31 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit Wajah

31 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit Wajah  – Tomat adalah salah satu tumbuhan yang ditemukan di amerika selatan, tomat merupakan keluarga dari paprika hijau atau merah, kentang.

Dikalangan masyarakat tomat lebih dikenal sebagai pelengkap bumbu masakan. Padahal tomat merupakan buah karena memiliki biji serta daging buah yang tidak memiliki efek bahaya ketika kita makan atau menelannya.

Tomat sendiri mulai dikenal di indonesia setelah banayak masyarakat yang membudidayakannya untuk diperjual belikan. Selain untuk bumbu masakan atau buah yang dapat dimakan tanpa di masak terlebih dahulu atau bisa dimakan mentah mengandung banyak sekali manfaat yang terkandung didalam buah tomat.

31 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit Wajah

Mari kita mulai dengan membahas apa saja kandungan yang ada pada tomat.

Kandungan Yang Ada Pada Tomat

Kandungan yang dimiliki tomat sangatlah beragam, dimana manfaat yang dimiliki dapat membuat organ tubuh kita terpelihara dengan baik.

Dimana kandungan yang paling tinggi terkandung dalam tomat adalah vitain C dan air, jika keduanya kita dapatkan didalam tubuh dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit, jika mengkonsumsi tomat dengan teratur kita dapat memetik manfaat yang terkandung pada tomat untuk kecantikan kulit serta manfaat untuk kesehatan.

Jika biasanya tomat digunakan untuk pelengkap masakan dan bumbu untuk membuat sambal, ternyata tomat juga bisa digunakan sebagai masker untuk kecantikan kulit. Untuk mengetahui apa saja manfaat tomat bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit mari kita bahas dibawah ini.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Jika kita ketahui tomat hanyalah bumbu pelengkap dalam masakan tepati manfaat tomat juga tidak boleh kita lupakan. Dimana tomat memiliki manfaat bagi kulit dan kecantikan, namun para dokter cenderung lebih percaya bahwa manfaat tomat baik bagi kesehatan tubuh.

Jadi akan dijelaskan apa saja manfaat yang dimiliki tomat bagi kesehatan tubuh dan manfaat tomat bagi kulit dan kecantikan.

1. Mengurangi Kadar Lemak Yang Menyebabkan Kegemukan

Lemak merupakan penyebab terjadinya darah tinggi serta dapat membuat berat badan bertambah. Dan untuk menurunkan berat badan yang disebabkan oleh lemak maka diperlukan olahraga yang baik.

Tapi apa bila sudah melakukan olahraga dan tidak kunjung turun berat badannya, bisa mencoba untuk mengkonsumsi tomat secara teratur sebelum melakukan olahraga.

Dimana tomat yang tidak mengandung lemak namun memiliki protein serta karbohidrat dan kalori yang tinggi. Dimana ketiganya memiliki andil yang tinggi untuk menurunkan berat badan dan harus disertai olahraga yang teratur.

2. Pembentukan Otot

Pembentukan otot merukan hal yang penting bagi para kaum adam, dimana otot yang terbentuk bisa lebih menarik perhatian kaum hawa. Jika otot yang tidak terbentuk dan memiliki tubuh yang kurus tentu tidak diinginkan khususnya untuk para pria.

Tentu harus melakukan olahraga yang dapat membentuk otot agar terlihat lebih bagus. Namun kita harus tahu bahwa ketika kita tidur otot disusun kembali untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Selain olahraga banayak makanan yang dapat membantu pembentukan otot.

Salah satu makanan atau buah yang dapat membantu pembentukan otot adalah tomat, karena tomat memiliki protein yang terkandung dalam tomat sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh apa lagi dalam pengolahan yang mudah.

3. Membantu Pencegahan Kanker

Tomat yang memiki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, paru-paru, dan juga usus besar yang bisa ditangani dengan efektif oleh tomat.

Keterangan hasil study yang dimuat Journal Of The National Center Institute jika mengkonsumsi tomat dapat mengurangi resiko terkena kanker.

4. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Flavonoid dan zea-xanhtin merupakan penangkal radikal bebas yang dipercaya oleh para ahli medis. Kedua senyawa tadi adalah antioksidan yang terbanyak dimiliki tomat.

5. Dapat Menjaga Gigi Dan Tulang

Tomat merupakan penyuplei kalsium yang digunakan sebagai pemeliharaan tulang, dimana dapat berfungsi agar tidak mudah keropos, mengkonsumsi tomat juga dapat membuat gigi kuat serta menjaga kesehatan gigi. Saat pembentukan tulang yang paling dibutuhkan adalah kalsium yang berguna untuk mendapatkan hasil yang baik.

6. Membantu Mengontrol Kolesterol Penyebab Hipertensi ( Darah Tinggi)

Didalam tubuh memiliki dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) serta kolesterol jahat (LDL). Dimana kolesterol baik harus lebih banyak dibandingkan kolesterol jahat, karena jika lebih banyak kolesterol jahat dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mineral yang terkandung dalam tomat dapat mengontrol jumlah kolesterol yang ada didalam darah. Sehingga mengkonsumsi tomat secara teratur dapat membantu mengontrol kolesterol agar tidak terserang hipertensi.

