√ Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Sejarah, Ciri, Macam & Contohnya

Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Sejarah, Ciri, Macam & Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang seni rupa kontemporer. Yang meliputi pengertian seni rupa kontemporer, sejarah seni rupa kontemporer, ciri-ciri seni rupa kontemporer dan contoh seni rupa kontemporer dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Sejarah, Ciri, Macam & Contohnya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Seni Rupa Kontemporer

Sebelum mengetahui pengertian seni rupa kontemporer, sebainya kita tahu arti dari seni rupa. Seni rupa merupakan suatu cabang seni yang membuat suatu karya seni dengan media yang bisa dilihat dengan mata, dan bisa dirasakan dengan rabaan. Kesan itu dibuat dengan pengolahan unsur seperti titik, garis, bidang, warna, tekstur dan juga cahaya. Terdapat beragaman aliran seni rupa, salah satunya adalah karya seni rupa kontemporer atau karya seni rupa moderm.

Seni rupa kontemporer yaitu perkembangan karya seni yang dipengaruhi oleh modernisasi. Dari bahasanya kontemporer artinya kekinian. Pengeritan seni rupa kontemporer yakni cabang seni yang tidak terpaku dengan aturan (pakem) atau aturan-aturan kuno.

Sejarah Seni Rupa Kontemporer Di Indonesia

Seni kontemporer merukapan perkembangan seni yang terpengaruh dari modernisasi dan dipakai sebagai istilah yang umum sejak istilah Contemporary Art yang berkembang di negara-negara barat yang merupakan produsen seni yang pembuatannya ketika Perang Dunia II dimulai.

Istilah ini di Indonesia berkembang beriringan dengan semakin banyaknya teknik dan medium yang dimanfaatkan untuk produksi suatu karya seni, juga karena sudah menjadi suatu percampuran atanra praktik dari disiplin yang berbeda, pilihan artistik, dan pilihan presentasi karya yang tidak terpaku dengan batas-batas ruang dan waktu.

Penafsiran yang berbeda tentang praktik seni kontemporer di Indonesia adalah: Dihilangkannya pemisah antar berbagai kecenderungan artistik, penandanya dengan meleburnya batas-batas antara seni rupa, teatrer, tari dan musik. Terjadinya intervensi terhadap disiplin ilmu sains dan sosial, utamanya yang dicetuskan sebagai pengetahuan populer atau pemanfaatan teknologi yang terbarukan.

Istilah ini sering dianggap dapat menyertai sebutan seni visual, musik, tari, dan teater. Walaupun Di negara-negara barat, istilah Contemporary Art lazim dipakai untuk menyebut praktik seni visual sesuati dengan kebutuhan aktivitas museum ataupun lembaga pencetus nilai seperti galeri seni dan balai lelang.

Dalam seni rupa Indonesia, istilah kontemporer keluar pada sekitar tahun 70-an. Tokoh yang awalnya memakai istilah kontemporer adlah Gregorius Sidharta, beliau memakai istilah ini untuk sebuah judul pameran seni patungnya.

Dari waktu itu, istilah kontemporer seringkali digunakan dalam karya seni yang perkembangannya dengan pembaharuan. Tokoh yang memakai istilah kontemporer ini antara lain Christo, Saptoadi Nugroho, Jim Supangkat, Dadang Christianto, FX. Harsono, Heri Dono, Eddie Hara, Tisna Sanjaya, AGus Suwage, Nindityo, Arahmaiani, Tita Rubi, Mella Jaarsma dan lainnya. Tokoh-tokoh tersebut tergabung dalam gerakan Seni Rupa Baru Indonesia.

Ciri-Ciri Seni Rupa Kontemporer

Ciri-ciri dari seni rupa kontemporer adalah sebagai berikut:

  • Tidak terpaku dengan aturan atau pakem seni rupa zaman dahulu
  • Perkembangannya sesuai dengan zaman
  • Tidak ada pemisah antara berbagai disiplin seni
  • Batas antar seni lukis jadi melebur, seni patung, seni grafis, anarki, omong kosong sampai aksi politik.
  • Memiliki gairah dan nafsu moralistik
  • Peminatnya cenderung media massa
  • Biasanya dijadikan komoditas pewacanaan

Macam-Macam Seni Rupa Kontemporer

Seni rupa kontemporer bukan saja merujuk pada seni rupa patung, seni lukis yang memakai aliran baru, tetapi juga menggunakan istilah kontemporer sebagai wujud ide dan pembaharuan yang diangkat. Seiring berkembangnya zaman, seni rupa kontemporer juga menyebabkan munculnya beragaman jenis seni baru yang seperti seni lingkungan, seni pertunjukan, seni video, seni arsitektur dan seni fotografi.

Contoh Karya Seni Rupa Kontemporer

Berikut ini kami sertakan beberapa contoh karya seni rupa kontemporer, yaitu:

Contoh Seni Rupa Kontemporer

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Seni Rupa Kontemporer, Sejarah, Ciri, Macam & Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimkasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi