Listrik Statis : Pengertian dan Contohnya

Listrik Statis : Pengertian dan Contohnya – Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai listrik dinamis. Dan pada pembahasan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang listrik yaitu listrik statis.

Untuk yang belum mengetahui dan yang ingin memahami tentang listrik statis harus tetap membaca artikel kali ini. Karena di artikel kali ini kita akan membahas pengertian dan juga contoh dari listrik statis. Untuk itu kita langsung saja memulai pembahasan mengenai listrik statis yang akan dijelaskan berikut ini.

Listrik Statis : Pengertian dan Contohnya

Mari kita bahas pengertian listrik statis terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Listrik Statis

Listrik statis ialah sebuah kumpulan dari muatan listrik di dalam jumlah tertentu yang tidak mengalir ataupun tetap (statis). Tetapi jika terjadi sebuah pengosongan muatan yang akan memakan waktu secara singkat.

Ada juga pengertian dari listrik statis yang lainnya yaitu ialah sebuah fenomena dari kelistrikan yang mana muatan listriknya tidak bergerak dan juga biasanya terdapat pada benda yang juga bermuatan listrik.

Bisa dikatan pula listrik statis timbul dikarenakan adanya sebuah fenomena yang mana benda-benda yang mempunyai aliran listrik yang saling berpautan tanpa adanya sebuah daya listrik atau juga dengan kata lain benda tersebut bisa menghasilkan sebuah proton ataupun elektron tanpa menggunakan sebuah elemen pembangkit energi listrik. Listrik statis juga bisa ditimbulkan oleh dua benda yang mempunyai muatan listrik yang berbeda.

Contoh Listrik Statis

Selain dari penjelasan yang telah diberikan sebelumnya, ada pula contoh dari listrik statis yang akan dijelaskan berikut ini.

1. peristiwa timbulnya listrik statis yakni penggaris plastik yang kemudian digosok-gosokkan ke rambut kering, kemudian di dekatkan kepada kertas yang telah dirobek kecil-kecil sehingga kertas tersebut akan tertarik oleh sebuah penggaris jadi seolah-olah penggaris itu seperti magnet yang bisa menarik sebuah benda, yang ternyata merupakan adanya sebuah listrik statis.

2. Saat menyisir rambut tanpa disadari terkadang rambut akan ikut terbawa berdiri sendiri seiring dengan pergerakan sisir. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya sebuah interaksi muatan diantara sisir dengan rambut.

Pengertian Listrik Statis Dan Contoh Listrik Statis Lengkap

3. Kain sutra yang digosok-gosok kepada sebuah batang kaca. Pada peristiwa seperti ini benda itu akan bereaksi dengan saling tarik menarik. Setelah kedua benda saling digosok-gosokkan akan terjadi sebuah loncatan elektron dari sebuah batang kaca ke kain sutra dan sehingga mengakibatkan sebuah batang kaca yang bermuatan positif sedangkan kain sutra sendiri bermuatan negatif.

4. ketika kita mendekatkan tangan ke sebuah layar TV yang baru saja dimatikan. Tanpa kita sadari bulu-bulu atau juga rambut pada tangan akan langsung berdiri, hal itu yang diakibatkan oleh adanya sebuah listrik statis.

Sekian penjelsan yang bisa diberikan mengenai Listrik Statis : Pengertian dan Contohnya, listrik statis ialah sebuah muatan listrik yang pada jumlah tertentu yang tidak bisa mengalir atau juga tetap. Semoga bermanfaat.

Daftar Isi