7. Membantu Menyehatkan Mata

Tomat memang sudah banyak diketahui baik untuk kesehatan mata, sehingga orang yang terkena minus dianjurkan untuk mengkonsumsi tomat.

Kandungan vitamin A yang banyak terkandung pada tomat, serta kandungan nutrisi lainnya yang terkandung pada tomat contohnya niacin, asam folat, dan juga thiamine. Dimana satu dengan lainnya saling berhubungan sehingga dapat menyembuhkan gangguan yang terjadi pada kesehatan mata.

8. Membantu Jantung Bekerja Secara Stabil

Sepotong tomat memiliki 235 mg kalsium untuk ukuran sedang. Dimana kandungan tersebut berfungsi mengontrol denyut jantung dalam bekerja memompa darah sehingga dapat bekerja secara stabil. Jika bekerja dengan baik bisa menghindarkan dari penyakit jantung juga stroke.

9. Dapat Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian Pada Tubuh

Banyak orang yang tidak suka meminum suplemen yang berguna untuk kebutuhan vitamin harian yang dibutuhkan tubuh.untuk hal itu kita bisa mendapatkan solusinya dengan mengkonsumsi tomat karena pada sepotong tomat dapat memberikan 20% kebutuhan gizi harian yang diperlukan oleh tubuh kita. USDA mengatakan bahwa nutrisi yang terkandung dalam tomat memiliki peranan penting pada tubuh agar organtubuh dapat berfungsi dengan maksimal.

10. Dapat Mengontrol Gula Darah

Seperti yang kita ketahui bahwa kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan resiko terserang penyakit diabetes. Dimana dalam tomat memilik kromium yang sangat dibutuhkan agar gula darah dapat terkontol sehingga tidak mengalami kelebihan gula darah.

11. Dapat Mengobati Nyeri Punggung

Nyeri pada punggung terkadang tidak diperhatikan dengan baik, padahal nyeri punggung harus ditanggulangi dengan serius agar tidak menjadi semakin parah.

Tomat yang dapat dikonsumsi penderita penyakit punggung karena tomat dapat membantu penyembuhan dengan cara menyalurkan karotenoid serta bioflavonoid yang berfungsi sebagai anti peradangan.

12. Membantu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Tomat dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah dengan cara tomat dijadikan sebagai masker, sehingga dapat mengencangkan dan mengicilkan pori-pori wajah.

Untuk membuat masker tomat caranya mudah, sediakan tomat sebagai bahannya kemudian haluskan tomat, setelah dihancurkan campurkan stau sendok air, kemudian gunakan kapas atau kuas kecil untuk mengoleskan pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih selama 15 menit, setelah kering bilas sampai bersih.

13. Membantu Mencerahkan Kulit

Wajah yang kusam tentu bukanlah idaman semua orang terutama bagi para wanita, tapi tenang dengan menggunakan tomat yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat mengatasi masalah kusam pada wajah.

Caranya gampang dengan memotong tomat dan mengusapkan keseluruh wajah kemudian bilas. Jika dilakukan secara teratur akan terlihat hasil yang memuaskan.

14. Merawat Kulit

Kandungan minyak yang terdapat pada biji tomat dapat digunakan sebagai perawatan kulit, biji tomat dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan proses penuaan yang lebih cepat. Biji tomat dapat memperbaiki kerusakan kulit seperti psoriasi, kulit kering dan rusak, serta eksim.

15. Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat terkadang kita memilih dengan bantuan vitamin A dan vitamin C dalam kandungan krim atau salep. Namun tomat dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut, karena tomat memiliki kandungan vitamin A dan juga vitamin C yang dapat membantu untuk menghilangkan jerawat.

16. Dapat Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah yang berminyak jika dilihat dari kejauhan akan terlihat berkilau. Jika di biarkan saja tanpa melakukan penanganan yang baik maka dapat menyebabkan terjadinya jerawat, komedo, dan juga flek hitam. Tomat dapat digunakan untuk mengatasi masalah wajah yang berminyak.

17. Menjaga Agar Tetap Awet Muda

Tomat bisa membantu kulit agar tetap awet muda, yang sering disebut dengan skin treatment anda bisa menggunakan dikala memiki waktu luang dimana tomat sebagai bahan dasarnya.

Tomat bisa digunakan sebagai bahan untuk mempelambat proses penuan, dengan cara penyerapan oksigen dengan maksimal, bisa dilakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

18. Dapat Melindungi Kulit Dari Serangan Sinar Matahari

Jika sinar matahari langsung terkena kulit tanpa ada penghalang dapat merusak struktur permukaan kulit. Jika terus menerus terkena sinar matahari langsung akan dapat menyebabkan kulit kering, kusam. Namun tomat dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

Tomat mengandung likopen yang berguna sebagai perlindungan kulit dari sinar matahari atau sinar UV. Sehingga mengkonsumsi tomat dapat membantu terhindar dari serangan sinar UV.

19. Dapat Menyegarkan Mata

Tomat dapat membantu untuk menyegarkan mata, tomat juga dapat membantu mnghilangkan kantung mata dengan cara iris tomat kemudian tempelkan pada mata jika dilakukan secara rutin dapat membantu menghilangkan kantung mata.

31 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Wajah Terlengkap

20. Membantu Mencegah Kerusakan Sel

Jika sel mengalami kerusakan akan menyababkan terjadinya kulit memerah dan terkandang timbul kerutan, atau yang sering disebut radikal bebas.

Likopen yang terkandung dalam tomat dapat membantu agar mencegah terjadinya kerusakan sel, kemudian anda dapat mengkonsumsi tomat dengan kandungan likopen yang tinggi.

21. Dapat Memutihkan Kulit

Tomat memiliki banyak manfaat salah satunya dapat memutihkan wajah dengan menggunakan tomat, dengan cara membuat krim tomat.

Haluskan tomat, campurkan yoghurt dan satu sendok oatmeal, kemudian oleskan secara merata di wajah diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas .

22. Membantu Mencegah Kulit Terbakar

Tomat dapat berguna untuk membuat kulit terlindungi dari sengatan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit terbakar.

Prevention Magazine pernah berkata orang yang secara teratur mengkonsumsi 5 sendok pasta tomat dapat membantu melindungi kulit untuk tidak terbakar karna sengatan sinar matahari.

Dapat digunakan dengan cara haluskan tomat dan campurkan satu sendok yoghurt oleskan secara merata, kandungan tomat yang dapat mendinginkan kulit serta yoghurt yang dapat menjadikan kulit halus.

23. Menghaluskan Kulit

Tomat yang kaya akan manfaat dapat membantu untuk menghaluskan kulit, dengan cara haluskan tomat campurkan dengan madu kemudian oleskan dengan rata, diamkan kurang lebih 15 menit kemudian bersihkan.

24. Dapat Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Tomat dapat membantu kita dalam memelihara kesehatan rambut seperti rambut rontok sehingga menggunakan tomat dapat membantu memulihkan rambut agar dapat menghilangkan rontok pada rambut. Namun alangkah lebih baiknya memiriksakan dulu pada dokter apakah rambut kita termasuk yang sensitif atau bukan.

25. Kondisioner Alami

Tomat dapat digunakan sebagai kondisioner alami, dimana jika dilakukan secara rutin dapat membuat rambut halus dan tidak rontok. Jika digunakan secara teratur dapat dilihat hasil yang maksimal.

26. Membantu Membersihkan Kotoran Pada Rambut

Kita rutin melakukan keramas saat mandi namun tahu kah anda bahwa keramas saja tidak dapat membersihkan secara tuntas.

Tomat dapat digunakan untuk membersihkan rambut, dengan cara menggosok tomat ke rambut secara rata kemudian keramas dengan shampo untuk memastikan tomat bersih dari rambut.

27. Dapat Menghilangkan Bau Kulit Kepala

Jika kulit kepala bau tentu tidak akan nyaman, namun tomat dapat membantu menghilangkan bau pada kulit kepala. Kita hanya membutuhkan sari tomat lalu siramkan pada rambut kemudian pijat secara perlahan diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudaian bersihkan rambut menggunakan shampo.

28. Dapat Membantu Menguatkan Rambut

Rambut merupakan mahkota untuk wanita jika rambut tidak sehat tentunya akan membuat kita mendapatkan solusi agar rambut kembali sehat.

Tomat dapat membantu agar rambut kembali sehat dengan cara mengoleskan tomat yang sudah menjadi masker ke rambut, jika dilakukan dengan teratur akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

29. Dapat Menghilangkan Ketombe

Ketombe sering membuat seseorang tidak berani menggunakan baju hitam. Ketombe yang dapat terlihat ketika memakai baju gelap ketika terjatuh dapat membuat minder ketika dilihat orang lain.

Tomat bisa digunakan untuk membantu membersihkan ketombe dari rambut vitamin C yang terkandung dalam tomat serta kolagen yang dapat membersihkan ketombe dari rambut.

30. Dapat Memancarkan Kilau Rambut

Rambut yang indah adalah idaman semua orang, dengan menggunakan tomat kita dapat mendapatkan rambut yang sehat sehingga dapat memancarkan kilau rambut yang indah.

Caranya siapkan tomat matang minimal 3, kemudian dikupas dan dibuang bijinya. Kemudian diperas dan air yang keluar untuk membasahi rambut, pijat hingga terserap ke dalam kulit kepala, diamkan sekitar satu jam kemudian bersihkan.

31. Membantu Memperlancar ASI Ibu

Asi merupakan makanan pokok bagi bayi yang masih berusia enam bulan karena hanya asi yang dikonsumsi, tomat dapat membantu untuk melancarakan dan membuat asi ibu menjadi berlimpah.

Sekian penjelasan seputarpengetahuan.com tentang 31 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit Wajah – ternyata tomat yang selama ini kita ketahui hanya sebagai bahan masakan ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah seperti menyehatkan mata, membantu mencegah kanker dan masih banyak yang lainnya, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi