√ Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya (Pembahasan Lengkap)

Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya (Pembahasan Lengkap) – Organ tubuh Manusia beragam dan bermacam-macam, dan ada salah satunya berjumlah banyak yaitu rambut. Rambut memiliki peranan yang cukup banyak bagi tubuh karena memang tubuh memerlukan rambut untuk dapat melindungi organ lainnya.

Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya (Pembahasan Lengkap)

Berikut penjelasan mengenai fungsi rambut:

Fungsi Rambut

Rambut memiliki fungsi yang beragam diantaranya:

Rambut Kepala

Rambut ini berfungsi melindungi kulit kepala dari rasa panas. Di kepala rambut ini memiliki jumlah sekitar 100.000 helai dan di setiap helainya tumbuh dalam waktu 2 sampai 6 tahun. Akan tetapi rambut akan rontok setiap hari dengan jumlah 50 sampai 100 helai tetapi rambut baru akan tumbuh menggantikannya.

Rambut Mata

Rambut ini berfungsi untuk dapat menahan keringat dan hujan yang mengalir jatuh dari dahi ke mata. Bulu mata dan alis ini dapat menambah keindahan dan kecantikan, alis mata juga dapat memperdalam karakter wajah.

Rambut Hidung

Rambut ini berfungsi untuk dapat menyaring dan menghambat bakteri, debu, jamur dan juga spora yang akan masuk kedalam hidung. Tidak hanya itu saja tetapi rambut ini juga dapat meningkatkan kelembaban udara yang di hirup. Ini menjadi penting di dalam proses pernapasan.

Baca Juga:  √ Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Kumis, Janggut, bulu dada dan perut

Rambut ini berfungsi sebagai tanda kelamin untuk membedakan laki-laki dengan perempuan dan dapat mengartikan bahwa laki-laki telah menjadi dewasa. Akan tetapi ada beberapa kasus wanita yang memiliki rambut kumis dan dada akan tetapi bentuknya tidak setebal pria.

Rambut Ketiak

Rambut ini berfungsi sebagai pengusir kelembapan dari kulit yang akan membatu kulit agar dapat cukup kering sehingga dapat mencegah dalam berkembangnya bakteri yang dapat mengeluarkan bau busuk karena keringat berlebih.

Rambut Tangan dan Kaki

Rambut ini berfungsi sebagai sensor penerima rangsangan dari lingkungan sekitar ke tubuh seperti ketika terkena hawa dingin maka akan secara otomatis bulu halus akan berdiri.

Rambut Kemaluan

Rambut ini berfungsi sebagai pemberi kehangatan di area kemaluan terutama untuk kaum hawa, dapat mengidentifikasi kematangan seksual, sebagai tempat pengumpulan dari pengeluaran hormon, dapat mengurangi gesekan luar di saat melakukan hubungan intim, dan sebagai pelindung kulit yang ada di kemaluan.

Kelainan dan Penyakit Rambut

Kelainan dan penyakit pada rambut dapat di sebabkan dari beberapa factor diantaranya;

Bakteri atau Mikroba

Ini dapat menimbulkan peradangan pada kulit kepala. Penyakit dan kelainan yang di timbulkan seperti:

Bisul (furunkulosis)

Ini merupakan peradangan yang paling banyak terjadi di sebabkan oleh kuman kuman stafilokokus.

Bisul batu (karbunkulosis)

Ini merupakan kelainan yang di awali dengan peradangan dengan terutama pada follicle rambut yang saling berdekatan hingga tumbuh bisul besar dengan mata yang lebih dari satu. Kelainan ini dapat di temui pada penderita diabetes mellitus.

Dermatitis papilaris capillitii

Ini merupakan peradangan dari follicle rambut yang di sertai penanahan kulit di bagaian belakang kepala.

Baca Juga:  √ Pengertian Menopause, Penyebab, Jenis, Tanda & Gejalanya (Lengkap)

Infeksi jamur

Ini merupakan kebotakan rambut yang di sebabkan beberapa jenis jamur. Jamur kulit kepala ini di sebut juga tiniakaiplis.

Peradangan menahun

Ini merupakan peradangan yang di sebabkan dermatitis seboroicha dengan gejala kulit kepala berwarna merah dan menjalar hingga ke dahi, alis, kelopak mata dan lainnya hingga kulit akhirnya mengelupas dan berbentuk sisik halus.

Serangga

Ini merupakan gangguan parasite sejenis kutu kepala yang di sebut dengan pediculosis captis.

Ketombe

Ini merupakan pelepasan sel kulit kepala yang telah mati dengan berlebih.

Tinea capitis/kadas/ringworm

Ini merupakan penyakit yang menjangkit paling banyak anak-anak ketimbang orang dewasa. Ini di sebut juga kadas yang menyerang kulit kepala dan rambut.

Scobiosis

Ini merupakan penyakit dari sejenis parasite hewan atau kutu kudis. Menyerang dengan menimbulkan rasa gatal dan bentol sehingga ada rasa ingin menggaruk kulit kepala dengan sering, dan semakin di garuk akan menjadi semakin parah dan menjadi ruang baru.

Piodra

Ini merupakan penyakit yang di sebabkan jamur atau parasite dari tumbuhan. Piodra ini dapat berarti juga batu. Tanda terkenanya adalah dengan adanya bintik hitam atau kecoklatan berbentuk lonjong dengan besar lebih dari ukuran mikroskopic.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekian dan terimakasih.

√ Fungsi Rambut, Kelainan dan Penyakitnya (Pembahasan Lengkap)
4.9 (97%) 20 votes