√ Pengertian Rambut dan Struktur Rambut (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Rambut dan Struktur Rambut (Pembahasan Lengkap) – Bagian tubuh Manusia sangat banyak sekali dan semua itu penting bagi tubuh Manusia karena satu dengan lainnya akan saling berkaitan dan saling membantu.

Bagian tubuh Manusia beragam dan berfungsi bermacam-macam ada yang berada di dalam tubuh atau juga ada yang berada di luar tubuh. Bagian tubuh Manusia yang dapat sering kita lihat sehari-hari adalah rambut.

Pengertian Rambut dan Struktur Rambut (Pembahasan Lengkap)

Rambut memiliki peranannya sendiri bagi tubuh dan peranannya juga sangat penting. Berikut adalah pengertian dari rambut.

Pengertian Rambut

Rambut merupakan organ tubuh dari Manusia yang memiliki bentuk seperti helaian benang yang tumbuh di kulit dengan mengandung banyak keratin. Rambut dapat muncul dari lapisan epidermis atau lapisan dari kulit terluar.

Walaupun memiliki bentuk yang tipis tetapi rambut memiliki fungsi yang banyak bagi tubuh hewan atau Manusia.

Struktur Rambut

Rambut memiliki banyak struktur yang terdiri dari:

Akar Rambut

Akar rambut (Folikel) merupakan bagian rambut yang ada di dalam kulit Manusia atau hewan. Akar rambut ini sendiri terdiri dari beberapa bagian diantaranya:

  • Bulp
    Ini merupakan bagian pangkal dari rambut yang membesar, berbentuk seperti bola dengan fungsi sebagai pelindung papil rambut.
  • Papil Rambut
    Ini merupakan bagian yang di lindungi oleh bulp yang letaknya berada di paling bawah dari follicle rambut. Papil rambut ini berasal dari kumpulan sel kulit jangat atau corium dan juga kulit aria tau epidermis.
  • Melanosit
    Ini merupakan sel yang menghasilkan pigmen atau zat pewarna bagi rambut yang selanjutnya di sebarkan terutama ke dalam contek dan selanjutnya ke medulla rambut. Melanosit ini letaknya di antara sel papil.
  • Folicle Rambut
    Ini merupakan kantong rambut yang merupakan tempat di mana tumbuhnya rambut. Kantong ini terdari dari lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan di bagian dalam berasal dari sel epidermis dan lapisan bagian luarnya dari sel dermis.
  • Otot Penegak Rambut
    Ini merupakan otot yang dapat membuat rambut halus atau yang sering di sebut bulu roma berdiri ketika menerima rangsangan dari luar atau dari dalam seperti rasa hangat, dingin, atau panas.
  • Matrix
    Ini merupakan umbi rambut atau bagian yang paling subur dari rambut yang berfungsi sebagai pertumbuhan bagi rambut.
Baca Juga:  √ Pengertian Tulang Rawan, Fungsi, Jenis, Ciri dan Prosesnya

Lapisan Batang Rambut

Batang rambut sendiri memiliki 3 bagian:

Cuticula
Ini merupakan lapisan batang rambut yang memiliki bentuk seperti sisik ikan dan memiliki fungsi sebagai pelindung lapisan rambut. Ini juga di sebut sebagai selaput ari. Lapisan ini ada di bagian paling luar dan merupakan pelindung kepala dan rambut.

Cortex
Ini merupakan bagian rambut yang sangat besar dan merupakan suatu lapisan di bawah curticula yang berfungsi sebagai suatu lapisan yang dapat menentukan warna di karenakan lapisan ini di dapat banyak sekali mengandung pigmen atau zat warna dari rambut. Ini di sebut juga dengan kulit ari.

Medulla
Ini merupakan bagian yang berada di paling tengah dari batang rambut. Ini di sebut juga dengan sum-sum rambut.

Pengertian Rambut Beserta Struktur Rambut Lengkap

Bentuk Rambut

Bentuk rambut dapat di kelompokkan sebagai berikut:

Lurus, tidak bergelombang dan tidak keriting
Bentuk ini dapat memberikan kemudahan kepada si pemilik di dalam hal penataan rambutnya dalam pemotongan rambut dan ketika di sanggul.

Berombak
Bentuk ini seperti bentuk gelembung di rambut. Ini dapat di sebabkan adanya forlicle yang melengkung dan memiliki penampang yang lonjong atau oval. Rambut ini juga mudah dalam penataannya.

Keriting
Bentuk ini seperti banyak gelombang kecil atau sedang yang ada di rambut. Ini dapat di sebabkan follicle berbentuk sangat melengkung tetapi penampangnya gepeng. Rambut ini sedikit rumit di dalam penataan rambutnya.

Baca Juga:  √ 9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Rambut dan Struktur Rambut (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5.0
39