Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia – Tumbuhan adalah salah satu makhluk yang menempati bumi ini. Kehidupannya dapat menopang kehidupan makhluk hidup lainnya seperti hewan dan juga manusia.

Kehidupan dari tumbuhan sangatlah berguna dan memliki banyak manfaat. Kegunaan dan manfaat itu banyak sekali membantu makhluk hidup di kehidupannya. Berikut akan menjelaskan manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia adalah.

Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

Mari kita bahas bersama dengan lengkap mengenai manfaat dari tumbuhan dibawah ini.

Manfaat Tumbuhan

Tumbuhan merupakan suatu sumber kehidupan yang berada di sekeliling kita. Dalam tumbuhan terdapat bagian-bagiannya yaitu terdapat akar, daun, batang, buah, dan juga biji. Fungsi setiap bagian tubuh tumbuhan berbeda-beda, yang sangat berguna bagi tumbuhan dan organisme lain.

Akar tanaman berguna untuk mencari air dan menstabilkan tanaman. Daun tanaman berguna untuk fotosintesis dan masih banyak orgaan-organ lainnya.

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat ini sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Berikut adalah manfaat tumbuhan bagi manusia yaitu adalah.

1. Untuk Di Konsumsi

Bagian tanaman dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, baik daun maupun bagian lainnya. Pada tumbuhan terdapat banyak vitamin, karbohidrat dan zat lain yang sangat diperlukan bagi tubuh manusia.

2. Membuat Udara Sejuk

Tumbuhan dapat mendinginkan udara karena dapat berfotosintesis pada siang hari. Fotosintesis adalah proses penyerapan karbon dalam oksida di udara untuk kemudian diproses, setelah diproses, kemudian dilepaskan kembali ke udara menjadi oksigen. Oksigen tersebutlah yang membuat udara menjadi sejuk.

3. Pelindung Sinar Matahari

Pada siang hari, cuaca di luar rumah sangat terik. Sinar matahari memang berguna dan bermanfaat bagi tubuh, namun berbeda pada siang hari dan dapat menghangatkan kulit. Tanaman besar bisa menjauhkan kita dari terik matahari dan tetap sejuk.

4. Dapat Dibuat Kerajianan Tangan

Tanaman tertentu dengan spesifikasi yang dibutuhkan dapat dibuat menjadi kerajinan tangan yang artistik dan indah. Selain untuk membuat kerajinan tangan juga bisa digunakan sebagai bangku, meja, bahan bangunan, dll.

Baca Juga:  Tulang Jari Kaki : Pengertian, Struktur, Fungsi, Gangguan Dan Penyakitnya

5. Dapat Di Jadikan Obat

Tumbuhan dapat menyehatkan tubuh manusia karena dapat dibuat menjadi obat-obatan yang dapat menyehatkan tubuh bila dimakan. Manfaat ini sangat bermanfaat karena dapat membantu meningkatkan kehidupan manusia.

6. Sumber Sandang

Sudah sejak zaman nenek moyang kita telah menggunakan tumbuhan sebagai pakaian yang berguna untuk melindungi tubuh. Seperti daun yang ditenun menjadi pakaian. Namun zaman semakin modern. Misalnya kapas digunakan sebagai bahan dasar berbagai kain, kapas digunakan sebagai pengganti kapas, dan lateks karet yang digunakan untuk berbagai pakaian karet seperti sepatu.

7. Sumber Bahan Bakar

Saat ini ketersediaan bahan bakar tambang semakin menipis karena tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, para ilmuwan berlomba-lomba membuat bahan bakar terbarukan agar lebih ramah lingkungan, salah satunya dari tumbuhan. Seperti biodiesel yang diolah dari buah jarak pagar, dan dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan.

8. menjaga Kualitas Tanah

Tanaman dan pohon penting untuk menjaga kondisi tanah yang baik. Akar dan mikroorganisme yang hidup di sekitar akar menyatukan tanah, mengurangi kemungkinan erosi tanah. Ketika daun jatuh dari pohon dan ketika tanaman mati, mereka membusuk, menyuburkan tanah dan membiarkan tanaman lain tumbuh dan berkembang.

9. Iklim

Karbon dioksida (CO2) merupakan salah satu gas rumah kaca utama yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Tanaman mengambil CO2 dan melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis. CO2 ini digunakan sebagai bahan penyusun jaringan baru seperti batang, cabang, daun dan akar yang berfungsi sebagai penyimpan karbon.

Ketika hutan ditebang atau dibakar, sejumlah besar karbon yang telah disimpan di jaringan tanaman dan tanah dilepaskan ke atmosfer. Inilah mengapa sangat penting untuk melindungi habitat ini, terutama hutan primer purba yang berisi spesies asli yang jarang mengalami gangguan manusia di masa lalu.

10. Mengatur Siklus Air

Sekitar 10% kelembaban di atmosfer dilepaskan oleh tumbuhan melalui proses transpirasi. Tanaman mengambil air melalui akarnya dan melepaskan kelembapan melalui pori-pori kecil di bagian bawah daunnya. Melalui proses transpirasi, tanaman juga membantu mengalirkan air dari tanah kembali ke atmosfer.

Tidak hanya itu, tumbuhan membantu menstabilkan badan air seperti sungai, danau, dan aliran sungai. Akar tanaman meningkatkan stabilitas tanah, mencegah tanah longsor, dan menjaga ekosistem ini tetap utuh.

Terlepas dari banyaknya manfaat yang diberikan tanaman, salah satu masalah lingkungan yang kita hadapi adalah kerusakan lingkungan. Ekosistem bumi telah mengalami proses penggundulan hutan, pembangunan dan ekstraksi sumber daya.

Karena tumbuhan membantu manusia dan lingkungan dalam banyak hal, ekosistem dan tumbuhan perlu dilindungi. Selama masa ketidak pastian lingkungan ini, penting untuk tidak menganggap remeh keberadaan mereka.

Baca Juga:  √ Pengertian Invertebrata, Ciri, Filum Beserta Contohnya

11. Membantu Mengurangi Pemanasan Global

Dalam skala kecil, tanaman bisa berdampak besar dalam menjaga kualitas udara di sekitar rumah. Namun lebih dari itu, tanaman yang kita tanam di sekitar rumah juga berperan dalam mengurangi pemanasan global. Pasalnya, gerakan tanam sekecil apapun tetap berdampak positif dalam menurunkan tingkat pemanasan global.

12. Meredam Kebisingan

Berada di pemukiman yang dekat dengan jalan raya memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu efek yang sering membuat iritasi adalah suara kendaraan yang memekakkan telinga. Dengan menanam tanaman, terutama pohon besar, kebisingan kendaraan ini bisa diredam.

13. Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Manfaat nyata tanaman bagi lingkungan adalah menjaga lingkungan rumah tetap sehat.Tanaman di pekarangan dapat menyaring segala polusi dan memberikan udara bersih di sekitar rumah. Potensi terkena radikal bebas berkurang.

14. Pendingin Alami

Tanaman di sekitar lingkungan rumah akan menyaring karbondioksida dan menggantinya dengan oksigen. Tak hanya itu, naungan pepohonan juga mencegah paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan dua hal tersebut, rumah akan menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali tanpa perlu memasang pendingin buatan.

15. Media Belajar Anak

Tidak perlu jauh-jauh ke taman hutan untuk mempelajari berbagai tanaman, di lingkungan rumah yang asri juga bisa ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Anak-anak dapat belajar tentang jenis dan struktur tumbuhan serta mencintai lingkungan sejak usia dini.

Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia Lengkap

16. Mencegah Kekeringan

Selain dapat mencegah genangan air, manfaat utama tanaman adalah mencegah terjadinya kekeringan, terutama saat musim kemarau tiba. Hal ini dikarenakan akar tanaman menyerap air sehingga air dapat tertahan tanpa segera mengalir dan kemudian menjadi air bawah tanah.

17. Mencegah Longsor

Di dataran tinggi khususnya daerah lereng, tumbuhan memegang peranan yang sangat penting dalam menahan tanah dari longsor. Inilah salah satu alasan mengapa rumah yang berada pada kondisi lahan seperti itu harus banyak ditanami tanaman terutama pepohonan.

Sekianlah penjelasan mengenai Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia yang di jelaskan Seputar Pengetahuan. Tanaman sangat banyak fungsi dan manfaatnya maka kita harus terus menjaga kelestarian tumbuhan agar kita semua dapat hidup sejahtera. Semoga bermanfaat 🙂