10 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Lengkap

10 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Lengkap – Tempe merupakan salah satu makanan khas indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa tempe merupakan makanan yang terbuat oleh kedelai.

Dimana kedelai memiliki kandungan gizi yang tinggi yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu tempe merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat indonesia tidak hanya dari kalangan menengah kebawah melainkan kalangan menengah ke atas juga.

Ada beranekaragam manfaat dari tempe untuk kesehatan tubuh kita selain enak juga begizi. Mari kita bahas berbagai macam manfaat tempe dibawah ini.

10 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Lengkap

Mari kita bahas lengkap manfaat dari tempe.

Manfaat Tempe

Tempe merupakan makanan yang sederhana dengan harga yang ekonomis kita sudah bisa menikmatinya dan juga disenangi oleh seluruh kalangan masyarakat. Selain enak terkadang kita tidak memahami apa saja manfaat tempe yang kita konsumasi bagi tubuh, tapi banyak manfaat bagi tubuh kita apa bila mengkonsumsinya dengan rutin, pembahasan tentang manfaat tempe akan saya jelaskan dibawah ini.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan protein yang tinggi pada tempe dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

Segingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh, sehingga bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi tempe dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tempe memiliki kandunagn magnesium, zat inimemiliki peranan yang berguna terhadap sistem metabolisme yang ada pada tubuh kita.

Sedangakan magnesium berperan penting untuk pencegahan pembekuan darah,sehingga bisa menurunkan tekanan darah pada tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Serat merupakan salah satu kebutuhan untuk sistem pencernaan pada tubuh kita, tempe memiliki serat yang tinggi bagi sistem pencernaan, serat berfungsi sebagai pengikat kolesterol juga lemak.

Dengan mengkonsumsi tempe secara rutin, tempe sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan.

4. Mencega Kanker

Isoflavon yang terkandung dalam tempe, merupakan senyawa antioksidan yang memiliki peran untuk memperbaiki sel serta mengurangi kerusakan akibat terkena sinar matahari.

Isoflavon berfungsi sebagai anti kanker yang memerangi sel kanker yang dapat menimbulkan kanker prostat .

5. Membantu Mengatasi Gejala-Gejala Menopause

Tempe adalah salah satu makanan yang dibuat mengguanakan bahan kedelai, kedelai dapat mengatur estrogen. Ada penelitian yang menunjukan isoflavon yang terdapat pada kedelai bisa mengurani rasa panas yang ada pada badan saat rasa tidak nyaman yang terjadi saat wanita mengalami menopause.

6. Sebagai Sumber Energi

Tempe mempunyai kandungan riboflavin yang lebih dikenal sebagai vitamin B2. Mikronutrisi yang mudah untuk dicerna yang sifatnya larut dalam air. Peran penting yang dimiliki riboflavin berfungsi untuk metabolisme energiserta dibutuhkan oleh metabolisme karbohidrat. Jika kekurangan riboflavin dapat mempengaruhi produksi energi tubuh.

10 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Lengkap

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Seperti yang sudah dijelaskan tempe memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi selain baik bagi sistem pencernaan, dapat membantu menurunkan kadar guala darah sehingga tempe baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

8. Dapat Membantu Sebagai Penawar Keracunan

Zat antidotum  atau yang lebih dikenal sebagai anti keracunan logam berat yang terkandung dalam tempe dapat membantu mengatasi gejala keracunan.

9. Dapat Membantu Untuk Yang Sedang Diet

Sumber protein bebas lemak yang terkandung pada tempe baik untuk yang sedang melakukan diet karena kandungan 18 protein dan asam amino yang baik.

10. Membantu Mencegah Anemia Dan Pencegah Diare

Kandungan berbagai mineral yang tinggi yang ada pada tempe dapat membantu mencegah anemia serta dapat dengan mudah diserap oleh darah sehingga dapat mencegah osteoporosis, zat antibiotik dan antibakteri dapat membantu mencegah infeksi bakteri E.coli yang dapat menyebabkan penyakit diare dan kolera.

Sekian penjelasan seputarpengetahuan.com tentang 10 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Lengkap, tempe merupakan makanan yang kaya akan gizi, tempe juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Terkadang orang merendahkan makanan tempe karena tempe merupakan makanan orang menengah kebawah tapi dengan semua manfaat yang terkandung dalam tempe masihkah kita bisa meremehkan makanan sederhana yang banyak manfaat itu? Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi