√ Pengertian Membaca Ekstensif, Tujuan, Tipe & Teknik Membacanya

Pengertian Membaca Ekstensif, Tujuan, Tipe & Teknik Membacanya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang membaca ekstensif. Yang meliputi tentang pengertian membaca ekstensif, tujuan membaca ekstensif, tipe membaca ekstensif dan teknik membaca ekstensif yang akan dijelaskan dengan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Membaca Ekstensif, Tujuan, Tipe & Teknik Membacanya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Membaca Ekstensif

Membaca ekstensif yaitu suatu teknik membaca dalam hati yang mana pembaca diharuskan untuk bisa membaca suatu wacana panjang dalam waktu yang terbatas. Membaca ekstensif juga disebut dengan membaca sekilas atau membaca dangkal.

Pada kondisi-kondisi tertentu seperti ujian, kalian dituntut agar dapat mengerti isi dari paragraf dan juga menemukan ide pokok dari paragraf tersebut. Dalam waktu yang singkat atau terbatas, tentu saja membaca per kata tidak bisa menjadi pilihan yang tepat, oleh sebab itu kalian dapat membaca dengan luas, melihat poin dari objek yang kalian baca.

Membaca ekstensif dilaksanakan dengan membaca dalam hati yang artinya tidak membunyikan suara. Teknik membaca dalam hati bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu membaca intensif atau membaca perlahan kata demi kata, poin demi poin dan yang kedua adalah membaca ekstensif yaitu membaca secara sepintas.

Tujuan Membaca Ekstensif

Dalam membaca ekstensif ada beberapa tujuan yang ingin dicapai. Ketika kondisi mendesak yang mana kalian dituntut untuk mengetahui isi dari bacaan, maka kalian bisa menerapkan teknik membaca ekstensif ini. Dengan teknik ini selain untuk mengetahui gambaran suatu bacaan, juga mempunyai tujuan, antara lain:

  • Dalam waktu yang singkat atau terbatas bisa mengetahui gambaran isi dari suatu wacana/ bacaan secara menyeluruh.
  • Dapat mengetahui isi suatu buku secara umum dalam waktu yang cepat.
  • Dapat tahu kesan orang lain terhadap suatu karya yang singkat.
  • Memperoleh bahan “referensi” yang ingin dicapai.

Tipe Membaca Ekstensif

Broughton Menyatakan ada beberapa tipe membaca ekstensif yang bisa dibaca dibawah ini:

Membaca Sekilas

Membaca sekilas atau disebut dengan skimming atau scanning yaitu teknik membaca cepat untuk tahu informasi yang berada di dalam bacaan dengan mencari poin-poin yang ada didalam bacaan tersebut. Menurut Soedarsono, teknik skimming mempunyai fungsi untuk mengetahui informasi teks berupa “a” isi/tema wacana “b” pendapat atau opini orang dan “c” informasi penting lain yang diperoleh dengan hanya membaca secara sekilas.

Membaca Survey

Membaca survey adalah tipe membaca ekstensif yang mempunyai tujuan mengetahui hal-hal yang bersifat umum tentang suatu teks. Seperti hanya membaca dari judulnya, daftar isi, nama pengaran, ruang lingkup bacaan, testimoni dan lain sebagainya. Seringkali teknik ini dilakukan untuk membaca survey dalam mencari bahan referensi sebagai penunjang karya yang sedang disusun.

Membaca Dangkal

Membaca dangkal atau superficial reading merupakan jenis membaca ekstensif yang tujuannya hanya mengetahui informasi secara dangkal atau sifatnya umum dari suatu teks atau wacana yang akan dibaca. Penerapannya dalam membaca ekstensif, seorang pembaca hanya bisa tahu hal-hal yang sifatnya umum.

Pengertian Membaca Ekstensif, Tujuan, Tipe, Teknik Membaca

Teknik Membaca Ekstensif

Teknik yang bisa dilakukan dalam membaca ekstensif yang tujuannya untuk mengetahui informasi dalam wacana dalam waktu singkat atau terbatas adalah sebagai berikut:

  • Teknik membaca memilih atau selecting adalah membaca dengan bagian-bagian yang dikira berisi informasi yang dibutuhkan. Misalnya melihat tabel apabila terdapat, bagian latar belakang, kesimpulan, ringkasan dan lainnya.
  • Teknik baca lompat atau skipping adalah teknik membaca dengan cara lompat-lompat dari satu paragraf ke paragraf yang lainnya atau dari bab ke bab lain yang bertujuan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
  • Teknik baca layap atau teknik membaca sekilas
  • Tekniks baca tatap, hampir mirip dengan teknik membaca sekilas, namun dalam teknik ini, pandangan lebih teliti untuk menentukan poin-poin yang perlu dibaca dalam mendapatkan informasi. Misalnya menemukan arti sebuah kata dalam kamus atau mencatat nomor telepon di televisi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Membaca Ekstensif, Tujuan, Tipe & Teknik Membacanya, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi