√ 17 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

17 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang etos kerja. Yang mana penjelasan ini adalah berdasarkan pendapat para ahli tentang pengertian etos kerja.

Dalam melakukan sebuah pekerjaan, seseorang membutuhkan etos kerja yang baik supaya pekerjaan yang dijalaninya dapat menghasilkan produk yang maksimal. Dengan adanya etos kerja yang baik pula, setiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah dan menyenangkan. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

17 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian etos kerja dengan seksama.

Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari etos kerja menurut ahlinya.

1. K.H. Toto Tasmara

Pengertian Etos Kerja menurut K.H. Toto Tasmara adalah totalitas kepribadian dirinya serta caranya mengekspresikan, memandang, meyakini dan memberikan makna ada sesuatu, yang mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih amal yang optimal (high performance).

2. Ndra (1999:91)

Pengertian Etos Kerja menurut Ndra adalah waktu atau semangat yang menunjukkan kepercayaan, kebiasaan atau perilaku suatu kelompok masyarakt.

3. Webber dalam Suseno (2002:64)

Pengertian Etos menurut Webber adalah keyakinan yang befungsi sebagai panduan tingkah laku bagi seseorang, sekelompok atau sebuah lembaga (guiding belief or a person, group or institution).

4. Tanjung (2002:64)

Pengertian Etos Kerja menurut Tanjung adalah jiwa atau watau seseorang dalam melakukan tugasnya yang dipancarkan keluar.

5. Tamara (2002:73)

Ciri ciri Etos Kerja menurut Tamara dalah tepat waktu, moralitas, kejujuran, komitmen, kuat pendirian, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, kreatif.

6. Mydral dalam Suseno (1999:123)

Pengertian Etos Kerja menurut Mydral ada dua belas etos kerja yang dianggap penting dalam menyukseskan pembangunan yakni:

  • Efisien
  • Kejujuran
  • Sikap tepat waktu
  • Kesederhanaan
  • Kerajinan
  • Mengikuti rasio dalam mengambil keputusan dan tindakan
  • Sikap bekerja sama
  • Sikap bersandar pada kekuatan sendiri
  • Sikap mau bekerja sama
  • Kesediaan untuk berubah
  • Kecepatan dalam menggunakan kesempatan
  • Kesediaan memandang jauh ke depan

7. Usman Pelly

Pengertian Etos Kerja menurut Usman Pelly adalah sikap yang muncul atas kemauan dan kesadaran sendiri yang didasari sistem orientasi nila budaya terhadap pekerjaan seseorang.

8. Max Weber

Pengertian Etos Kerja menurut Max Weber adalah perilaku kerja yang etis dan menjadi kebiasaan kerja yang berporos pada etika

9. Geertz

Pengertian Etos menurut Geertz sikap mendasar terhadap diri dan dunia yang dipancarkan hidup

10. Sinamo

Pengertian Etos Kerja menurut Sinamo adalah konsep mengenai kerja atau paradigma kerja yang diyakini seseorang atau kelompok sebagai baik dan benar yang diwujudkan melalui perilaku kerja mereka secara khas.

11. Anoraga

Pengertian Etos Kerja menurut Anoraga adalah pandangan dan sikap suatu bangsa atau seseorang terhadap kerja.

13. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Etos Kerja menurut KBBI adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok.

14. Wikipedia

Pengertian Etos Kerja menurut Wikipedia adalah Etos artinya pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial. Kerja dalam arti luas adalah semua bentuk usaha yang dilakukan manusia, baik dalam hal materi, intelektual dan fisik, maupun hal-hal yang berhubungan dengan keduniaan maupun keakhiratan.

15. A. Tabrani Rusyan (1989)

Fungsi Etos Kerja menurut A. Tabrani adalah:

  • Pendorong timbulnya perbuatan
  • Penggaiarah dalam aktivitas
  • Pengerak seperti mesin bagi mobil, maka besar kecilnya motivasi yang akan menentukan cepat lambatnya suatu perbuatan

Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli

16. Toto Tasmara (2002)

Pengertian Etos Kerja menurut Toto Tasmara adalah totalitas kepribadian dirinya serta caranya mengekspresikan, memandang, meyakini dan memberikan makna ada sesuatu, yang mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih amal yang optimal sehingga pola hubungan antara manusia dengan dirinya dan antara manusia dengan makhlk lainnya dapat terjalin dengan baik.

17. Gregory (2003)

Menurut Gregory, sejarah menjadi bukti negara yang dewasa ini menjadi negara yang maju, dan terus berpacu dengan teknologi/informasi tinggi pada dasarnya diawali dengan suatu etos kerja yang sangat kuat untuk berhasil. Sehingga tidak bisa diabaikan etos kerja merupakan bagian yang harus menjadi perhatian dalam keberhasilan suatu perusahaan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 17 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi