√ Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri, Jenis & Contohnya (Lengkap)

Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri, Jenis & Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang paragraf deskripsi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan contoh paragraf deskripsi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri, Jenis & Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertiaan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang bisa menerangkan atau menjelaskan suatu objek menjadikan pembaca seolah-olah dapat melihat atau merasakan objek tersebut. Kalimat deskripsi berhubungan dengan panca indera dalam mendeskripsikan sebuah objek. Melalui paragraf deskripsi, karakteristik sebuah objek yang digambarkan secara rinci.

Hal itu tujuannya supaya pembaca mengetahui objek yang dibicarakan dengan jelas tanpa melihat secara langsung. Penggambaran karakteristik ini seringkali berasal dari hasil observasi atau pengamatan terlebih dahulu.

Observasi ini dilaksanakan supaya informasi yang dinyatakan valid dan berdasar fakta. Paragraf ini menjelaskan ciri-ciri fisik tempat, benda atau kejadian tertentu seperti bentuk, warna, ukuran atau kepribadian objeknya sendiri. Paragraf deskripsi ini mencakup panca indera manusia seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan dan pengecapan.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf ini memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut:

  • Menjelaskan suatu objek, seperti benda, orang, tempat dan kondisi tertentu
  • Melibatkan fungsi panca indera dalam proses deskripsi
  • Melibatkan ciri fisik dan sifat objek tersebut, misalnya adalah warna, ukuran, bentuk dan sifat tertentu
  • Berisikan banyak kata sifat
  • Menjelaskan secara rinci
  • Ketika dibaca, pembaca seolah-olah dapat melihat secara langsung objek yang dibicarakan.

Jenis-Jenis Dan Contoh Paragraf Deskripsi

Terdapat tiga jenis paragraf deskripsi yakni paragraf deskripsi spasial, paragraf deskripsi subjektif dan paragraf objektif.

Paragraf Deskripsi Spasial

Paragraf deskripsi spasial atau spasial merupakan paragraf deskripsi yang menjelaskan ruang atau tempat. Objek yang dalam bentuk ruang atau tempat tersebut dijelaskan sesuai dengan ciri khasnya sehingga pembaca bisa dengan mudah membayangkannya. Dibawah ini adalah contoh paragraf deskripsi spasial.

Ruangan berukuran 5m x 5m ini ini seperti tidak layak untuk ditempati. Tidak ada dindingnya. Hanya terdapat anyaman bambu untuk menghalau angin yang menusuk ke tulang. Tidak ada sekatnya. Hanya ada satu buah kasur single di pojok depan. Ada kompor dan alat memasak lainnya di pojok belakang, berdampingan dengan pintu yang menuju kamar mandi.

Almari yang telah rapuh dan tidak kokoh lagi rapat dengan dinding dan di isi penuh dengan pakaian. Sajadah, mukena dan Al-Quran berada berjejer diatas almari. Karpet ini dibentangkan di dekat kasur dengan satu meja kecil di samping kasur itu.

Buku-buku tertata rapi di atas meja. Tidak ada foto atau hiasan dinding apapun yang digantung, kecuali sebuah kaligrafi perak dengan gambar Ka’bah. Tempat tinggal bapak dan ibu Nisa ini menunjukkan suatu kesederhanaan dalam hidup.

Paragraf Deskripsi Subjektif

Paragraf Deskripsi Subjektif merupakan sebuah paragraf deskripsi yang dibuah berdasarkan pandangan atau perasaan penulis. Segala hal yang dituliskan dalam paragraf ini adalah hasil pendapat pribadi penulis.

Walaupun hasil pendapat penulis, tetapi paragraf ini masih ditunjukkan supaya pembaca seolah-olah dapat melihat maupun merasakan apa yang dibicarakan oleh penulis. Dibawah ini adalah contoh paragraf deskirpsi subjektif.

Ibu Ani adalah guru paling tegas di sekolahku. Lebih dari itu, beliau merupakan guru yang sangat ditakuti oleh hampir seluruh murid dari kelas 1 sampai kelas 6. Beliau memberikan pelajaran matematika. Beliau mempunyai tinggi kira-kira 165 cm dengan berat badan sekitar 60 kg.

Ibu Ani memiliki kulit sawo matang dan rambutnya berwarna hitam ikal. Kemanapun beliau pergi selalu membawa pena dengan tinta yang berwarna hitam di tangan kanannya.

Pada saat mengajar beliau selalu memakai kacamata dengan lensa kecil dengna frame warna putih. Meskipun hampir seluruh murid takut kepada beliau, akan tetapi beliau tidak pernah marah-marah ke murid tanpa alasan yang jelas.

Beliau biasa mengajarkan matematika dengan sabar hingga semua mengerti. Hal ini bisa dibuktikan dengan rata-rata nilai ujian matematika sekolahku menempati peringkat pertama se-provinsi.

Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh

Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf deskripsi objektif merupakan paragraf deskripsi yang menunjukkan kondisi suatu objek sesuai dengan keadaan sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pendapat penulis. Dibawah ini adalah contoh paragraf deskripsi objektif.

Pantai Parangtritis adalah pantai yang terkenal di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarya. Dibanding dengan pantai lain di sepanjang pantai selatan, pantai ini sangat dikenali turis.

Pantai Parangtritis berada sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Lebih tepatnya pantai ini berada di desa Parangtritis, kecamatan Kretek Kabupaten Bantul.

Sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disajikan pemandangan sawah, sungai dan bukit. Pantai Parangtritis mempunyai ombak yang besar. Ombak pantai bisa mencapai ketinggian 2-3 meter pada musim kemarau.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya gunung-gunung pasir di kawasan pantai. Gunung-Gunung pasir ini lebih terkenal dengan sebutan gumuk. Di pinggir pantai telah disediakan payung-payung besar yang bisa dipakai pengunjung untuk istirahat sembari menikmati pemandangan.

Selain itu ada sebuah wisata naik kuda, dokar maupun motor ATV (All Terrain Vehicle) di pinggiran pantai. Warung makan dan pakaian berjejer rapi dengan hidangan khas laut. Untuk anak-anak telah tersedia juga pemandian umum dengan beberapa permainan yang menarik. Untuk pengunjung yang hendak menikmati sensasi mandi air hangat, maka tidak jau dari pantai tepatnya sebelah utara ada Pemandian Parang Wedang.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri, Jenis & Contohnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi