Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam pembahasan kali ini, Seputar Pengetahuan akan membahas secara singkat mengenai pengertian seni rupa dan jenis-jenis seni rupa itu sendiri. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian seni rupa terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa yaitu salah satu cabang seni yang mana membentuk sebuah karya seni, sebagai mana cara merealisasikannya ini diwujudkan dalam bentuk rupa yang terdiri atas unsur titik, garis, bidang, warna, tekstur, dan juga gelap terang. Salah satu bagian dari bentuk seni rupa yaitu dua/tiga dimensi sebab adanya panjang, lebar, dan ruang atau volume. Seni rupa juga termasuk dalam seluruh ungkapan perasaan manusia yang mana hal ini diwujudkan atau dituangkan melalui pengolahan media serta penataan elemen dan juga berbagai prinsip desain. Seni rupa sendiri bisa dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan, berikut adalah penjelasannya.

Seni rupa murni (fine art)

Seni rupa murni atau yang disebut juga dengan fine art yaitu seni rupa yang lebih mana menitikberatkan terhadap ekspresi jiwa seperti hasil karya lukisa atau lukisan. Karya seni rupa murni sendiri tercipta atas kebebasan tanpa adanya memperhitungkan sebuah fungsi maupun manfaatnya. Jadi, para seniman yang menciptakan karya seni dengan bebas serta mengekspresikan isi hati atau seluruh gagasannya. Karya seni jenis ini memiliki fungsi sebagai sarana fungsi yang individual. Contoh dari jenis karya seni rupa murni yaitu : seni grafik, lukis, seni patung dll.

Seni rupa terapan (applied art)

Seni rupa terapan atau disebut juga applied art yaitu  seni rupa yang mana proses pembuatannya ini mempunyai fungsi serta tujuan tertentu seperti seni kriya. Karya seni rupa terapan sendiri tak hanya mempertimbangkan unsur-unsur estetika saja namun diciptakan agar dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari karya seni rupa terapan yaitu: reklame, tata rias, kendaraan, seni bangunan, ilustrasi, seni kerajinan, seni taman, seni busana, batik dll. Karya seni terapan ini memiliki fungsi yaitu sebagai sarana yang fungsi sosial.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

1. Schopenhauer

Ia berpendapat bawha pengertian dari seni yaitu segala usaha dalam menciptakan suatu bentuk yang menyenangkan.

2. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara disini berpendapat bahwa seni yaitu suatu segala perbuatan manusia yang mana hal ini timbul berdasarkan sebuah perasaan serta sifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa sebuah perasaan pada manusia

Baca Juga:  Seni Kriya : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Unsur, Jenis Dan Contohnya

3. Aristoteles

Ia berpendapat bahwa seni yakni suatu peniruan pada alam namun disini memiliki sifat yang harus ideal.

4. Plato dan Rousseau

Mereka menjelaskan bahwa seni yaitu sebuah hasil dari peniruan alam dengan segala aspeknya.

5. Eric Ariyanto

Disini Eric Ariyanto berpendapat bahwa pengertian dari seni yaitu suatu kegiatan rohani maupun sebuah aktivitas batin yang mana hal ini di refleksikan pada sebuah karya yang dapat membangkitkan sebuah perasaanbagi orang yang melihat.

6. Drs Popo Iskandar

Beliau disini menjelaskan bahwa seni yaitu suatu hasil daru ungkapan emosi yang mana ingin di sampaikan terhdap orang lain pada sebuah kesadaran hidup yang bermasyarakat atau berkelompok.

7. Ahdian Karta Miharja

Disini beliau menjelaskan bahwa seni yaitu suatu kegiatan rohani yang mana hal ini mereflesikan suatu realitas pada sebuah karya yang bentuk serta isinya ini berfungsi untuk membangkitkan pada pengalaman tertentu terhadap rohani penerimanya.

8. Drs. Sudarmaji

Menurut pendapat belaiau bahwa seni yakni suatu segala yang manifestasi kan batin serta sebuah pengalaman yang estetis dengan memakai suatu media yang berupa bidang, garis,warna,tekstur,volume serta pada gelap terang.

9. Prof. Drs. Suwaji bastomi

Disini beliau berpendapat bahwa seni yaitu termasuk dalam suatu aktivitas batin yang mana pengalaman estetika dengan menyatakan dalam sebuah bentuk agung serta mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan rasa haru.

Berdasarkan dengan wujud & bentuknya, seni rupa sendiri terbagi atas dua yaitu seni rupa dua dimensi serta tiga dimensi. Yang mana pada seni rupa dua dimensi ini hanya mempunyai panjang dan lebar saja. Sedangkan pada seni rupa tiga dimensi ini mempunyai panjang, lebar serta ruang maupun volume.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Ada beberapa jenis seni rupa yaitu sebagai berikut.

  • Seni lukis: yaitu pengembangan terhdap penggambaran yang lebih lengkap serta lebih utuh.
  • Seni grafis: yaitu salah satu cabang seni yang mana disiini pembuatannya memakai alat maupun teknik cetak yang biasanya diatas kertas seperti pada poster dan sablon.
  • Seni kriya: yaitu termasuk dalam seni dua dimensi yang mana karya seni ini lebih menekankan dalam ketrampilan tangan misalnya pada  batik, hiasan dinding, parabot, keramik, dan lain sebagainya.
  • Seni ilustrasi: yaitu seni menggambar yang merupakan sebagai hasil visualisasi tehadap tulisan untuk menerangkan, menyampaikan, menghiasi atau untuk memudahkan pembaca dalam memahami suatu cerita, tulisan, atau informasi yang lain. Misalnya seperti pada komik & karikatur.
  • Seni patung: yaitu salah satu jenis seni rupa yang mana hasil karyanya ini berupa tiga dimensi. Pada umumnya hal ini dikerjakan dengan cara memahat atau casting (dengan memakai alat atau cetakan).
Baca Juga:  Tarian Daerah Terpopuler Di Indonesia

Fungsi Seni Rupa

  • Sebagai rasa pemuas batin oleh para seniman penciptanya maupun untuk mendapatkan kepuasan yang tersendiri.
  • Supaya memberikan nilai pada suatu keindahan yang mana dapat dinikmati secara luas dengan berdasarkan penilaian dalamsudut pandanh yang berbeda.
  • Sebagai sarana dalam menyampaikan sebuah nilai-nilai budaya serta ekspresi dari seniman.
  • Sebagai benda yang termasuk dalam kebutuhan sehari-hari maupun benda yang siap pakai.
  • Sebagai media untuk mengenang sebuah peristiwa
  • Sarana ritual pada sebuah keagamaan.

Pengertian Seni Rupa Dan Jenis-Jenisnya Terlengkap

Prinsip Seni Rupa

1. Kesatuan

Yaitu  prinsip yang menunjang agar seni rupa saling berpadu dengan yang lainnya sehingga hal ini dapat menghasilkan sebuah komposisi yang indah.

2. Keselarasan

Yaitu suatu kaitan antara kedekatan unsur yang mana dalam hal ini memiliki perbedaan dalam bentuk, pencahayaan, dan juga warna. Sehingga hal ini dapat menghasilkan suatu karya seni yang indah.

3. Penekanan

Merupakan prinsip yang dapat memberikan sebuah kesan perbedaan terhdap dua unsur yang mana kedua unsur tersebut saling berlawanan namun berdekatan.

4. Irama

yaitu prinsip yang mempunyai bentuk pengulangan pada satu unsur maupun lebih yang mana dilakukan secara teratur. Umumnya pengulangan terbut berbentuk garis, maupun variasi dari warna.

5. Gradasi

Yaitu susunan dari warna yang mana hal ini berdasar dengan tingkatan tertentu dalam sebuah karya seni. Dengan adanya gradasi nantinya akan membuat karya seni yang akan dihasilkan menjadi terasa lebih hidup.

6. Kesebandingan

Yang mana hal ini lebih mengacu pada keteraturan danserta kesesuaian terhadap karya seni rupa yang diciptakan. Pada dasarnya, ukuran pada unsur seni rupa ini mempunyai perbandingan secara proporsional.

7. Komposisi

Yang merupakan organisasi dari sebuah unsur seni yang mana pada penyusunannya ini dalam bentuk yang teratur, serasi, dan juga menarik.

8. Keseimbangan

Yaitu salah satu prinsip yang terdapat pada seni rupa yang mempunyai tanggung jawab dalam suatu kesan oleh unsur-unsur seni rupa. Yang mana hasil yang diciptakan ini akan menjadi suatu daya pikat terhadap penikmatnya.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap), semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. sekian terimakasih.