Jenis Jenis Energi : Pengertian Menurut Para Ahli, Sifat Dan Contoh Perubahan Energi

Jenis Jenis Energi : Pengertian Menurut Para Ahli, Sifat Dan Contoh Perubahan Energi – Apa sajakah jenis dari energi yang ada ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Jenis Jenis Energi : Pengertian Menurut Para Ahli, Sifat Dan Contoh Perubahan Energi


Energi berasal dari bahasa Yunani yakni “ergon” yang artinya kerja. Dalam melakukan pekerjaan selalu menggunakan energi, baik dengan sadar ataupun tidak sadar, misalnya ketika kita sedang berjalan kita memerlukan energi. Tetapi setiap aktivitas memerlukan energi dalam jumlah dan bentuk yang berbeda-beda.

Energi adalah suatu objek yang bisa berpindah dengan interaksi fundamental yang bisa diubah bentuknya tetpi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Satuan Internasional dari energi adalah Joule (J).

Secara umum pengertian energi adalah daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan.

Energi tak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya diubah atau dikonversi menjadi bentuk lain, sesuai dengan hukum kekekalan energi. Pemanfaatan energi pun terus dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya lewat pembangkit listrik dengan berbagai jenis tenaga.


Pengertian Energi Menurut Para Ahli


  • Aip Saripudin

Energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan urusan atau bisnis.

  • Arif Alfatah dan Muji Lestari

Energi ialah sesuatu yang amat dibutuhkan oleh tubuh manusia supaya dapat melakukan suatu pekerjaan bisnis, karena pada kenyataannya, usaha yang dilakukan selalu nampak perubahan.

  • Pardiyono

Energi merupakan salah satu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau diperoleh dari suatu benda.

  • Alvin Hadivvono

Energi yaitu sesuatu yang bergerak, dan juga mempunyai hubungan dengan ruang & waktu.

  • Sumantoro

Energi yakni kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya mendorong atau memindahkan sebuah benda atau objek.

  • Young

Sebuah pekerjaan ialah energi yang dihasilkan. Artinya ketika ingin melakukan pekerjaan memerlukan energi.

  • Campbell, Reece, dan Mitchell

Energi ialah sebuah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Secara ringkas energi ialah kemampuan atau kapasitas untuk melakukan sebuah pekerjaan.

  • Einstein

Energi adalah sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.

  • Robert L. Wolke

Energi merupakan salah satu kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.
Baca Juga : Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

  • Wikipedia

Energi yaitu properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan.

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Energi yakni kemampuan untuk melakukan kerja (msl untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yg dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, msl dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pd bahan (spt sinar matahari) dan tenaga.

  • Michael J. Moran

Energi ialah konsep dasar dari Termodinamika yang menjadi aspek yang penting dari analisis teknis.

  • Mikrajuddin

Energi yakni sebagai kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan sebuah pekerjaan objek.


Sifat-Sifat Energi


  • Transformasi energi ialah energi bisa diubah dalam bentuk lain. Sebagai conohnya energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin.

  • Transfer energi yaitu energi panas dari suatu material atau tempat dapat di transferkan ke tempat atau metrial lain. Sebgai contoh pemanasan air pada panci, dengan energi panas yang berasal di api ditransferkan melalui material panci sehingga memanaskan air dan setelah melalui titik didih air, maka air akan menguap.
  • Energi dapat dipindahkan yakni dari benda lain oleh suatu gaya yang menyebabkan pergeseran. Dalam hal ini sering disebut dengan energi mekanik.
  • Energi ialah kekal merupakan energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.

Jenis Energi

Ada banyak jenis-jenis energi di dunia ini, mulai dari yang sering kita jumpai seperti energi otot, energi bunyi, atau energi listrik, hingga energi dengan skala besar seperti energi nuklir. Sumber-sumber energi pun harus dijaga dan dimanfaatkan dengan optimal. Tanpa energi kita tidak kaan bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Energi Otot

Energi otot merupakan jenis energi yang berasal dari otot dalam tubuh manusia atau makhluk hidup lain seperti hewan. Manusia dan hewan bisa menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena memiliki energi otot ini.

Contoh energi otot misalnya saat kita mengangkat beban atau berlari-lari menggerakkan kaki kita.

  • Energi Kalor (Panas)

Energi kalor atau energi panas merupakan jenis energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan wujud zat tertentu. Energi kalor ini umumnya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk bentuk energi lainnya.

Contoh energi kalor misalnya saat memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga membuat air mendidih.

  • Energi Kinetik (Gerak)

Energi kinetik atau energi gerak adalah jenis energi yang ada dalam gerakan atau energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Semakin besar kecepatan benda bergerak, maka semakin besar pula besaran energi kinetik yang dihasilkan.

Contoh energi kinetik misalnya saat bola menggelinding, kendaraan yang bergerak, air yang mengalir di sungai, dan sebagainya.

  • Energi Potensial

Energi potensial adalah jenis energi yang dimiliki oleh suatu benda dikarenakan posisinya atau kedudukannya terhadap suatu acuan. Pada dasarnya, semua benda di atas permukaan bumi memiliki energi potensial yang diakibatkan gaya gravitasi bumi.

Contoh energi potensial misalnya batu pada ketinggian tertentu memiliki energi potensial untuk jatuh, begitu pula pada contoh lain seperti pegas atau anak panah.

  • Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan bentuk energi yang dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Bunyi kemudian merambat melalui perantara udara. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut menimbulkan getaran bunyi. Benda yang dapat menghasilkan bunyi di sebut sumber bunyi.

Contoh energi bunyi misalnya lonceng yang berbunyi, petir yang menggelegar, kemudian juga pada alat musik seperti drum, trumpet, gitar, dan sebagainya.

  • Energi Cahaya

Energi cahaya merupakan jenis energi yang diperoleh dari benda-benda yang mampu memancarkan cahaya. Bentuk energi cahaya terbesar tentunya berasal dari cahaya matahari, yang bisa diubah menjadi energi listrik melalui sel surya.

Contoh energi cahaya misalnya pada cahaya matahari, juga benda lain yang bisa menghasilkan cahaya seperti lilin, lampu pijar, dan sebagainya.

  • Energi Listrik

Energi listrik adalah jenis energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan listrik. Energi listrik menjadi jenis energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Listrik digunakan untuk menggunakan alat-alat elektronik rumah tangga.

Contoh energi listrik digunakan untuk penerangan untuk menyalakan lampu, juga digunakan untuk alat elektronik lain seperti kulkas, TV atau mesin cuci.

  • Energi Kimia

Energi kimia adalah jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Energi ini dihasilkan oleh suatu zat yang membentuk proses reaksi kimia untuk diubah menjadi energi tertentu. Makanan yang sering kita makan juga mengandung unsur kimia di dalamnya.

Contoh energi kimia misalnya senter bisa menyala karena reaksi kimia pada baterai, atau reaksi pada aki kendaraan.

  • Energi Nuklir

Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel lain. Energi yang dihasilkan reaksi nuklir sangatlah besar sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

Contoh energi nuklir misalnya bisa dilihat pada reaktor-reaktor nuklir atau pada kasus bom atom.

  • Energi Pegas

Energi pegas adalah jenis energi yang ada pada semua benda yang lentur atau elastis. Saat kita memberikan gaya pada benda itu, maka energi yang dihasilkan ialah energi potensial. Sedangkan, saat dilepaskan makan energinya berubah menjadi energi kinetik.

Contoh energi pegas misalnya dapat ditemukan pada benda-benda lentur dan elastis seperti trampolin, ketapel, busur, per, dan sebagainya.

  • Energi Mekanik

Energi mekanik adalah jenis energi yang dimiliki oleh benda dikarenakan sifat geraknya. Jenis energi ini terdiri dari energi potensial dan energi kinetik. Besarnya energi mekanik merupakan penjumlahan antara besarnya energi kinetik dengan energi potensial.

Jenis Jenis Energi : Pengertian Menurut Para Ahli, Sifat Dan Contoh Perubahan Energi


Contoh Perubahan Energi

  • Energi listrik menjadi energi panas pada pemakaian setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi kimia menjadi energi gerak (mekanik) pada makanan yang kita makan diolah dengan reaksi kimia menjadi sumber energi dalam beraktivitas.
  • Energi listrik menjadi energi bunyi ada pemakaian bel yang menghasilkan bunyi
  • Energi gerak (mekanik) menjadi energi panas pada gesekkan dua benda dengan terus menerus menghasilkan panas
  • Energi listrik menjadi energi gerak (mekanik) pada pemakaian kipas angin
  • Energi cahaya menjadi energi kimia pada pemanfaatan cahaya matahari.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Jenis Jenis Energi , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya

Daftar Isi