Representatif Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Proses Terjadinya

Representatif Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Proses Terjadinya – Apa yang dimaksud Representatif ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu Representatif dan unsur -unsur lain yang melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Representatif Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Proses Terjadinya


Representatif menurut kamus besar bahasa Indonesia memiliki makna (kompeten, tepat) untuk mewakili, sesuai fungsinya sebagai representatif. Pemahaman yang representatif tentang seni visual adalah karya seni yang menggambarkan keadaan alam dan kehidupan masyarakatnya. Seni representatif adalah karya seni yang menggunakan sifat dan kehidupan masyarakat sekitar sebagai objek gambarnya.

Representatif merupakan suatu bentuk kata, gambar, sekuen, cerita dan sebagainya yang mewakili ide, emosi, fakta dan sebagainya. Representasi memiliki ketergantungan pada tanda dan juga citra yang ada dan dipahami secara cultural, dalam pelajaran bahasa, pesan dan penandaan yang bermacam-macam ataupun juga secara sistem tekstual yang sifatnya timbal balik. Atau lebih tepatnya representatif berkaitan dengan mewakili atau perwakilan.

Sedangkan pengertian representatif dalam seni budaya adalah suatu gaya seni adalah suatu gaya seni yang menggambarkan atau mendeskripsikan suatu keadaan nyata terjadi dalam kehidupan masyarakat sekarang ini.

Representatif bukanlah suatu kegiatan melainkan proses dinamis yang terus berkembang seiring dengan adanya kemampuan intelektual dan juga kebutuhan pengguna tanda yaitu manusia yang terus mengalami aktivitas gerak dan juga dinamis atau berubah.

Representatif adalah istilah umum digunakan atau merujuk pada kata representatif misalnya, kata yang menggunakan perwakilan adalah, dengan kata lain, pengertian kantor perwakilan adalah kantor cabang atau perwakilan yang merupakan perwakilan dari kantor pusat.

Pemahaman representatif dapat diartikan sebagai seni yang merepresentasikan situasi nyata atau terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini.

Berikut adalah Pengertian Representatif Menurut Para Ahli diantaranya sebagai berikut :

Marcel Danesi

Menurut Marcel Danesi, representasi adalah proses merekam ide, pengetahuan atau pesan dalam berbagai macam cara fisik, yang disebut representasi.

Cris Barker

Menurut Cris Barker, Representatif adalah studi utama studi budaya, studi budaya, yang berfokus pada seperti apa makna proses representasi itu sendiri. Tujuan representasi sebagai studi budaya adalah makna representatif yang memiliki karakter material yang tertanam dalam suara, tulisan, objek, dan program televisi.

Stuart Hall

Menurut Stuart Hall, Representatif adalah salah satu praktik memproduksi budaya.

Eriyanto

Menurut Eriyanto, Representatif mengacu pada seseorang, kelompok, ide atau pendapat tertentu dalam berita.

David Croteau dan William Hoyens

Menurut David Croteau dan William Hoyens, Representatif adalah hasil dari proses seleksi yang menekankan hal-hal tertentu dan hal-hal lain yang diabaikan.

Goldin

Menurut Goldin, Representatif adalah konfigurasi yang mampu menggambarkan, mewakili, atau melambangkan sesuatu dengan cara tertentu.

Jones & Knuth

Menurut Jones & Knuth, Representatif adalah model atau pengganti untuk situasi masalah atau aspek dari situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi. misalnya, masalah dan dapat direpresentasikan dalam bentuk objek, gambar, simbol matematika, dan kata-kata Word.

Parmentier dalam Ludlow

Menurut Parmentier dalam Ludlow, Representatif adalah kegiatan atau hubungan yang dalam satu kasus mewakili hal lain yang mencapai tingkat tertentu untuk tujuan tertentu dan yang kedua melalui subjek atau interpretasi pikiran.

Steffe dkk

Menurut Steffe dkk Representatif adalah proses perkembangan mental yang dimiliki oleh seseorang yang telah ditunjukkan dan divisualisasikan dalam model matematika, seperti kata-kata, gambar, objek konkret, tabel, model manipulatif, atau kombinasi dari keseluruhan.

Representatif Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Proses Terjadinya

Jenis-jenis Representatif

Dalam seni rupa representatif, terdapat beberapa gaya seninya. Setiap gaya menciptakan gambar yang berbeda. Yang berikut ini termasuk dalam kelompok gaya representatif:

Realisme

Memahami realisme merupakan aliran seni  melihat dunia tanpa ilusi, maka deskripsi dalam lukisannya bertepatan dengan keadaan aslinya. Ini konsisten dengan pemahaman perwakilan. Seniman yang menerapkan gaya representatif realisme menggambar di media lukisan sesuai dengan kenyataan. Seniman menggunakan gaya realisme termasuk Tarmizi, Dullah, Wardoyo, Trubus, S. Sudjono dan lainnya.

Romantisme

Romantisme merupakan aliran dalam seni lukisan memiliki karakter imajiner. Karya-karya dalam lukisan romantis menunjukkan peristiwa kuat, kisah romantis atau dapat menggambarkan situasi yang dramatis. Para pelukis gaya ini adalah Turner, Raden Saleh dan Francisco Goya.

Naturalisme

Naturalisme adalah aliran seni visual, yang dalam representasi lukisan dapat disebut alami atau realistis. Pelukis yang terpesona oleh naturalisme menggambar objek sesuai dengan kondisi aslinya. Para pelukis yang menggunakan gaya naturalisme, yaitu Constabel, William Bliss Baker, Abdullah, Rubens, Wakidi, Abdullah Suryobroto, Mas Pringadi dan banyak pelukis lainnya.


Proses Terjadinya Representatif

Berikut ini merupakan proses terjadinya representatif diantaranya adalah sebagai berikut:

Realitas

Secara bahasa tulis, realitas dapat berarti dokumen wawancara transkrip dan sebagainya. Sementara di TV, misalnya, perilaku, make-up, gerakan, pakaian, dan bahkan bahasa.

Representasi

Representasi adalah elemen yang ditunjuk secara teknis. Dalam hal ini, bahasa tertulis dapat berupa kata-kata, frasa, grafik, kalimat, foto, dan keterangan, misalnya. Di TV, yaitu kamera, musik, pencahayaan, dan sebagainya. Elemen akan ditransfer ke kode representasi yang dimasukkan, termasuk jenis objek. Dijelaskan dalam bentuk karakter, narasi, dialog dan sikap dan sebagainya.

Ideologi

Semua elemen terorganisir dalam kode koherensi dan ideologis, misalnya individualisme, sosialisme, kelas, materialisme, liberalisme, patriarki, ras, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Representatif semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi