30 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

30 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pernahkah anda merasa down? depresi atau stress karena sesuatu? pasti kita semua sudah pernah merasakannya. Rasa dimana kita tidak mempunyai semangat untuk beraktifitas, pada saat tersebut apakah yang kita butuhkan? kita membutuhkan sebuah motivasi dan tentu kalian juga sering mendengar kata tersebut bahkan pernah juga mendapatkannya.

30 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Apa sebenernya motivasi tersebut? Secara sederhana motivasi ialah suatu alasan untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu, kali ini seputarpengetahuan akan membahas lebih banyak tentang Pengertian Motivasi. Banyak ahli yang memaparkan apa pengertian dari motivasi. Berikut ulasannya.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang telah mendefinisikan tentang motivasi yang berdasarkan risetnya, berikut merupakan ulasannnya:

1. Menurut Victor H. Vroom

Menurut pendapatd dari victor yang menjealskan bahwa Motivasi yaitu suatu akibat dari hasil yang ingin diraih atau dicapai dari seseorang serta sebuah perkiraan bahwa apa yang telah dilakukannya itu akan mengarah kepada hasil yang ia inginkannya.

2. Robbins dan Judge

Mereka berpendapat bahwa motivasi yaitu suatu proses yang menjelaskan mengenai intensitas, arah serta ketekunan individu supaya bisa mencapai tujuannya.

3. Mc. Donald

Beliau mengemukakan bahwa Motivasi yaitu suatu perubahan energi yang terdapat pada diri seseorang yang mana ditandai dengan adanya rasa (feeling) serta didahului dengan adanya respon dalam sebuah tujuan.

4. Azwar

Disini azwar menjelaskan bawhwa Motivasi yaitu sebuah rangsangan maupun dorongan yang dimiliki oleh seseorang maupun sekelompok masyarakat yang ingin bekerjasama lebih maksimal untuk melakukan sesuatu yang telah direncanakan guna mencapai sebuah tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan.

5. Malayu

Ia menyatakan bahwa kata motivasi sendoro diambil dari kata latin yaitu dari movere yang berati dorongan atau pemberian daya penggerak yang bisa menciptakan suatu kegairahan dalam kerja seseorang supaya mereka mau bekerja efektif, bekerjasama serta terintegrasi dalam segala upaya guna mencapai sebuah kepuasan.

6. Edwin B. Flippo

Ia berpendapat bahwa motivasi yaitu suatu keahlian yang mengarahkan seorang pegawai atau sebuah organisasi suapaya bisa bekerja agar berhasil, hingga para pegawai serta tujuan dari organisasi itu bisa tercapai.

7. American Encyclopedia

Yang mana disini menyebutkan bahwa motivasi merupakan sebagai dari sebuah kecendrungan yang terdapat pada diri seseorang yang membangkitkan topangan serta mengarahkan tindak-tanduknya.

8. R. Terry

Ia mengemukakan bahwa motivasi yakni suatu keinginan yang terdapat dalam diri seseorang yang merangsangnya guna melakukan berbagai tindakan.

9. Morgan et al.

(Marwansyah dan Mukaram, 2002: 151) yang mana menjelaskan bahwa motivasi yaitu suatu kekuatan yang mengendalikan serta menggerakkan seseorang agar melakukan sebuah tindakan atau perilaku yang diarahkan dengan tujuan tertentu.

10. Barton dan Martin

Disini mereka berpendapat motivasi yaitu kekuatan yang menggerakkan perilaku yang mana dalam hal ini memberi arah dalam perilaku yang mendasari kecenderungan agar tetap menunjukkan perilaku tersebut.

11. Djamarah (2002: 34)

Ia berpendapat bahwa motivasi yaitu sebagai dari perubahan energi yang terdapat diri seseorang dan ditandai dengan munculnya feelling yang didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

12. Winardi (2007,p1)

Ia menjelaskan bahwa motivasi yaitu berasal dari kata motivation yang mana disini artinya (menggerakkan). Jadi pengertian dari motivasi yaitu hasil dari sejumlah proses yang sifatnya internal atau eksternal terhdap seorang individu, yang mana hal ini menyebabkan untuk timbulnya sikap entutiasme serta persistensi dalam hal melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.

13. A. Anwar Prabu Mangkunegara

Beliau berpendapat bahwa definisi dari motivasi yaitu suatu kondisi yang berpengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan serta memelihara prilaku yang ada hubungannya dengan lingkungan kerja.

14. H. Hadari Nawawi

Beliau menjelaskan bahwa pengertian dari motivasi yaitu seseseorang melakukan suatu perbuatan maupun kegiatan yang dilakukan secara sadar.

15. Mulyasa (2003:112)

Disini mulyasa berpendapat bahwa Motivasi di definisikan sebagai tenaga pendorong atau penarik yang mana dapat menyebabkan adanya suatu tingkah laku ke arah tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh sebab mempunyai motivasi yang tinggi.

16. Henry Simamora

Menurut pendapat dari Henry Simamora yang menjelaskan bahwa pengertian dari motivasi yaitu Sebuah fungsi dari pengharapan individu dalam upaya tertentu yang akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan hasil yang diinginkan.

17. Sardiman (2006:73)

Disini sardiman menjelaskan bahwaMotivasi yaitu sebuah perubahan energi yang terdapat pada diri seseorang yang ditandai dengan munculnya felling serta didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

18. Soemanto

Secara umum soemanto menjelaskan pengertian dari motivasi yaitu sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif serta reaksi- reaksi pencapaian tujuan.

19. Hamalik (1992:173)

Disini hamalik menjelaskan bahwa Motivasi yaitu suatu perubahan energi yang terdapat pada diri atau pribadi seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan serta reaksi untuk mencapai tujuan.

20. Weiner (1990)

Dikutip Elliot et al. (2000), ia mendefinisikan motivasi yaitu sebagai kondisi internal yang mana dapat membangkitkan kita dalam bertindak, mendorong kita untuk mencapai tujuan tertentu, serta membuat kita agar tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

21. Uno (2007)

Disini Uno menjelaskan bahwa Motivasi artinya yaitu sebagai dorongan internal dan eksternal yang terdapat pada diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan serta kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan.

22. Sargent

Ia menjelaskan bahwa Motivasi yaitu sesuatu apa yang membuat seseorang itu bertindak

23. Siagian

Ia berpendapat bahwa pengertian dari motivasi yaitu dampak dari hasil dari interaksi seseorang dengan situasi yang dihadapinya.

24. Drs. Moh. Uzer Usman

Beliau menyatakan bahwa Motivasi yaitu adalah suatu proses dalam menggiatkan motif-motif yang menjadikan perbuatan atau tingkah laku guna memenuhi kebutuhan serta mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mana mendorong tingkah lakunya dalam berbuat sesuatu agar dapat mencapai tujuannya.

25. Davies, Ivor K

Disini Davies, Ivor K menjelaskan bahwa motivasi yaitu kekuatan tersembunyi yang terdapat pada diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan serta bertindak dengan cara yang khas.

8 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Terlengkap

26. Prof. Drs. Nasution

Beliau menyatakan bahwa Motivasi yaitu usaha-usaha guna menyediakan kondisi-kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu.

27. Sujono Trimo

Disini Sujono Trimo menyatakan bahwa motivasi yaitu suatu kekuatan penggerak dalam prilaku individu baik itu yang akam menentukan arah atau daya tahan (perintence) tiap perilaku manusia yang mana didalamnya terkandung ungsur-ungsur emosional insane yang berasangkutan.

28. Mitchell, T. R

Menurut pendapatnya bahwa Motivasi yaitu suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah, serta ketekunan seorang individu agar mencapai tujuannya.

29. Wikipedia

Dilansir dari wikipedia yang menjelaskan bahwa Motivasi yaitu suatu proses yang menjelaskan mengenai intensitas, arah, serta ketekunan dari seorang individu agar mencapai tujuannya.[1] Tiga elemen utama yang terdapat pada definisi ini diantaranya yaitu intensitas, arah, dan ketekunan

30. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dikutip dari KBBI yang menjelaskan Motivasi yaitu suatu dorongan yang timbul dari diri seseorang secara sadar atau tidak sadar guna melakukan sebuah tindakan dengan tujuan tertentu;

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 30 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Terlengkap yang bisa anda pahami, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Daftar Isi