13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli & Macam Bentuknya (Lengkap)

13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli & Macam Bentuknya (Lengkap) – Kali ini akan dibahas mengenai apa itu energi, perlu kita ketahui bahwa kita sebagai manusia sangat membutuhkan energi untuk melakukan semua aktifitas kita sehari-hari. Dimana kita bisa memperoleh energi, darimana asalnya energi, apa saja macam-macam energi, akan kita bahas disini. Kata energi berasal dari bahasa Yunani yakni energia yang artinya ialah kegiatan/aktivitas. Terdiri dari dua kata yaitu en (dalam) dan ergon (kerja). Jadi, Energi mempunyai arti umum yaitu kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan atau usaha.

13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli & Macam Bentuknya (Lengkap)

Mari kita bahas bersama mengenai pengertian energi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat dari para ahli yang mengemukakan atau menjelaskan tentang apa itu energi, berikut adalah penjelasannya:

1. Pardiyono

Disini Pardiyono, berpandapat bahwa pengertian dari energi yaitu suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau didapatkan dari suatu benda.

2. Aip Saripudin

Beliau berpendapat bahwa energi yairu suatu kemampuan yang buna dalam untuk melakukan urusan atau bisnis.

3. Sumantoro

Ia berpendapat bahwa difinisi dari energi yaitu suatu kemampuan dalam melakukan sebuah pekerjaan yang bersifat mendorong maupun memindahkan sebuah benda atau objek.

4. Arif Alfatah dan Muji Lestari

Disini mereka menjelaskan bahwa pengrtian dari energi yaitu sesuatu yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia agar bisa melakukan suatu pekerjaan bisnis, sebab pada kenyataannya, usaha yang dilakukan selalu nampak perubahan.

5. Alvin Hadivvono

Beliau mengatakan bahwa energi yakni sesuatu yang bergerak, serta memiliki hubungan dengan ruang & waktu.

6. Campbell, Reece, dan Mitchell

Mereka bertiga berpendapat bahwa pengertianm dari energi yaitu suatu kemampuan dalam mengatur ulang materi. Secara ringkas energi yang merupakan kemampuan maupun kapasitas dalam melakukan sebuah pekerjaan.

7. Robert L. Wolke

Ia berpendapat bahwa pengertian dari energi yaitu suatu kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.

8. Young

Young, sebuah pekerjaan ialah energi yang dihasilkan.Yang mana disini dapat diartikan pada saat ingin melakukan pekerjaan memerlukan energi.

9. Einstein

Dikutip dari pendapat Einstein, yang menyatakan bahwa energi yaitu sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.

10. Mikrajuddin

Ia menjelaskan defisini dari energi yaitu sebagai kemampuan dalam melaksanakan maupun melakukan sebuah pekerjaan objek.

11. Michael J. Moran

Disini beliau mengungkapkan bahwa energi yaitu suatu konsep dasar dari Termodinamika yang menjadi sebuah aspek yang penting dari analisis teknis

12. Wikipedia

Dikutip dari sumber Wikipedia yang menjelaskan bahwa pengertian dari energi yairu suatu properti fisika dari suatu objek, yang bisa berpindah melalui interaksi fundamental, yang mana bisa diubah bentuknya akan tetapi tak bisa diciptakan atau dimusnahkan

13. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

DIkutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menjelaskan bahwa energi yaitu suatu kemampuan dalam melakukan kerja (msl untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yg bisa dipakai dalam melakukan berbagai proses kegiatan, msl yaitu bagian suatu bahan atau tidak terikat pad bahan (spt sinar matahari); tenaga

Macam-macam Bentuk Energi

Energi sendiri memiliki berbagai bentuk, sebab energi ternyata berasal dari mana saja. Berikut ini merupakan Macam-macam bentuk dari energi, diantaranya yaitu.

Energi Listrik

Energi listrik ini timbul apabila terdapat suatu perpindahan muatan listrik. Listrik merupakan bentuk energi terbesar dan paling banyak dipakai, sebab kita selalu memerlukan listrik setiap harinya. Sebagai contohnya yaitu listrik digunakan untuk menghidupkan lampu, memasak nasi, menyetrika pakaian dan lain sebagainya.

Energi Cahaya

Salah satu energi cahaya terbesar yaitu matahari, matahari yakni salah satu sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Cahaya dari matahari sangat sangat dibuthkan supaya tumbuhan bisa hidup dengan baik dalam melakukan proses fotosintesis.

Energi Kinetik

Energi kinetik yaitu sebuag energi yang dihasilkan dari sebuah benda maupun objek yang bergerak. Misalnya seperti pada baling-baling kipas, sebuah mobil yang bergerak akan menghasilkan hembusan angin ataupun pada bola yang ditendang yang bisa untuk memecahkan kaca.

Energi Potensial

Energi potensial yaitu energi yang dimiliki oleh benda sebaab letak atau kedudukan dari benda itu sendiri. Sebuah benda atau objek yang taruh di atas permukaan Bumi maka akan memppunyai energi potensial sebab terdapat gaya gravitasi Bumi. Misalnya seperti pada buah jeruk yang tergantung di pohonnya.

Energi Nuklir

Terdapat pula energi nuklir pada umunya terjadi sebab terdapat reaksi fusi didalam atom dan unsur radioaktif seperti uranium. Energi nuklir ini digunakan untuk sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

11 Pengertian Energi Menurut Para Ahli & Macam Bentuknya

Energi Bunyi

Energi bunyi yaitu sebuah energi energi yang dihasilkan oleh adanya getaran maupun gesekan pada suatu benda. Misalnya seperti pada senar gitar yang dipetik, gendang yang dipukul. Terjadinya sebuah bunyi yang dihasilkan yang membuat kita dapat mendengarkan sesuatu yang menggetarkan pada gendang telinga kita, dan jika bunyi yang dihasilkan sangat keras seperti suara halilintar itu mampu untuk menghancurkan sebuah kaca.

Energi Kimia

Apabila anda memiliki mainan mobil-mobilan yang digerakkan dengan menggunakan remot kontrol, maka anda sudah menggunakan salah satu energi kimia. Baterai yang ada pada remot kontrol tersebut merupakan salah satu bentuk energi kimia. Sebab batu baterai mempunyai beberapa komponen yang mampu menghasilkan sebuah energi. Contoh lain dari energi kimia diantranya yaitu kayu bakar dan bahan bakar minyak.

Energi Kalor

Energi Kalor atau energi panas ini sendiri bisa dihasilkan dari energi listrik. Misalnya seperti pada setrika listri dan Solder listrik.

Energi Otot

Energi otot yairu salahs satu energi yang berasal dari tubuh manusia. Manusia yang melakukan suatu pergerakan dari organ tubuhnya maka hal ini akan menghasilkan suatu energi, yang disebut dengan energi otot. Misalnya seperti pada saat manusia sedang mengangkat sebuah beban. Beban yang terangkat sebab manusia mempunyai energi yang dihasilkan dari otot.

Demikianlah penjelasan mengenai 13 Pengertian Energi Menurut Para Ahli & Macam Bentuknya (Lengkap) yang dijelaskan secara lengkap dan lugas, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Daftar Isi