
  • Pameran terbatas (private exhibition)
  • Ajang pamer khusus (special exhibition)

Unsur – Unsur Pameran

  • Karya-karya seni rupa yang akan juga dipamerkan.
  • Panel atau sketsel, standart display atau box, untuk dapat memajang karya seni yang akan dipamerkan.
  • Dekorasi, yaitu suatu perlengkapan untuk dapat menyajikan karya seni agar lebih indah.
  • Sound system, yaitu suatu sarana audio yang diperlukan untuk dapat menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung pameran.
  • Label karya, digunakan untuk dapat menulis identitas (judul, pencipta, teknik, dan tahun penciptaan) dan ditempel di dekat karya seni yang akan dipamerkan.
  • Katalog, yaitu sebuah lembaran petunjuk yang berisi penyelenggaraan pameran.
  • Buku tamu, yang diisi oleh para pengunjung pameran
  • Buku pesan atau kesan, digunakan untuk dapat mengetahui tanggapan pengunjung terhadap suatu karya yang dipamerkan.

Kelengkapan Pameran

  • Materi pameran yaitu suatu barang barang hasil karya seni yang dapat dipamerkan meliputi karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.
  • Meja dengan berisi alas meja (taplak) untuk dapat menempatkan barang-barang kerajinan tangan atau seni kriya.
  • Panil atau skutsel untuk dapat memasang gambar atau juga lukisan.
    Ruang pamer dengan ukuran yang cukup luas.
  • Katalog yaitu sebuah buku kecil yang memuat beberapa karya seni yang dapat dipamerkan yang dilengkapi judul karya, media, nama perupa, dan harga (bila dijual).
  • Kotak atau box untuk dapat menempatkan karya seni patung.
  • Tanaman hias atau pot bunga untuk sebuah dekorasi (tata ruang) agar terkesan alami dan segar.
  • Publikasi sebagai salah satu alat dan sarana informasi pada masyarakat luas.
  • Kelengkapan lain seperti pada buku tamu, buku pengunjung untuk dapat mengetahui kritik atau penilaian dari pengunjung terhadap pameran.

Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran

Prinsip–Prinsip Pameran

  • Prinsip Interaksi,Prinsip interaksi ialah salah satu prinsip yang harus berorientasi pada kepentingan penyelenggaraan dan pengunjung dalam penyelenggaraan sebuah pameran.
  • Prinsip Inisiatif,Prinsip inisiatif yaitu sebuah penyelenggaraan pameran yang mengambil suatu inisiatif serta menentukan langkah-lagkah yang sistematis dan juga terencana ke arah pendekatan khalayak ramai pada pameran yang sedang diselenggarakan.
  • Prinsip Repetisi,Prinsip repetisi yakni sebuah prinsip penyelenggaraan pameran yang dapat dilakukan secara berulang-ulang.
  • Prinsip lntegritas,Prinsip integritas merupakan salah satu dari prinsip yang dalam penyelenggaraan dapat menampilkan banyak koleksi pameran, contohnya saja pada pameran seni lukis, yang di dalamnya terdiri dari bermacam-macam aliran.
  • Prinsip Efisiensi,Prinsip eflsiensi yaitu suatu prinsip penyelenggaraan pameran dengan melakukan penulisan secara sistematis supaya tidak merepotkan penyelenggara dan pengunjung.Prinsip efisiensi ini dapat didukung oleh lingkungan yang indah dan menarik, cara penataan warna suara maupun komposisi materi pada pameran hingga tercipta suasana yang sangat menyenangkan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tujuan Pameran , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi