√ 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya

22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang seni lukis. Pembahasan yang meliputi pengertian seni lukis menurut para ahli, teknik lukis, unsur, alat dan bahan lukis, aliran dan contoh dari seni lukis yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dimengerti.

22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya

Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan lengkap berikut ini.

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

Berikut ini aadalah definisi dari seni lukis menurut ahlinya.

1. Hary Sulastianto

Pengertian seni lukis menurut Hary Sulastianto adalah cabang seni rupa murni yang berwujud dua dimensi, biasanya dilakukan diatas kanvas dengan menggunakan cat minyak atau cat aklirik.

2. Suwarso Wisetrotomo, M. Dwi Marianto Dan Endah Nawang N

Pengertian seni lukis menurut Suwarso Wisetrotomo, M. Dwi Marianto Dan Endah Nawang N adalah sebuah pengabdian gambar, perjalanan pengalaman hidup

3. Galeria Fasya Art Studio

Pengertian seni lukis menurut Galeria Fasya Art Studio adalah cabang atau bagian dari seni rupa dimana wujud dari lukis itu sendiri merupakan karya dua dimensi “dwi matra”, walaupun memiliki dasar pengertian yang sama dengan seni rupa, namun seni lukis memiliki arti yang lebih karena lukis merupakan sebuah pengembangan yang lebih utuh dari sekedar menggambar.

4. Ensiklopedia Nasional Indonesia (1991: 525)

Pengertian seni lukis menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia adalah berasal kata latin “ars” yang artinya keahlian mengekspresikan ide-ide dalam pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana yang mampu menimbulkan rasa indah.

5. Noryan Bahari

Pengertian seni lukis menurut Noryan Bahari adalah bahasa ungkapan pengalaman artistik dan ideologi seseorang.

6. Jim Supangat

Pengertian seni lukis menurut Jim Supangat adalah suatu upaya menegaskan kembali pengalaman masa lalu pada konteks sekarang.

7. Slamet Riyanto

Pengertian seni lukis menurut Slamet Riyanto adalah salah satu bagian dari ilmu desain grafis.

8. Aristoteles

Pengertian seni lukis menurut Aristoteles adalah sesuatu yang baik juga menyenangkan.

9. M. Adler

Pengertian seni lukis menurut M. Adler adlaah sebagai sesuatu yang memberikan kesenangan.

10. Myer (1962: 156)

Pengertian seni lukis menurut Myers adalah mengungkapkan nilai-nilai intelektual, emosional, simbolis, religius, dan nilai-nilai subyektif yang lain.

11. Cleaver (1966: 1-2)

Pengertian seni lukis menurut Cleaver adalah suatu obyek yang mempunyai kemampuan untuk mengungkapkan dan membangkitkan pengalaman dalam suatu disiplin.

12. Mayers (Dalam Sahman, 1993: 55)

Pengertian seni lukis menurut Mayers adalah yang ditinjau dari prose pembuatannya.

13. Herbert Read

Pengertian seni lukis menurut Herber Read adalah kegiatan rohani yang merefleksikan pada jasmani, dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan/jiwa.

14. Sudarmaji (1973: 9)

Pengertian seni lukis menurut Sudarmaji adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan media grafis, warna, tekstur, volume dan ruang.

15. Suyanto (2014)

Pengertian seni lukis menurut Suyanto adalah karya seni rupa yang dituangkan dalam bentuk lukisan hasil dari ekspresi jiwa seorang seniman.

16. Soni Ade Dan Imam. R

Pengertian seni lukis menurut Soni Ade dan Imam. R adalah kekuatan peradaban manusia, kekuatan budaya, karena dalam melakukan lukis kita dilatih untuk jeli, cermat dan teliti dalam mengamati berbagai fenomena alam dan kehidupannya.

17. Soedarso. Sp (1990: 11)

Pengertian seni lukis menurut Soedarso. Sp adalah cabang dari seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan melalui karya dua dimensional dimana unsur-unsur pokok dalam karya dua dimensional ialah garis dan warna.

18. Bastomi (1992: 8)

Pengertian seni lukis menurut Bastomi adalah hasil kreativitas penciptanya yang terwujud dalam bentuk kreasi dari hasil pengolahan yang kreatif dan salah satu sifat seni yang menonjol ialah kebaharuannya.

19. Soedarso. SP (Mike Susanto, 2002: 101)

Pengertian seni lukis menurut Soedarso. SP (Mike Susanto) adalah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya, pengalam batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya.

20. Thomas Munro (Mike Susanto, 2002: 101)

Pengertian seni lukis menurut Thomas Munro adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya

21. Sukaryono (1998: 7)

Pengertian seni lukis menurut Sukaryono adalah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seninman yang mengkomunikasikan.

22. Leo Tolstoy (Sumardjo, 2000: 62)

Pengertian seni lukis menurut Leo Tolstoy adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang alin agar mereka dapat merasaksan apa yang dirasakan pelukis.23.Wikipedia
Pengertian seni lukis menurut Wikipedia adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

Teknik Seni Lukis

Dalam seni lukis terdapat beberapa teknik yang dapat dijelaskan dibawah ini:

  • Teknik Aquarel
    Dalah teknik melukis dengan menggunakan media cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasil lukisan terlihat transparan.
  • Teknik Plakat
    Teknik plakat adalah teknik melukis menggunakan cat air, cat aklirik, atau cat minyak dengan sapuan tebal dan komposisi yang tebal sehingga hasilnya ada kesan yang colorful.
  • Teknik Spray
    Teknik spray adalah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Lukisan yang dihasilkan dari teknik ini lebih halus dan tampak lebih visual.
  • Teknik Pointilis
    Teknik pointilis adalah teknik melukis dengan menggunakan titik-titik dengan tujuan hasil lukisan yang menawan.
  • Teknik Tempera
    Teknik tempera adalah teknik lukis dengan memakai kuning telur dalam cat sebagai bahan perekatnya. Media lukis yang dipakai biasanya kayu, kanvas, ataupun tembok.
  • Teknik Basah
    Teknik basah adalah teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan minyak cat atau linseed oil.
  • Teknik Kering
    Teknik kering adalah teknik melukis denan menggunakan cat minyak tanpa minyak cat.
  • Teknik Campuran
    Teknik campuran adalah teknik melukis yang memadukan antara teknik basah dan teknik kering. Prosesnya dimulai dengan menggunakan teknik kerint terlebih dahulu lalu dilanjutkan teknik basah dengan cara memblok warna sambil menambahkan intensitas minyak cat secara perlahan hingga lukisan selesai.

Unsur-Unsur Seni Lukis

Dalam seni lukis terdapat 2 unsur yaitu:

Unsur Visual

Unsur visual terdiri dari:

  • Garis (line)
  • Bidang (field)
  • Ruang (space
  • Warna (color)

Unsur Non Visual

Undur non visual terdiri dari:

  • Imajinasi
  • Pandangan hidup dan pengalaman
  • Konsep
  • Sikap estetik dan artistik

Alat Dan Bahan Seni Lukis

Dalam seni lukis berikut ini adalah alat dan bahan yang digunakan:

Alat

Alat yang dipakai dalam melukis adalah:

  • Kuas
  • Palet
  • Alat pembersih kuas
  • Pisau palet
  • Easel (penjepit kanvas)

Bahan

Bahan yang dipakai dalam melukis yaitu cat atau tinta. Cat terdiri dari cat air, cat minyak, cat poster, cat aklikrik, cat tekstil, dan tinta bak. Dapat pula menggunakan pensil warna atau pastel/crayon. Dan media yang digunakan dalam melukis adalah kertas, kanvas, dinding, tembok atau yang lainnya.

Aliran-Aliran Seni Lukis

Berikut ini adalah aliran yang ada dalam seni lukis, yaitu:

  • Aliran Naturalisme
    Naturalisme merupakan aliran seni lukis yang berusaha menampilkan lukisan objek yang sama persis dengan keadaan alam. Tokoh yang mengikuti aliran ini: Raden Saleh, Basuk Abdullah, Gambir Anom, Abdullah Sudrio Subroto, Frans Hall dan Wiliam Hogart
  • Aliran Realisme
    Realisme merupakan aliran seni lukis yang dalam melukis sesuai dengan keadaan yang nyata atau benar-benar ada. Tokoh yang mengikuti: Fransisco de Goya, Gustove Corbert
  • Aliran Romantisme
    Romantisme adalah aliran dalam seni lukis yang menampilkan nilai-nilai indah, irasionak, fantastik dan absurd serta biasanya menceritakan kisah romantis atau dramatis. Tokoh yang menganut: Raden Saleh, Gerriwult
  • Aliran Ekspresionisme
    Ekspresionisme adalah aliran seni lukis yang mengutamakan curahan pelukisnya secara bebas baik dari batin, imajinasi atau perasaan. Tokoh yang menganut diantaranya: Popo Iskandar, Paul Gaugiuin, Vincent Van Gogh dll
  • Aliran Impresionisme
    Impresionisme adalah aliran seni lukis yang lebih mengutamakan kesan selintas pada suatu objek yang dilukiskan. Tokoh yang menganut antar lain: Casmile Pissaro, Claude Monet, Aguste Renoir, Sisley dll.
  • Aliran Kubisme
    Kubisme adalah aliran seni lukis yang berusaha menampilkan objek dalam bentuk geometri tertentu untuk mendapatkan nilai seni rupa dan sensasi. Tokoh yang menganut diantaranya: Pablo Picasso, Gezanne, Metzinger, Albert Glazes, Braque dll
  • Aliran Fauvisme
    Tokoh yang menganut diantaranya: Andre Dirrain, Henry Matisse, Rauol Dufi, Maurice de Vlamink
  • Aliran Dadaisme
    Tokoh yang menganut diantataranya: Max Ernst, Juan Gross, Marcell Duchamp, Hans Arp dan Picabia
  • Aliran Futurisme
    Tokoh yang menganut diantaranya: Saverini, Umberto, Carlo Cara, Gioccomo Ballad, Ruigi Russalo
  • Aliran Surealisme
    Tokoh yang menganut antara lain: Alvador Dari Darl Andre Masson, Joan Miro, Sudiardjo, Amang Rahman
  • Aliran Konstruktivisme
    Tokoh yang menganut diantaranya: Laszlo Moholy-nagy, Victor Pasmore, Liubov Popova, Oscar Shlemmer
  • Aliran Post Post Modern Atau Kontemporer
    Tokoh yang menganut antara lain: Sprinka, Jim Nyoman Nuarta, Supankat, Angelina P
  • Aliran Popular Art atau Pop Art
    Tokoh yang menganut antara lain: George Segal, Tom Wasselman, Claes Oldenburg, Yoseph Benys
  • Aliran Abstraksionisme
    Tokoh yang menganut antara lain: Wassily Kadisky dan Naum Goba
  • Neo Klasik
    Tokoh yang menganut antara lain: Jean August Dominique Ingres

Contoh Seni Lukis
23 Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran Dan Contoh Seni Lukis

23 Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran Dan Contoh Seni Lukis

Demikianlah tadi telah dijelaskan tentang 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi