√ Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis, Contoh

Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Karangan deskripsi. Yang meliputi pengertian, tujuan, cara membuat, jenis-jenis dan contoh dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis, Contoh

Mari kita bahas pengertian karangan deskripsi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi merupakan sebuah karangan yang menunjukkan suatu objek atau kejadian yang sangat jelas sehingga seolah-olah pembaca bisa ikut merasakan, melihat atau mengalami sendiri hal yang dibahas dalam karangan. Seringkalu hal yang menggambarkan dalam karangan deskripsi adalah hasil pengamatan panca indera.

Ciri-Ciri Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut:

  • Karangan menggambarkan sebuah objek yang nyata atau bisa diterima oleh panca indera.
  • Karangan menunjukkan suatu objek dengan sangat jelas sehingga membuat pembaca seolah ikut merasakan atau mengalami sendiri apa yang dijelaskan penulis.
  • Karangan mempunyai sifat objektif, dengan bahasa lain penulis menunjukan sebuah objek atau benda secara nyata dan apa adanya, tidak berpihak
  • Karangan dibuat dengan metode impresionistis (subjektif), realistis (objektif) atau sikap penulis.

Tujuan Karangan Deskripsi

Tujuan dari karangan deskrispi adalah supaya pembaca dapat membayangkan atau seoalah-olah merasakan atau melihat ke dalam wacana yang diberikan.

Marahimin (1994), menyatakan tujuan dari karangan deskrisp adalah:

  • Memberikan arahan
  • Menjelaskan terhadap suatu hal
  • Menceritakan peristiwa
  • Merangkum

Cara Membuat Karangan Deskripsi

Dalam membuat karangan deskripsi cara penulisan karangannya adalah sebagai berikut:

  • Menetapkan tema karangan
  • Menetapkan tujuan
  • Mengumpulkan informasi
  • Merancang kerangka karangan
  • Melakukan pengembangan kerangka karangan
  • Melakukan penyuntingan karangan

Jenis-Jenis Karangan Deskripsi

Adapaun beberapa jenis karangan deskripsi antara lain sebagai berikut:

Karangan Deskripsi Spatial

Karangan deskripsi spatial merupakan jenis karangan deskripsi yang menunjukan objek dalam bentuk tempat atau ruang. Penulis bercerita atau menggambarkan suatu tempat atau ruang menurut keadaan nyata sehingga pembaca bisa membayangkan dengan jelas tempat yang dimaksud.

Karangan deskripsi spatial merupakan jenis karangan deskripsi yang memberikan gambaran suatu hal atau benda yang dalam bentuk ruang atau tempat.

Karangan Deskripsi Realistis

Karangan deskripsi realistis merupakan jenis karangan deskriptif yang dijelaskan pada pembaca secara objektif. Cara menyampaikan karangan secara objektif bisa diartikan bahawa apa yang disampaikan kepada pembaca lewat karangan adalah nyata apa adanya. Penulis tidak menerangkan kesan atau opini pribadi terhadap objek yang diceritakan.

Karangan Deskripsi Impresionatis

Karangan deskripsi impresionatis merupakan jenis karangan deskriptif yang memberikan gambaran suatu objek secara subjektif atau sesuai dengan apa yang dirasakan dan dilihat oleh penulis. Pandangan pembaca tidak terlalu diperhatikan oleh penulis.

Karangan Deskripsi Artistik atau Impresionitik

Karangan deskripsi ini memberikan penekanan terhadap tanggapan emosional yang dirasakan oleh pembaca atua pendengarnya. Ketika menulis karangan ini penulis berupaya untuk memberikan kesan terhadap para pembacanya.

Karangan Deskripsi Ekspositori

Karangan deskripsi ekspositori adalah karangan yang logis, seringkali penulis hanya mendeskripsikan sebuah objek yang sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan oleh penulis saja, tidak mengutamakan tanggapan emosi atau kesan pembaca.

Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri-Ciri Tujuan, Cara Membuat, Jenis, Contoh

Contoh Karangan Deskripsi

Adapaun contoh dari karangan deskripsi adalah sebagai berikut:

Contoh Karangan Deskripsi Spasial

Ruang Kelasku
Ruang kelas kami, kelas VII B sangatlah luas dan nyaman. Ruangan itu begitu luas untuk menampung 30 siswa-siswinya dengan panjang sekitar 7 meter dan lebar sampai 6 meter.

Karena luas tersebut, seringkali ruangan ini juga digunakan untuk rapat oleh guru-guru. Kelas kami memiliki 31 pasan meja dan kursi yang menghadap lansung pada dua buah papan tulis yang sangat besar. Dan juga, kami juga mempunyai dua buah lemari yang besar dan ditaruh di samping meja guru dan dibelakang tempat duduk siswa yang paling belakang.

Lemari yang terletak didepan dipakai untuk menaruh perlengkapan kelas misalnya buku absen, buku cetak dan alat-alat seperti spidol, dan penghapus.

Kemudian, lemari yang terletak di belakang dipakai untuk meletakkan alat-alat kebersihan seperti sapu, alat pel, ember dan lain sebagainya.

Selain luas, kelas kami juga sangatlah indah. Kami memberikan hiasan pada tembok yang kami beri warna putih dan ditambah poster-poster motivasi dan gambar-gambar para pahlawan.

Bukan saja hal itu, kelas kami juga mempunyai beberapa bunga yang kami letakkan di meja guru dan dipinggir jendela menjadikan kelas kami terlihat sangat indah menawan. Oleh sebab itu kelas kami sangat membuat nyaman. Sehingga kami dan guru-guru juga betah untuk berlama-lama berada dikelas.

Contoh Karangan Deskripsi Realistis

Sekolahku
Sekolah, SMAN 1 begitu luas dan hijau. Sekolah itu berdiri di suatu lahan dengan luas 3 hektar dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang. Sekolah ini dibagi menjadi tiga lokal, yakni lokal pertama, kedua serta ketiga.

Lokal yang perta berdiri di gedung yang sangat besar dijadikan sebagai ruang guru dan kepala sekolah. Tepat disebelah ruang guru terdapat laboratorium dan perpustakaan.

Lalu, apabila kita melalui lorong antara laboratorium dan perpustakaan kita akan menjumpai sebuah masjid.

Kemudian untuk lokal kedua berada di tengah-tengah, yang merupakan ruangan kelas. Terdapat sekitar 21 kelas yang tersusun mengelilingi lapangan basket dan lapangan upacara ditengah-tengahnya.

Dan juga lain dari ruang kelas, pada lokal kedua ini juga ada ruangan-ruangan kecil yang dipergunakan khusus kegiatan ekstrakulikuler. Sedangkan lokal ketiga yang berada paling belakang ada suatu aula yang cukup besar.

Selain itu, pada lokal ketiga inni terdapat beberapa tempat olahraga seperti badminton, lompat jauh, tolak peluru dan lain sebagainya. Lokal ini sangat dekat dengan kantin-kanting yang menjual beberapa makanan seperti soto, mie ayam, nasi uduk, bakso dan makanan ringan.

Contoh Karangan Deskripsi Impresionatis

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan objek wisata yang sangat cocok untuk para keluarga. Di sana kita dapat melihat miniatur Indonesia secara lengkap. Banyak sekali kebudayaan-kebudayaan menarik yang dapat kita temukan seperti budaya Irian Jaya, Batak, Dayak dan masih banyak lagi lainnya.

Kita bisa berkeliling menikmati pemandangan di sekeliling taman dan juga dapat mempelajari tentang Indonesia. Selain mempunyai kebudayaan yang lengkap, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga memiliki beberapa fasilitas yang lengkap dan sangat memadai, seperti WC umum, tempat makan, tempat berkumpul dan lain-lain.

Waktu yang sangat baik untuk berkunjung di tempat ini yaitu di akhir pekan karena ketika itu banyak pengunjung yang datang. Selain itu, di akhir pekan seringkali diadakan suatu pawai yang sangat meriah sebagai hiburan untuk para pengunjung.

Oleh sebab itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat berlibur yang sangat menyenangkan bersam akeluarga karena selain berlibur kita juga dapat belajar di sana.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis, Contoh, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi