√ Pengertian Adaptasi Morfologi dan Contohnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Adaptasi Morfologi dan Contohnya (Bahas Lengkap) – Pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang adaptasi morfologi. Yang meliputi pengertian adaptasi morfologi, contoh adaptasi morfologi yang terjadi pada manusia, hewan dan tumbuhan dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Adaptasi Morfologi dan Contohnya (Bahas Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Adaptasi Morfologi

Sebelum membahas tentang adaptasi morfologi, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian adaptasi. Adaptasi merupakan cara suatu organisme untuk mengatasi tekanan dari lingkungan disekitarnya dalam mempertahankan hidup. Yang mana organisme yang bisa beradaptasi akan bertahan hidup dan yang tidak dapat beradaptasi dengan baik maka akan mengalami punah atau menjadi langkah jenisnya.

Organisme yang bisa beradaptasi dengan lingkungannya maka bisa memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan), mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas, mempertahankan hidup dari musuh alaminya, melakukan reproduksi dan merespon berubahnya yang terjadi disekitarnya.

Satu dari beberapa jenis adaptasi adalah adaptasi morfologi, pengertian adaptasi morfologi yaitu bentuk tubuh mahkluk hidup atau alat-alat makhluk hidup pada lingkungan tempat tinggalnya supaya tetap bertahan hidup.

Pengertian lain dari adaptasi morfologi adalah adaptasi yang mencakup bentuk tubuh dan alat-alat tubuh organisme pada lingkungannya. Adaptasi morfologi, bisa dengan mudah diamati dikarenakan hanya terjadi di bagian luar tubh mahkluk hidup.

Contoh Adaptasi Morfologi

Dalam adaptasi morfologi ada beberapa contoh yang terjadi pada mahkluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan) berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia

Dibawah ini adalah beberapa contoh adaptasi morfologi yang terjadi pada manusia, antara lain:

  • Apabila terjadi di tempat yang panas, maka kulit manusia akan menghitam.
  • Apabila suhu udara rendah, maka rambut-rambut halus yang ada di kulit manusia akan berdiri
  • Apabila sudah lanjut usia, rambut manusia akan beruban

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Ada beberapa contoh adaptasi morfologi yang terjadi di hewan, antara lain:

  • Bentuk gigi pada hewan tidak sama. Contohnya adalah seperti hewan pemakan daging atau hewan karnivor seringkali mempunyai empat gigi taring yang lebih besar dan runcing yang dipakai untuk menangkap mangsanya, dan juga mempunyai gigi geraham dengan ujung tajam yang dipakai untuk memotong atau mencabik daging hewan yang dimangsanya.
  • Bentuk mulut serangga yang tidak sama. Seperti contohnya pada kupu-kupu yang mempunyai mulut penghisap yang berupa panjang belalai, menjadikan kupu-kupu dapat menghisap nektar yang ada di bunga.Nyamuk mempunyai mulut penusuk dan penghisap dengan mulut panjang dan tajam yang dipakai ketika menghisap darah manusia dan hewan. Serangga dengan mulut penjilat seperti pada lalat dan serangga dengan mulut penggigit seperti pada jangkrik dan belalang.
  • Bentuk paruh dan kaki di burung yang tidak sama. Seperti contohnya pada burung pipit dan burung elang. Burung pipit mempunyai bentuk paruh yang pendek, dan kuat yang dipakai untuk memakan biji-bijian, sedangkan jari-jari kakinya yang panjang dan telapak kakinya yang datar dipakai untuk hinggap di dahan atau ranting pohon.Sedangkan burung elang mempunyai paruh yang lebih melengkung ke bawah, tajam dan rahang yang kuat dipakai untuk mencabik cabik daging mangsa dan kakinya yang pendek dan bercakar dipakai untuk mencengkeram mangsa supaya tidak terlepas.
  • Bebek mempunyai selaput di kakinya karena dia mencari makan di tempat berair
  • Burung pelikan mempunyai paruh yang berkantung supaya dapat membawa makanan untuk anaknya
  • Harimau mempunyai taring supaya mudah merobek mangsanya.

Pengertian Adaptasi Morfologi, Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia, Hewan, Tumbuhan

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan

Contoh adaptasi morfologi yang terjadi pada tumbuhan, antara lain sebagai berikut:

Tumbuhan seringkali tumbuh ditempat yang berbeda-beda, ada yang ditempat kering, berair dan lembab. Oleh sebab itu, tumbuhan akan melakukan adaptasi yang berbeda sesuai dengan tempat hidupnya.

  • Kaktus dengan bentuk daunnya yang berduri karena tumbuh dan hidup pada daerah kering. Kaktus mempunyai akar yang panjang dimanfaatkan untuk mencari air didalam tanah. Kaktus disebut tumbuhan Xerofit karena hidup dan tumbuh pada daerah kering dan tandus
  • Bunga teratai yang tumbuh dan hidup di air, melakukan adaptasi dengan cara daunnya yang tipis dan lebar menjadikan dapat mengapung di air. Tumbuhan eceng gondok dapat hidup di air, beradaptasi dengan cara mempunyai akar banyak yang berfungsi supaya tidak terbalik ketika berada di air. Bunga teratai dan eceng gondok disebut dengan tumbuhan Hidrofit karena hidup di air.
  • Tumbuhan paku atau lumut yang tumbuh dan hidup di daerah yang lembab. Karena hidup di daerah lembab maka tumbuhan paku dan lumut disebut dengan tumbuhan Higrofit.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Adaptasi Morfologi dan Contohnya (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa membaca artikel lainnya.

Daftar Isi