√ Pengertian Seni Abstrak, Ciri dan Sejarahnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Seni Abstrak, Ciri dan Sejarahnya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Seni Abstrak. Yang meliputi pengertian, sejarah dan ciri-ciri seni abstrak dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Seni Abstrak, Ciri dan Sejarahnya (Bahas Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Seni Abstrak

Seni abstrak atau disebut juga seni tanpa wujud merupakan satu dari beberapa jenis kesenian kontemporer yang tidak menunjukkan objek dalam dunia asli, tetapi memakai warna dan bentuk dalam cara-cara non representasional.

Sedangkan lukisan abstrak adalah bentuk imajinasi seni yang diproses oleh seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya menjadikan bentuk dari wujudnya menjadi unik, dimana dari lukisan abstrak tersebut sendiri tidak dikenali meskipun ditemukan dalam alam nyata.

Lukisan abstrak menggambarkan suatu wujud yang tidak realistis atau natural yang tidak menampilkan rupa yang dikenali sebagai rupa benda atau objek yang bisa dilihat dalam kenyataan sehari-hari.

Sejarah Seni Abstrak

Secara sejarahnya, seni lukisan abstrak sangat dekat hubungannya dengan gambar. Peninggalan-peningalan prasejarah menunjukkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia sudah mulai menciptakan gambar di dinding-dinding gua untuk memberi citra bagian-bagian penting dari kehidupan mereka.

Semua kebudayaan di dunia mengenal seni lukis. Ini karena lukisan abstrak atau gambar sangat mudah dibuat. Suatu lukisan atau gambar dapat dibuat hanya dengan memakai materi yang sederhana seperti arang, kapur atau bahan lainnya.

Salah satu cara terkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang ggua adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua, kemudian menyemburkan dengan kunyahan daun-daunan atau batu mineral berwarna.

Di awal perkembangan seni lukis sangat erat dengan perkembangan peradaban manusia mulai dari sistem bahasa, cara bertahan hidup (seperti memulung, berburu, dan memasang perangkap, bercocok tanam) dan kepercayaan merupakan hal-hal yang mempengaruhi perkembangan seni lukisan.

Pengaruh diatas terlihat dari jenis objek, pencitraan dan narasi di dalamnya. Pada masa tersebut seni lukis mempunyai manfaat khusus, seperti sebagai media pencatat.

Orang-orang di masa prasejarah mengisi waktu senggang mereka dengan menggambar dan melukis, cara komunikasi dengan memanfaatkan gambar di akhirnya merangsang terbentuknya sistem tulisan karena huruf sebenarnya bersumber dari simbol-simbol gambar yang selanjutnya disederhanakan dan dibakukan.

Di satu titik ada orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih menghabiskan waktu untuk menggambar dibadning mencari makanan. Mereka mulai ahli membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu apabil adibuat sedemikian rupa akan terlihat lebih menarik untuk dilihat dibanding biasa saja.

Mereka mulai menemukan cita rasa keindahan dalam aktivitasnya dan terus melakukan hal tersebut menjadikan mereka semakin ahli.

Pengertian Seni Abstrak, Sejarah, Ciri-Ciri

Ciri-Ciri Seni Abstrak

Satu diantara ciri-ciri seni abstrak adalah dimana bentuknya tidak pernah dikenali, bentuknya abstrak tidak berhubungan dengan bentuk apapun yang pernah dilihat, namun jika diamati akan terlihat seperti sesuatu.

Warna dan bentuk serta bahan tambahan lain dalam melukis abstrak adalah subjek lukisan abstrak untuk terlihat lebih unik. Dalam pembuatannya, lukisan abstrak cukup peka dalam komposisi warna dan lebih banyak memakai cat air.

Seni abstrak yang lebih banyak cairan juga pada umumnya dikategorikan dengan seni abstrak adalah abstrak figuratif dan lukisan yang merupakan hal yang tidak visual seperti emosi, suara, atau pengalaman spiritual.

Abstraksi figuratif merupakan abstraksi atau penyederhanaa realitas, yang mana di bahagian terperinci dihilangkan dari objek dikenalinya menyisakan esensi atau beberapa derajat bentuk dikenali.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Seni Abstrak, Ciri dan Sejarahnya (Bahas Lengkap). Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi