√ Pengertian Film, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Unsurnya (Lengkap)

Pengertian Film, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Unsurnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang film. Yang meliputi pengertian film, sejarah, fungis film, jenis-jenis film, unsur-unsur film yang dibahas dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Film, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Unsurnya (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Film

Secara berdasarkan kata, film (cinema) asalnya dari kata cinematographie yang memiliki arti cinema (gerak), tho atau phytos (cahaya) dan graphie atau grhap (tulisan, gambar, citra). Sehingga bisa diartikan Film merupakan mewujudkan gerak dengan cahaya. Mewujudkan atau Melukis gerak dengan cahaya tersebut menggunakan alat khusus, seringkali alat yang digunakan adalah kamera.

Definisi lain dari film yakni, Film merupakan hasil cipta karya seni yang memiliki kelengkapan dari beberapa unsur seni untuk melengkapi kebutuhan yang sifatnya spiritual. Unsur seni yang ada dan menujang sebuah film antara lain seni rupa, seni fotografi, seni arsitektur, seni tari, seni puisi sastra, seni teater, seni musik, seni pantonim dan juga novel.

Pengertian Film Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari film menurut ahlinya.

Effendi (1986:239)

Pengertian Film menurut Effendi adalah hasil budaya dan alat ekspresi kesenian. Film sebagai komunikasi massa merupakan gabungan dari berbagai teknologi seperti fotografi dan rekaman suara, kesenian baik seni rupa dan seni teater sastra dan arsitektur serta seni musik.

Kridalaksana (1984:32)

Pengertan film menurut Kridalaksana adalah:

  • Lembaran tipis, bening, mudah lentur yang dilapisi dengan lapisan antihalo, dipergunakan untuk keperluan fotografi.
  • Alat media massa yang memiliki sifat lihat dengar (audio visual) dan dapat mencapai khalayak yang banyak.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian film menurut KBBi adalah selaput tipis yang dibuat dari seluloid untuk tempat gambar negatif (yang akan dibuat potret) atau untuk tempat gambar positif (yang akan dimainkan di bioskop).

Sejarah Film

Film diciptakan pada tahun 1805 oleh Lumiere Brothers. Selanjutnya pada tahun 1899, George Melies mengawali menampilkan film dengan gaya editing yang judulnya “Trip To The Moon”. Pada tahun 1902, Edwin Peter memproduksi film yang judulnya “Life Of In American Fireman”

Di negara Indonesia, film pernah berjaya pada sekitar era 70-an hingga 80-an atau lebih tepatnya sebelum masuknya Broadcast-Broadcast TV tahun 1988 (RCTI). Masyarakat sangat menerima dalam menanggapi film yang ada di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan kualitas dari film tersebut yang dapat memenuhi kebutuhan priskologi dan spiritual masyarakat Indonesia.

Di Indonesia, bioskop muncul pertam kali di Batavia (Jakarta), lebih tepatnya di Tanah Abang Kebon Jahe, pada tanggal 5 Desember 1900. Namun, kehadiran bioskop ini tidak dapat dikatakan sebagai tonggak awal sejarah film Indonesia. Karena film ketika itu masih impor dari luar negeri.

Film cerita awalnya yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di Bandung pada tahun 1926. Film itu berjudul “Loetoeng Kasaroeng”, film ini bisa disebut sebagai acuan tonggak sejarah perfilman Indonesia. Kesuksesan produksi film tersebut tidak terlepas dari terlibatnya bupati Bandung Wiranatakusumah V.

Fungsi Film

Seringkali film ditontoh untuk menjadi hiburan. Tetapi fungsi sebenarnya dalam film antara lain fungsi informatif, edukatif, dan juga persuasif. Film nasional fungsinya sebagai media edukatif untuk sebagai pembinaan generasi muda dalam rangka nation and character building.

Jenis-Jenis Film

Jenis-jenis dari film adalah sebagai berikut:

  • Film Cerita

    Film cerita (story film) merupakan jenis film yang didalamnya terkandung cerita yang sudah umum dipertontonkan di gedung bioskop dengan aktor atau aktris terkenal dan didistribusikan sebagai barang dagangan. Cerita yang ditonjolkan menjadi topik film dapat berbentuk cerita fiktif atau didasarkan kisah nyata yang dimodifikasi, sehingga mempunyai unsur menarik, lebih baik jalan certianya atupun segi artistiknya.

  • Film Berita

    Film berita (newsreel) merupakan jenis film tentang fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi. Karena sifatnya berita maka film ini disajdikan kepada umum harus mengandung nilai berita. Kriterian berita tersebut yaitu penting dan menarik.

  • Film Dokumenter

    Robert Flaherty, Film dokumenter yaitu karya ciptaan tentang kenyataan (creative treatment of actuality) tidak sama dengan film berita yang merupakan rekaman kenyataan, maka film dokumenter yakni hasil interpretasi pribadi (pembuatnya tentang kenyataan tersebut).

  • Film Kartun

    Film kartun (cartoon film) diproduksi untuk anak-anak. Tokoh film kartun yang sangat terkenal adalah donald bebek (donald duck), Putri Salju (Snow White), Miki Tikus (Mickey Mouse) yang dibuat oleh seniman Amerita Serikat Walt Disney.

Pengertian Film, Sejarah, Fungsi, Jenis-Jenis, Unsur

Unsur-Unsur Film

Unsur-unsur dari film adalah sebagai berikut:

  • Produser
  • Sutradara
  • Penulis Skenario
  • Penata Kamera (Kameramen)
  • Penata Artistik  (Art Director)
  • Penata Musik
  • Editor
  • Pengisi dan penata suara
  • Pemeran (aktris dan aktor)

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Film, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Unsurnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi