12 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Secara Umum

12 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Secara Umum – Berbicara soal kulit, pasti kita semua langsung meraba kulit masing-masing, ada yang bopeng, ada yang mengelupas, ada yang tipis, tebal dan ada juga yang putih mulus yang menjadi dambaan semua orang. Kulit merupakan organ paling luar dari tubuh manusia.

Sehingga memiliki banyak fungsi dalam menjaga seluruh anggota tubuh. Kulit diperkirakan mencapai berat 7 % dari berat tubuh secara total dan memiliki pori-pori atau rongga yang menjadi tempat keluarnya keringat. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas dan mengulas tentang bermacam-macam fungsi kulit pada tubuh manusia.

12 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Secara Umum

Mari kita bahas lengkap fungsi kulit bagi manusia.

Fungsi Kulit

Kulit merupakan salah satu organ manusia yang mempunyai beragam fungsi, diantaranya yaitu sebagai alat indera peraba, sebagai alat ekskresi, pelindung tubuh dari berbagai hal yang bisa membahayakan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, dan lain sebagainya. Kulit memiliki tiga lapisan yakni Epidermis, Dermis dan Hipodermis. Berikut penjelasan beberapa fungsi kulit, antara lain yakni:

1. Sebagai Alat Indera Peraba

Dengan adanya kulit pada tubuh, kita bisa merasakan panas, dingin, rasa sakit, atau hal lain yang jika menyentuh kulit akan ada rasa yang berubah. Karena kulit memiliki syaraf-syaraf sehingga berfungsi sebagai indera peraba ketika memperoleh rangsangan.

2. Sebagai Alat Ekskresi

Kulit merupakan tempat keluarnya keringat. Kelenjar-kelenjar kulit ini mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh / sisa metabolisme dalam tubuh yang berupa NaCl, asam urat, urea dan ammonia. Dalam sehari, kulit mampu mengeluarkan 1 liter keringat, keringat itu dikeluarkan dari pori-pori atau rongga kecil pada permukaan kulit.

3. Sebagai Pelindung Tubuh Dari Berbagai Ancaman

Kulit merupakan bagian terluar tubuh, sehingga dapat berfungsi untuk memproteksi dan melindungi serta menjaga bagian dalam tubuh dari berbagai gangguan fisik seperti geseka, tekana, melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, bakteri mikroorganisme jahat, melindungi tubuh dari berbagai benturan, dan zat-zat kimia terutama yang sifatnya iritan.

4. Tempat Penyimpan Lemak

Lapisan dermis kulit berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak yang disimpan dalam bentuk tetesan lemak. Lemak tersebut digunakan jika dibutuhkan tubuh seperti saat membutuhkan energi lebih, karena berfungsi sebagai cadangan energi.

5. Pengatur Suhu Tubuh

Kulit akan selalu menjaga suhu tubuh agar tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan.

6. Pembentukan Pigmen

Sel pembentuk pigmen (melanosit) terletak pada lapisan basal.

7. Mempertahankan Kelembapan

Kulit merupakan penghalang untuk mencegah hilangnya air dari dalam tubuh. Jadi, kulit membantu kita untuk mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan kematian.

8. Imunitas atau Kekebalan Tubuh

Kulit memiliki sel-sel yang bekerja sama dengan sistem imun pada tubuh untuk melawan virus, bakteri, & berbagai hal yang bisa membahayakan tubuh.

9. Pembentukan Vitamin D

Kulit mampu menghasilkan vitamin D melalui paparan sinar matahari.

10. Mendukung Gerakan dan Pertumbuhan

Ternyata selain sebagai alat indera dll, kulit juga bisa mendukung banyak gerakan yang kita lakukan dan pertumbuhan kita. Itu semua bisa terjadi karena kulit pada tubuh kita mempunyai sifat yang elastis yang bisa berkembang dan mengikuti pertumbuhan kita.

Ini Dia!! 12 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Secara Umum Lengkap

 11. Melihat Keadaan

Kadang kita bisa melihat seseorang dari kulitnya, misalnya seseorang yang sedang sakit, kita bisa melihat wajahnya menjadi pucat. Pucat yang terlihat dari kulit wajahnya itulah yang membuat seseorang terlihat sakit, begitu sebaliknya, kulit yang terlihat sehat dan cerah menandakan orang itu dalam keadaan yang sehat.

12. Pesona

Tak jarang seseorang khususnya wanita yang mendambakan kulit yang sehat, putih dan cemerlang. Kulit juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Terlepas dari fungsinya sebagai organ tubuh seperti yang dijelaskan diatas, inilah salah satu fungsi kulit yang bisa kita nikmati.

Nah itulah sekilas ulasan mengenai 12 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Secara Umum, semoga bermanfaat buat semuanya. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi