Pengertian Paragraf Narasi, Ciri-Ciri, Cara Membuat, Jenis, Contoh Terlengkap

Loading...

Pengertian Paragraf Narasi, Ciri-Ciri, Cara Membuat, Jenis, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang paragraf Narasi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, cara membuat, jenis-jenis dan contoh paragraf narasi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi atau paragraf naratif merupakan paragraf yang menjelaskan suatu peristiwa atau kejadian suatu tokoh atau suatu bentuk wacana yang berupaya menunjukkan dengan sejelas-jelasnya kepada para pembaca suatu kejadian dalam waktu dan urutan tertentu.

Loading...

Definisi lain paragraf narasi yaitu paragraf yang berkisah tentang sebuah kejadian atau peristiwa menurut urutan waktu kejadian. Paragraf narasi juga diartikan dengan salah satu bentuk paragraf yang mempunyai tujuan untuk menghibur dengan cara memberikan pengalaman estetis atau fantasi kepada para pembagacanya. Gagasan utama paragraf ini disajikan dengan alur atau urutan cerita yang jelas.

Paragraf narasi seringkali dijumpai berupa sebuah karya sastra seperti novel, cerpen, roman, biografi ataupun autobiografi. Cerita yang diberikan dalam paragraf narasi mempunyai dua jenis yang diklasifikasikan menurut sifat cerita antara lain: Narasi fiksi, yakni cerita yang dengan dasar kisah nyata, dan Narasi non-fiksi, yakni cerita yang bersumber dari imajinasi penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Narasi
Pengertian Paragraf Narasi, Ciri-Ciri, Cara Membuat, Jenis, Contoh

Adapun ciri-ciri dari paragraf narasi, antara lain:

Loading...
  • Isinya disajikan secara kronologis
  • Banyak ditemkan kalimat yang berisi unsur tindakan atau perbuatan.
  • Mempunyai alur yang jelas, seperti orientasi, klimaks dan menyelesaikan masalah
  • Seringkali bercerita tentang suatu kisah, atau pengalaman hidup seseorang
  • Mempunyai alur atau plot
  • Ada latar tempat, waktu dan suasana
  • Memakai urutan tempat dan waktu yang saling berkaitan secara kuasalitas
  • Terdapat unsur perbuatan atau tindakan
  • Terdapat sudut pandang penulis
  • Adanya unsur tokoh yang diimajinasikan dengan karakters atau perwatakan yang jelas
  • Terdapat unsur rangkaian waktu dan informatif
Baca Juga:  Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh Terlengkap

Cara Membuat Paragraf Narasi

Untuk membuat paragraf narasi dibutuhkan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Menetapkan tema dan pesan yang hendak disajikan
  • Menetapkan sasaran pembaca
  • Membuat rancangan isi paragraf yang hendak disampaikan
  • Membuat judul yang sangat menarik

Jenis-Jenis Paragraf Narasi

Berdasarkan dari ceritanya, paragraf narasi dibagi menjadi dua jenis, antara lain:

Paragraf Narasi Ekspositoris

Paragraf narasi ekspositoris merupakan paragraf yang bercerita tentang suatu cerita yang tujuannya memberikan informasi. Dengan bahasa lain, jenis paragraf ini berusaha memberikan suatu informasi kepada para pembacanya dalam suatu cerita.

Paragraf narasi ekspositoris seringkali dalam bentuk kisah seorang yang ditulis dengan kisah nyata dan diceritakan dari awalkelahirannya sampai kematiannya, atau dapat juga hanya bercerita sebagian kisah hidup seseorang. Contoh dari paragraf narasi ekspositoris antara lain biografi, diary dan autobiografi.

Paragraf Narasi Sugestif

Paragraf narasi sugestif merupakan paragraf narasi yang menceritakan kisah yang cerita ini adalah hasil imajinasi seorang penulis. Paragraf narasi ini murni mempunyai tujuan untuk menghibur para pembaca dengan kisah yang menarik bahkan mengarah kepada sebuah hal yang tidak masuk akal.

Paragraf narasi sugestif banyak dijumpai dalam cerita hikayat, novel, ataupun cerpen yang mengarah pada cerita non fiksi.

Paragraf Naratif Informatif

Paragraf narasi informatif merupakan suatu paragraf yang dibuat dengan tujuan memberikan suatu informasi. Dalam memberikan informasi penulis harus menuliskan paragraf ini dengan sangat rinci. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan dari para pembacanya.

Paragraf Narasi Artistik

Paragraf narasi artistik merupakan suatu narasi yang dibuat untuk memberikan suatu pesan, atau nasihat yang berisi dalam isi narasi. Supaya tujuan dari paragraf ini dapat tercapai, seringkali dituliskan menurut gagasan dari penulis atau suatu pendapat. Tetapi narasi jenis ini juga bisa ditulis menurut fakta yang ada, tetapi cara ini akan sedikit sulit.

Baca Juga:  Pengertian Surat Kuasa, Fungsi, Macam, Ciri, Unsur Lengkap

Contoh Paragraf Narasi

Adapun contoh dari paragraf narasi adalah sebagai berikut:

Contoh A

Pada awalnya Muhammad Nur merupakan seorang pria biasa yang terlahir dari keluarga yang tidak mampu. Sedari kecil dia selalu terbiasa dengan kerja keras, walaupun seperti itu dia tidak pernah menyeluh dengan nasib dirinya itu.

Hingga pada suatu hari suatu peristiwa merubah kehidupannya 180 derajat. Ketika itu diringa tengah duduk di bangku kuliah semester 5, secara tidak sengaja dia diajak oleh temannya untuk mengikuti seminar bisnis yang diadakan dikampusnya. Sejak itu pikirannya menjadi terbuka, dia mulai membuka usaha kecil-kecilan, yakni sebagai penjual kue donat di kampusnya. Tetapi usaha tersebut tidak berjalan lama karna dia mengalami kebangkrutan walaupun begitu dia tidak menyerah dan tetap berupaya sekeras mungkin.

Semua usaha telah ia coba dan gagal, seperti membuka jasa pengetikan, berjualan koran, penjaja minuman dan lain sebagainya. Bahkan dia sempat terjerat hutang. Tetapi dia tidak menyerah sampai nasib membawanya menjadi seorang penjual bakso. Walaupun di awal melakukan usaha baksonya dengan berkeliling, lambat lain usahanya menjadi besar dan sukses. Akhirnya ia sekarang dikenal sebagai Muhammad Nur sang Juragan Bakso.

Contoh B

Malam hari itu udaranya sangat dingin sampai terasa menusuk tulang-tulangku. Aku yang hanya sendirian di rumah berusaha untuk menghibur diri dengan melihat film di televisi, aku melihat secercah cahaya yang besinar dibalik jendela ruang tamu ku. Aku pun penasaran dan mulai menerka-nerka apakah gerangan cahaya tersebut.

Rasa penasaranku semakin kuat dan membawaku untuk mendekati cahaya tersebut. Diam-diam aku menghampiri jendela dan mengintip dari celah-celah jendela yang bolong karena dimakan rayap.

Pada saat aku mengintip dari lubang itu, bteapa terkejutnya diriku pada saat mengetahui cahaya itu berasal dari sebuah makhluk kecil yang mempunyai antena di atas kepalanya.

Baca Juga:  33 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Dia pun melihat ke arahku dengan tatapan mata yang sangat tajam dan bengis. Aku sangat ketakutan ketika itu, terlebih lagi pada saat dia mendekati diriku aku pun langsung berlari menjauh. Seketika itu pun juga, brukk aku terjatuh dari sofa dan aku baru menyadari aku tertidur ketika melihat film di televisi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Paragraf Narasi, Ciri-Ciri, Cara Membuat, Jenis, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post
Loading...